Harmony Blog

10 Cara Mendapatkan Passive Income Yang Bisa Anda Coba

Diupdate Mar 11th, 2021
118

SHARES

PEMBACA

Passive-IncomePin

Sudahkah Anda mendapatkan passive income? Seperti namanya bahwa passive income juga sering disebut sebagai pasif income atau pendapatan pasif. Di mana istilah ini adalah seseorang yang memiliki penghasilan tanpa melakukan aktivitas apapun dan tidak terlalu berperan aktif.

Tidak heran bahwa semua orang tentu ingin memiliki passive income bukan? Di mana passive income ini menunjukkan bahwa sekalipun kondisi Anda tertidur, tetap bisa menghasilkan uang ataupun memiliki omzet yang bahkan uangnya pun berseri.

Memanfaatkan kreativitas dan semua skill yang Anda miliki, akan membuat Anda bisa menghasilkan pasif income.

Nah, pada era teknologi sekarang ini semua orang tentunya bisa mendapatkan pasif income dengan memanfaatkannya. Namun kegiatan ini memang harus terorganisir dengan baik, agar nantinya pekerjaan yang Anda lakukan bisa menghasilkan pasif income secara jangka panjang.

Dengan demikian hidup di zaman ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan pasif income. Jadi apa saja cara mendapatkan passive income yang bisa Anda coba? Berikut pengertian dan bagaimana caranya.

Apa Itu Passive Income?

Berbeda hal saat istilah active income dikenal sebagai Anda yang bekerja di kantor dan menghasilkan pendapatan, bahkan membuang tenaga serta waktu secara langsung.

Namun pada istilah passive income diketahui sebagai pendapatan pasif atas jenis penghasilan yang tidak dihasilkan secara langsung, sehingga Anda yang tidak aktif bekerja bisa memperoleh pendapatan.

Tetapi apakah pasif income tidak perlu mengeluarkan tenaga? Hal ini tentu saja tidak secara eksplisit. Karena Anda perlu membangun skill dan kreativitas dengan tenaga ataupun waktu.

Bahkan Anda juga perlu memikirkan analisis break event point (BEP) dalam kegiatan bisnis Anda, sebagai penentu jumlah pendapatan dan pengeluaran sebagai titik balik modal sebelum Anda bisa menikmati passive income.

Inilah mengapa pentingnya Anda memiliki kesabaran, karena terkadang butuh waktu sebentar dalam menunggu pendapatan pasif yang Anda bangun. Sehingga seiring berjalannya waktu, hasil pekerjaan yang dilakukan dapat terlihat dan hanya perlu konsisten dalam diri Anda.

Inilah 10 Cara Untuk Mendapatkan Passive Income

Dari sekian banyak passive income yang bisa Anda lakukan, adapun 10 cara sukses di usia muda untuk mendapatkan passive income yang efektif pada saat ini yaitu:

1. Monetisasi YouTube Adsense

Kemungkinan Anda berpikir bagaimana cara mendapat passive income dari Youtube? Apalagi ketika channel tersebut memiliki jumlah subscriber yang sedikit, tentu saja hal ini bisa Anda lakukan.

Pertama kenali target penonton Anda, jika sudah buat video yang sesuai dengan minat penonton Anda. Selanjutnya Anda harus memulai daftar ke Youtube Adsense, supaya Anda dapat bergabung. Maka ada hal yang harus diperhatikan sebagai syarat Youtuber Partner Program yaitu:

a. Mematuhi kebijakan monetisasi YouTube.

b. Berada di wilayah atau tinggal di negara yang terhubung dengan YouTube Partner Program.

c. Sudah mempunyai akun Google AdSense.

d. Memiliki 1000 subscriber atau lebih.

e. Seluruh video yang Anda miliki sudah ditonton selama lebih dari 4000 jam selama 12 bulan terakhir.

2. Membuat Iklan Pada Blog

Apakah Anda tahu bahwa postingan blog mendapatkan penghasilan? Nah, jika Anda sudah paham Anda hanya tinggal menampilkan iklan pada setiap postingan Anda. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda dapat menghubungkan ke blog sebagai Google Adsense.

Mengapa demikian? Karena setiap keuntungan yang Anda raih, ketika pengunjung mengklik iklan dalam postingan Anda. Apabila akun Google Adsense sudah aktif, maka Anda bisa menampilkan iklan dalam postingan melalui auto ads atau ad units.

Passive incomePin

3. Memanfaatkan Sewa Properti

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan properti Anda dengan menyewakannya kepada orang lain. Namun sebelumnya apakah Anda memiliki unit apartemen, bangunan, atau rumah yang tidak terpakai? Jika ada maka Anda bisa memanfaatkan properti Anda sebagai kos-kosan, minimarket, dan lainnya sebagai sumber pasif income.

Seperti contoh passive income Anda menyewakan rumah cadangan Anda yang berisi 15 kamar, dan tiap kamar seharga Rp 1.000.000 per bulan. Maka pemilik kost tentu dapat menikmati pendapatan kotor senilai Rp 15.000.000 per bulan.

Pastikan juga penyewaan properti Anda dapat menentukan lokasi yang sesuai dengan target pasar, selain itu pastikan properti Anda nyaman dan layak ditinggali. Adapun platform sewa properti online yang bisa Anda ketahui yaitu rumah123, Mamikos, Roome dan media sosial lainnya.

4. Menjalankan Investasi

Mungkin Anda yang mendengar investasi akan merasa pusing karena harus mendengar istilah cut loss, capital gain, maupun saham blue chip. Meskipun investasi ini tidak mudah tetapi hal ini merupakan salah satu pilihan sebagai cara mendapatkan passive income.

Seperti contoh passive income yang bisa Anda lakukan yaitu dapat berawal dari investasi kecil ke reksadana melalui bukalapak atau tokopedia di mulai Rp100.000. Adapun jenis investasi yang harus diketahui adalah:

• Deposito

• Emas

• Reksadana

• Saham

• Peer-To-Peer Lending

Namun dalam memutuskan jenis investasi yang ingin Anda lakukan, pastikan bahwa Anda sudah mempertimbangkan dan mengerti caranya. Selain itu siapkan juga dana darurat Anda untuk meminimalisir kerugian.

5. Menyewakan Kendaraan Anda

Untuk mendapatkan tambahan penghasilan Anda juga bisa melakukan penyewaan kendaraan melalui mobil, motor, pesawat jet, dan lainnya. Setelah itu hubungi biro iklan yang dapat menyewakan kendaraan Anda dengan mengikuti kebijakan tertentu, jika sudah maka kendaraan Anda akan terposting iklan tanpa biaya apapun.

Dengan menyewakan kendaraan Anda, tentunya Anda dapat menghasilkan omzet ratusan hingga jutaan perbulaan. Selain itu resiko yang dimiliki yaitu Anda harus lebih berhati-hati dalam menyewakan kepada orang lain atau mitra Anda. Adapun beberapa iklan sewa kendaraan terpercaya yaitu tiket.com, traveloka, dan sebagainya.

6. Menjalin Kerjasama Program Afiliasi

Seperti judulnya bahwa program afiliasi merupakan salah satu cara mendapatkan passive income yang sangat populer, caranya juga sangat sederhana yaitu dengan mengikuti suatu program.

Namun program ini membuat Anda mempromosikan produk atau layanan tersebut, jika Anda berhasil maka Anda akan memiliki komisi atas penjualannya.

Sudah cukup mudah bukan? Yang perlu Anda ingat yaitu bersabar dalam mempromosikan produk dan berhasil menarik pembeli. Berbagai cara promosi bisa melalui website, sosial media atau email yang bisa Anda akses beberapa konsumen yang potensial.

7. Menjalankan Pendidikan Online Course

Ketika Anda memiliki skill atau keahlian khusus, Anda pun bisa menjalankan kursus online. Dengan cara membagikan video ilmu atau webinar dalam mendapatkan penghasilan, selain itu Anda juga memberikan topiknya harus lebih mendalam dan memiliki trik khusus.

Seperti contoh passive income yaitu dengan membuat video materinya lebih mudah dipraktikkan, serta melakukan studi kasus ataupun tidak terlalu fokus pada teori.

Passive income online course 1Pin

8. Merilis Materi E-book

Beberapa dari Anda tentu memiliki hobi menulis, nah dengan hobi ini Anda bisa menghasilkan passive income juga lho. Dengan menulis ini Anda juga bisa merangkai cerita tentang fiksi atau non fiksi lalu dapat membuatnya menjadi bentuk e-book.

Sebelum membuat e-book, sebaiknya Anda cari tahu dulu topik dan pemecah masalah dalam cerita tersebut. Bahkan Anda juga perlu tahu target mana saja yang menjadi pembaca Anda agar tertarik dalam e-book tersebut.

Jika sudah maka e-book yang Anda buat harus dipublish ke publik dengan cara mengirimkan ke penerbit atau menerbitkan di platform Anda sendiri.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

9. Menawarkan Karya Seni Digital

Jika Anda memiliki hobi karya seni digital atau design seperti logo, banner, atau bahkan undangan. Maka Anda bisa menjualnya melalui platform internet, namun sebelumnya pastikan Anda cari tahu target pasar Anda.

Serta cobalah ingat bahwa karya seni sangat bergantung pada keunikan sendiri dan orisinil, selain itu Anda menjual karya dapat melalui sosial media Anda sendiri.

10. Menjalankan Website Membership

Alternatif lainnya sebagai cara mendapatkan passive income melalui website yaitu bisa dengan menawarkan konten blog premium kepada pengunjung.

Sehingga untuk mengaksesnya pengunjung harus berlangganan, hal ini tentunya Anda menawarkan berbagai jenis artikel secara digital. Namun jika Anda ingin menambah fitur premium pada wordpress Anda maka bisa memanfaatkan plugin yaitu Memberpress maupun Ultimate Member.

Dengan menambah passive income atau active income yang Anda lakukan tentunya akan sering terjadi transaksi dalam bisnis Anda. maka dari itu cobalah untuk menggunakan software pembukuan Harmony yang praktis, rapi dan secara realtime.

Namun untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional untuk membantu Anda menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun dapat dibereskan secara teknologi dengan layanan profesional ini. Apa sih teknologi yang digunakan?

Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda.

Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK