Harmony Blog

User Research : Pelajari Tips dan Keuntungan Strategi Ini

Diposting Sep 23rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

User ResearchPin

Riset pengguna atau user research adalah suatu metode penelitian yang menargetkan pengguna untuk mengidentifikasi kebutuhan dan titik masalah. Contoh user research adalah pembuatan desain aplikasi, software/ perangkat lunak, atau desain kemasan. Desainer dan pengembang software harus menerapkan user research methods agar bisa membuat desain website yang terbaik dan nyaman.

User research methods ada banyak. Bisa berarti wawancara, studi kelayakan, hingga pengukuran ROI dalam User Experience (UX).Click to Tweet

Dengan melakukan user research methods, desainer atau developer website dapat mengetahui masalahnya serta menemukan solusi yang dipakai dalam proses desainnya.

Tujuan Riset Pengguna Atau User Research Adalah

Riset pengguna atau user research adalah nama lain dari design research. User research methods ada banyak. Bisa berarti wawancara, studi kelayakan, hingga pengukuran ROI dalam User Experience (UX).

Tujuan user researchPin

Tujuan user research methods adalah mengevaluasi solusi dan menguji sebesar apa dampaknya. Riset pengguna adalah terdiri dari 2 user research methods, yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Contoh kuantitatif adalah survey. User research methods ini digunakan untuk mengukur perilaku pengguna secara tepat dan dipakai dalam analisis statistik.

Contoh kualitatif adalah wawancara. Metode riset pengguna dengan kualitatif seringkali berusaha memperoleh pemahaman atau informasi tentang bagaimana pengalaman pengguna individu maupun kelompok dalam kehidupan sehari-harinya.

User Research Methods

Dilansir dari konsultan perusahaan ternama, Nielsen Group, berikut adalah beberapa metode riset pengguna yang bisa diterapkan.

  1. Tentukan Apa Yang Relevan Bagi Pengguna

    1. Studi buku harian – Minta pengguna mencatat kinerja aktivitas sehari-hari dengan desain aplikasi yang sudah dibuat.
    2. Pertanyaan kontekstual – Wawancarai pengguna yang sesuai di lingkungan mereka sendiri untuk mengetahui bagaimana mereka bisa melakukan tugas yang dimaksud.
    3. Mapping – Buat perjalanan pengguna untuk mengungkap potensi kendala atau hambatan lainnya.
  2. Uji – Evaluasi Desain Anda

    1. Pengujian kegunaan – Pastikan desain Anda mudah digunakan.
    2. Evaluasi aksesibilitas – Uji desain Anda untuk memastikan semua orang dapat menggunakannya.
    3. Dengarkan – Apakah ada masalah dalam perspektif, temukan masalah baru, dan temukan solusi.
    4. Analytics – Kumpulkan analitik/metrik untuk memetakan lalu lintas situs web dan membuat laporan.
    5. Survei/Kuesioner – Tanyakan pendapat pengguna tentang produk/desain Anda. Apakah mereka mau membeli langsung atau pre order terlebih dulu?
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Keuntungan Riset Pengguna

Sederhananya, manfaat riset pengguna atau user research adalah meneliti keberhasilan suatu desain atau proyek tertentu dari sudut pandang pengguna. Berikut adalah beberapa keuntungan penerapan riset pengguna:

  • Membangun perusahaan yang empatik dan berfokus pada pengguna. Sehingga, perusahaan dapat menyelaraskan produk dan strategi bisnis sesuai kebutuhan pengguna
  • Memahami bagaimana pengguna menyelesaikan tugas dan mencapai tujuannya dengan suatu rancangan desain UX yang efektif dan menyenangkan.
  • Membuat waktu pengembangan yang lebih singkat di muka, dengan visi yang jelas tentang apa aplikasi/ software yang Anda coba bangun.
  • Menghindari revisi/ perbaikan mahal akibat kendala teknis di kemudian hari. Baik dari segi biaya, waktu, dan tenaga.
  • Memungkinkan tim yang berbeda bekerja cross-selling dan up-selling secara kolaboratif untuk memastikan pengalaman pengguna yang efektif di seluruh produk/layanan.\
  • Mengatasi perbedaan pendapat tentang “apa yang harus kita lakukan sekarang?” dengan menggantinya dengan frasa: “mari kita uji” atau “mari kita lihat apa yang ditunjukkan penelitian kepada kita”
  • Merancang dan membangun sesuatu yang benar-benar akan digunakan orang, sesuatu yang benar-benar memecahkan masalah relevan yang dihadapi masyarakat.

Menurut pebisnis handal, masalah adalah sumber uang. Kenapa begitu? Karena dari suatu masalah, akan muncul ide-ide dan peluang bisnis baru. Contohnya, dulu masyarakat kesulitan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Kemudian, muncul inovasi seperti ojek online, aplikasi belanja online, dan lainnya.

Dengan riset pengguna atau user research yang tepat, Anda bisa membangun bisnis yang tepat dan meraup keuntungan dari berbagai masalah yang ada di masyarakat. Nah, semoga dari beberapa penjelasan tentang riset pengguna di atas, Anda bisa memperoleh inspirasi dalam mengembangkan bisnis yang lebih prospektif.

Agar bisnis semakin maju dan berkembang, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan dan pembukuan secara akurat. Gunakan Software Akuntansi Harmony sebagai solusi pembukuan bisnis yang bisa diandalkan.

Sama halnya dengan ribuan klien Harmony di seluruh Indonesia, yang selama bertahun-tahun telah mengandalkan Aplikasi Harmony untuk urusan pembukuan. Laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan arus kas, hingga penagihan, dan rekonsiliasi transaksi bank dapat dilakukan secara real time berbasis Cloud.

Yuk, tingkatkan usaha Anda bersama Harmony Accounting Software. Coba GRATIS 30 hari, daftar di sini. Bila butuh bantuan atau ada pertanyaan, silakan follow dulu Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK