Harmony Blog

Tips Mencapai Keuntungan Bisnis yang Maksimal

Diposting Jun 17th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Keuntungan BisnisPin

Keuntungan bisnis menjadi tolok ukur seberapa baik perkembangan usaha. Keuntungan adalah impian semua wirausaha. Meskipun begitu, keuntungan bisnis tidak diraih dengan mudah.

Butuh strategi bisnis yang cerdas dan sinergi agar setiap sumber daya bekerja optimal agar keuntungan bisnis terus meningkat. Pemilik bisnis juga perlu memahami cara menghitung BEP untuk melihat seberapa banyak keuntungan bisnis yang diperoleh.

Strategi bisnis lain untuk memaksimalkan keuntungan bisnis adalah memotivasi karyawan agar lebih produktif.Click to Tweet

Secara singkat, manfaat BEP (Break Even Point) adalah untuk mengetahui apakah perusahaan sudah mencapai keuntungan bisnis atau justru merugi.

Keuntungan bisnis tidak bisa dipastikan, namun bisa diprediksi berdasarkan analisis demografi seperti memahami perilaku konsumen, mengetahui gambaran pasar, studi kelayakan usaha, dan sebagainya. Mari kita cari tau apa saja tips mencapai keuntungan bisnis yang maksimal di bawah ini.

  1. Lakukan Analisis Dan Penyesuaian Biaya Operasional

    Prinsip utama keuntungan bisnis atau pengertian keuntungan adalah pendapatan harus melebihi biaya pengeluaran.

    Jadi, langkah pertama untuk meningkatkan keuntungan adalah menganalisis kemana uang akan dibelanjakan dan menentukan apakah ada biaya pengeluaran yang bisa dipangkas.

    Contohnya, biaya sewa gedung atau sewa gudang pabrik. Anda bisa menyewa dalam jangka panjang agar biaya lebih hemat. Atau, biaya kampanye iklan, cobalah menemukan agensi iklan yang menawarkan harga sepadan dengan hasilnya.

    Baca Juga: Inilah Tujuan Dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

  2. Evaluasi Harga Barang

    Strategi bisnis selanjutnya untuk memperoleh keuntungan bisnis atau keuntungan adalah evaluasi harga barang. Pastikan Anda menentukan harga barang yang sesuai dengan biaya bahan baku atau ongkos produksinya.

    Tips keuntungan bisnisPin

    Struktur biaya ini perlu ditinjau ulang secara teratur, mengingat harga bahan baku juga terkadang berubah-ubah.

    Misalnya, jika ternyata biaya bahan baku terus meningkat, Anda perlu menaikkan harga untuk mempertahankan keuntungan bisnis. Tetapi, perlu dipertimbangkan kalau harga terlalu mahal, pelanggan juga bisa berpaling.

  3. Memotivasi Karyawan Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

    Strategi bisnis lain untuk memaksimalkan keuntungan usaha atau keuntungan adalah memotivasi karyawan agar lebih produktif. Ada ungkapan yang mengatakan “happy employees, increase productivity.”

    Kalau karyawan bahagia, maka lebih banyak pekerjaan berkualitas yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

    Memotivasi karyawan bisa dengan berbagai cara. Misalnya, program “Karyawan Terbaik Bulan Ini” dan menerima reward atau hadiah. Atau, perusahaan bisa memberikan tiket liburan keluarga, memberikan pelatihan atau seminar bermanfaat, dll.

  4. Pantau Terus Faktor Ekonomi Di Luar Kendali

    Ingatlah bahwa pengertian keuntungan bukan hanya sekadar materi. Namun, pada titik-titik tertentu dalam siklus bisnis Anda, mungkin Anda tidak mencapai keuntungan usaha yang diharapkan.

    Meskipun pengertian keuntungan adalah pemasukan lebih besar daripada pengeluaran, terkadang ini masih belum cukup untuk menghasilkan keuntungan bisnis yang dimaksud.

    Kenapa begitu? Sebab, ada beberapa faktor ekonomi yang tidak bisa dikendalikan dan mempengaruhi keuntungan usaha Anda.

    Bencana alam yang mempengaruhi hasil panen atau kelangkaan bahan baku. Serta, kehadiran pesaing yang lebih inovatif, bisa mempengaruhi keuntungan usaha Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Monitoring Pengelolaan Keuangan

    Usai menyusun strategi bisnis dan menjalankannya, berikutnya adalah monitoring pengelolaan dan pencatatan setiap transaksi keuangan.

    Nantinya, pencatatan transaksi ini bisa menjadi evaluasi dan analisis apakah perusahaan sudah mencapai keuntungan bisnis atau justru merugi.

Dari laporan keuangan tersebut, juga bisa dilihat mana saja rencana dan strategi bisnis yang sukses melejitkan penjualan? Dan mana saja, strategi bisnis yang gagal dan tidak perlu dipakai lagi.

Maka itu, sangat penting bagi perusahaan membuat sistem pencatatan laporan keuangan yang lebih praktis dan modern berbasis teknologi Cloud.

Software Akuntansi Online dari Harmony menghadirkan pembukuan rapi, sistematis, dan otomatis untuk bisnis era digital. Anda bisa lebih mudah mengawasi, membuat, serta mengelola tugas akunting secara akurat.

Tim finance juga bekerja lebih produktif dan efisien karena tugas-tugas akunting dapat dikerjakan secara cepat dan simpel. Aplikasi Harmony bisa Anda pakai GRATIS selama 30 hari, cukup daftarkan bisnis Anda melalui tautan ini.

Temukan info terupdate dan menarik lainnya dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK