Harmony Blog

5 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Syariah

Diposting Jul 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Perencanaan Keuangan SyariahPin

Bagi umat Muslim, melakukan perencanaan keuangan syariah adalah suatu keharusan. Meski di luar sana banyak lembaga keuangan yang menawarkan jasa financial planner, akan tetapi perencanaan keuangan syariah jauh lebih menentramkan hati dan pikiran.

Perencanaan keuangan syariah adalah kegiatan merencanakan, menyimpan, mengelola, serta menginvestasikan dana milik klien atau nasabah berdasarkan ketentuan syariah Islam.Click to Tweet

Manajemen keuangan syariah atau perencanaan keuangan syariah adalah bagian penting dalam aktivitas ekonomi masyarakat Islam. Dengan perencanaan keuangan syariah, setidaknya ekonomi syariah bisa tercipta dan mendorong dana syariah masyarakat terkelola secara Islami berdasarkan Al-Qur’an.

Perencanaan Keuangan Syariah

Mirip seperti perencanaan keuangan konvensional, merencanakan keuangan syariah adalah sebuah kegiatan untuk merencanakan, menyimpan, mengelola, serta menginvestasikan dana milik klien atau nasabah berdasarkan ketentuan syariah Islam.

Fungsi dari perencanaan keuangan syariah adalah membantu masyarakat untuk mengelola anggaran keuangan dengan lebih optimal, saling menguntungkan, dan memberikan manfaat sesuai kaidah Islam.

Apa itu perencanaan keuangan syariahPin

Ciri-ciri perencanaan keuangan syariah adalah tidak melanggar ketentuan syariah. Seperti tidak mengandung unsur riba, tidak merugikan pihak lain, dan terdapat unsur sama-sama saling ridho atas transaksi yang terjadi.

Tugas merencanakan keuangan syariah adalah pada dasarnya juga tidak beda dengan perencanaan keuangan konvensional. Seperti mengatur investasi, mengatur arus kas, merencanakan anggaran keuangan, dan lainnya.

Sebagai contoh, perencanaan keuangan syariah dalam jangka panjang bisa diwujudkan untuk menabung biaya umroh atau beribadah haji ke tanah suci. Sedangkan, dalam jangka pendek, merencanakan keuangan syariah bisa berupa melunasi hutang, berinvestasi produk syariah, atau berzakat dan donasi secara rutin.

Bank syariah adalah salah satu perencanaan keuangan syariah yang saat ini mudah dijumpai di masyarakat. Kapan saja Anda membutuhkan bantuan untuk merencanakan anggaran, menyimpan dana, maupun berinvestasi, bank syariah adalah solusi ideal untuk dipertimbangkan.

Akuntansi Syariah

Lalu, bagaimana dengan sistem akuntansi syariah? Konsep akuntansi syariah juga memiliki ketentuan terkait Al-Qur’an dan Hadits. Akuntansi syariah tidak boleh melanggar batas-batas kaidah Islami. Sebab, dalam Islam sangat melarang adanya unsur riba dan mendorong masyarakat untuk melakukan zakat atau donasi ke berbagai kegiatan sosial.

Secara umum, perencanaan keuangan syariah maupun akuntansi syariah juga tidak berbeda dengan perencanaan keuangan umum. Misalnya dari segi pengelolaan risiko keuangan, cara berinvestasi, membangun omset, menyimpan dana, dll. Akan tetapi, memang merencanakan keuangan syariah sangat memperhatikan unsur halal dan thayyiban dalam keuangan, serta menghindari riba.

Saat ini, merencanakan keuangan syariah juga menawarkan berbagai jenis produk tabungan maupun investasi yang sesuai kaidah Islami. Di antaranya, emas, reksa dana syariah, saham syariah, deposito syariah, dan sebagainya. Maka itu, tidak heran jika di pasar juga muncul akuntansi syariah, pasar modal syariah, bank syariah, dan sebagainya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Syariah

Agar bisa melakukan perencanaan keuangan syariah dengan baik, Anda dapat memperhatikan tips-tips berikut:

  1. Menabung Dan Investasi

    Pastikan perencanaan keuangan syariah Anda, hanya menggunakan jenis tabungan dan investasi yang sesuai kaidah Islami. Contohnya seperti emas dan deposito syariah.

  2. Pengelolaan Aset

    Perencanaan keuangan pada syariah selanjutnya adalah mengelola aset dan harta secara seimbang. Tidak besar pasak daripada tiang. Sebisa mungkin segera lunasi hutang, agar tidak terjerat unsur riba dan mendapatkan aset yang lebih berkah.

  3. Risiko dan Asuransi Syariah

    Mempersiapkan diri untuk berbagai kondisi tak terduga, mungkin tidak ada salahnya. Maka itu, Anda bisa menggunakan asuransi syariah untuk memperkecil risiko keuangan.

  4. Distribusi Aset

    Tips perencanaan keuangan pada syariah berikutnya adalah mempertimbangkan tentang hibah, wasiat, atau warisan untuk keluarga.

  5. Berzakat

    Terakhir, tips perencanaan keuangan pada syariah yang tak kalah penting adalah berzakat. Di dalam zakat, Anda akan membersihkan dan menyucikan harta sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat. Seperti memberikan wakaf, hibah, bersedekah, infaq masjid, dan sebagainya.

Poin penting dalam perencanaan keuangan syariah ketimbang perencanaan keuangan konvensional, yaitu mengenai nilai keberkahan dan keuntungan pahala. Jadi, dalam perencanaan keuangan syariah lebih fokus untuk mengembangkan profit finansial yang bermanfaat di dunia dan akhirat.

Tertarik menggunakan perencanaan keuangan syariah? Yuk, kelola keuangan bisnis Anda sesuai prinsip-prinsip syariah dan sistem pembukuan yang reliable.

Pakai Software Akuntansi Harmony yang sudah terbukti membantu pengelolaan pembukuan bisnis bagi ribuan klien di seluruh tanah air. Software Akuntansi Harmony adalah aplikasi yang dirancang untuk menangani tugas akunting secara cepat, akurat, dan otomatis.

Monitoring dan akses Software Akuntansi Harmony kapan saja dan di mana saja lewat tampilan yang mudah, karena aplikasi akuntansi ini didukung teknologi Cloud.

Daftar sekarang melalui tautan ini untuk mencoba FREE Trial selama 30 hari. Temukan info terupdate lainnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony