Harmony Blog

Tingkatkan Marginal Utility, Pelajari Jenis dan Cara Menerapkannya

Diposting Agu 12th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Marginal UtilityPin

Ketika membicarakan teori mengenai perilaku konsumen, salah satu bagian penting yang perlu dipelajari adalah marginal utility. Ini menjadi hal yang penting karena mempengaruhi produk Anda dapat diminati oleh konsumen di pasaran.

Utility atau Utilitas sendiri merupakan manfaat yang diperoleh oleh konsumen setelah memakai produk Anda, dimana utilitas merupakan kekuatan dari sebuah produk untuk dapat membuat konsumen puas.

Marginal Utility adalah perubahan nilai utilitas dari sebuah produk yang disebabkan oleh penambahan pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen.Click to Tweet

Sedangkan, marginal utility adalah kekuatan sebuah produk untuk memuaskan konsumen dengan membeli lebih banyak barang sehingga meningkatkan penjualan produk Anda. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai marginal utility, Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Marginal Utility

Marginal Utility adalah perubahan nilai utilitas dari sebuah produk yang disebabkan oleh penambahan pembelian produk yang dilakukan oleh  konsumen. Pada intinya, marginal ini  merupakan tingkat kepuasan konsumen dari pembelian tambahan sebuah produk.

Pengertian marginal utilityPin

Dalam positioning bisnis, marginal utility yang menurun menunjukan bahwa konsumen mendapatkan kepuasan yang lebih sedikit untuk produk tambahan yang mereka pakai. Dimana, konsumen tidak mau membayar uang untuk  jumlah produk yang banyak dan kesediaan konsumen untuk membayar akan turun.

Marginal utility produk dapat didasarkan pada pandangan konsumen terhadap sebuah produk. Di mana persepsi tersebut diperoleh dari evaluasi dan penelitian agar bisa mempengaruhi konsumen untuk tetap membeli produk tersebut atau produk lain yang dibuat oleh kompetitor.

Dalam hal ini, sebagai seorang pelaku bisnis tentunya harus memikirkan dan menjaga produk agar permintaan tetap tinggi meskipun margin utility menurun.

Jenis Marginal utility

Terdapat 3 jenis marginal yang menilai kepuasan konsumen terhadap penambahan daya beli konsumen terhadap produk. Dan berikut adalah jenis-jenisnya yaitu:

  • Marginal Utility Nol

    Margin utility dapat dikatakan nol apabila konsumen membeli banyak produk dengan tingkat kepuasan tetap sama dengan pembelian sedikit barang. Sebagai contoh, ketika konsumen membeli banyak majalah dan menyimpanya sebagai referensi, namun majalah-majalah tersebut memiliki nilai yang sama antara satu dan yang lainnya.

    Baca Juga: Research Gap : Metode Evaluasi Penelitian Yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

  • Marginal Utility Positif

    Margin utility positif apabila konsumen membeli banyak produk yang selaras dengan tingkat kepuasan yang juga ikut meningkat. Sebagai contoh, seorang konsumen membeli produk A, dan dia membagikannya kepada keluarga, teman maupun koleganya. Seorang influencer merupakan salah satu pemain penting untuk membuat pengikutnya tertarik, jika mereka membeli produk secara massal dan ikut membagikannya di media sosial mereka.

  • Marginal Utility Negatif

    Margin utility negatif terjadi apabila konsumen yang membeli banyak produk,tetapi hanya digunakan beberapa produk saja. Sebagai contoh, konsumen yang membeli banyak mie untuk stok, namun konsumen tersebut tidak bisa menikmatinya semua karena produk ada yang rusak dan kadaluarsa.

Contoh Marginal Utility

Untuk dapat lebih memahaminya, berikut adalah sebuah kasus sebagai contoh marginal utility. Konsumen A memiliki 5 susu kemasan, dan dia ingin membeli 1 susu lagi ketika berbelanja. Di satu sisi, konsumen B memiliki 60 susu kemasan, dan membeli 1 susu lagi, dan menyimpan susu-susu tersebut di lemari es untuk stok di rumah.

Untuk mendapatkan nilai tersebut, Anda bisa membagi antara produk yang dibeli dengan jumlah produk yang dimiliki saat ini. Untuk konsumen A memiliki skor 1,6. Sedangkan, konsumen B memiliki skor 0,02, dan dengan demikian konsumen A memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Penerapan Marginal Utility

Berikut adalah cara untuk menerapkan marginal dalam strategi marketing guna meningkatkan kepuasan konsumen dengan mempertimbangkan jumlah produk yang dibeli.

  • Aktif di sosial media dengan merespon berbagai interaksi konsumen.
  • Mengumpulkan data dengan melakukan survey.
  • Mempertimbangkan dalam beriklan.

Yuk, tingkatkan kepuasan konsumen dengan memahami contoh marginal utility serta didukung pengelolaan anggaran keuangan yang rapi. Pastikan Software Akuntansi Online dari Harmony sebagai solusi pembukuan dan pengelolaan keuangan bisnis Anda yang reliable.

Software Akuntansi Harmony merupakan platform keuangan yang diakui dan terbukti membantu banyak klien di Indonesia dalam hal pembukuan. Meliputi smart invoicing, laporan stok, rekonsiliasi bank, dan laporan keuangan lainnya yang lebih banyak lagi.

Ini saatnya mengembangkan bisnis yang lebih sistematis dan modern bersama Software Akuntansi Harmony. Silakan coba GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.

Harmony juga hadir di media sosial, follow akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info menarik lainnya setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony