Harmony » Blog » 

Terapkan Strategi Perusahaan Yang Tepat Agar Keuntungan Meningkat

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 15, 2021

Di tengah perkembangan revolusi industri saat ini, sudah bukan hal baru kalau setiap bisnis tentu berlomba-lomba menerapkan strategi perusahaan yang dianggap terbaik.

Mulai dari strategi perusahaan memakai media sosial, strategi bisnis pemasaran langsung, bahkan terkadang melakukan merger perusahaan agar kekuatan bisnis semakin solid.

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu strategi perusahaan adalah sangat penting. Gunakan software akuntansi online yang akurat dan reliable.Click to Tweet

Bergantung bagaimana manajemen operasi bisnis berjalan, yang pasti strategi perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk menjaga kelangsungan bisnisnya.

Dengan dukungan strategi perusahaan yang efektif, bisnis setidaknya akan tetap meningkatkan penjualan dan mencapai arah tujuan perusahaan.

Apa itu strategi perusahaan? Pengertian strategi perusahaan adalah berbagai upaya perusahaan untuk meningkatkan keuangan dan kesuksesan bisnisnya. Bisa dikatakan, strategi perusahaan adalah termasuk senjata yang memenangkan persaingan bisnis.

Jenis Strategi Perusahaan

Pada dasarnya, ada berbagai jenis strategi perusahaan. Namun, berikut adalah beberapa jenis strategi perusahaan yang umum dijumpai:

  1. Memperhatikan Mutu Produk

    Strategi perusahaan agar bisa bertahan bisa dimulai dengan membuat produk yang berkualitas tinggi. Strategi bisnis ini sudah terbukti efektif untuk memikat hati konsumen dalam jangka panjang.

    Sebut saja, merek pasta gigi tertentu. Selama puluhan tahun mampu menjaga kualitas dan meningkatkan mutu produk dengan meluncurkan berbagai varian.

    Alhasil, dengan jenis strategi perusahaan ini, merek pasta gigi ini sudah sangat populer di masyarakat. Bahkan, dipakai dari generasi ke generasi di keluarga Indonesia.

  2. Studi Pasar

    Selanjutnya, strategi bisnis yang tak boleh dilewatkan pelaku UMKM adalah studi pasar. Penelitian atau riset pasar ini sangat penting agar Anda bisa memahami gambaran kondisi pasar saat ini.

    Mulai dari siapa saja pemain lama atau kompetitor, siapa saja calon konsumen potensial, produk apa yang disukai dan tidak disukai, hingga berapa harga yang paling cocok di kantong calon konsumen.

    Semua pertanyaan di atas, bisa dijawab melalui sebuah studi usaha atau riset pasar untuk memahami dan mengenali “medan” yang akan dijadikan target pasar Anda.

    Baca Juga: Apa Saja Perkembangan Revolusi Industri Hingga Saat Ini?

  3. Variasi Produk

    Sedikit disinggung pada poin 1, variasi produk juga bisa menjadi strategi bisnis yang ampuh memikat konsumen. Kenapa begitu? Sebab, ada kalanya konsumen ingin sesuatu yang berbeda atau tidak monoton.

    Variasi Produk Strategi Perusahaan

    Jadi, sudah sepatutnya pelaku UMKM mencoba mengembangkan produk dan berinovasi. Misalnya, kalau Anda menjual keripik pisang. Anda bisa membuat varian keripik pisang rasa baru. Seperti rasa keju, balado, cokelat, dll.

    Sebisa mungkin, buatlah inovasi dan kreasi yang membuat produk lebih variatif sehingga konsumen tidak akan pernah bosan membeli produk Anda.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Promosi Online

    Media sosial yang menjadi bagian penting dalam strategi perusahaan adalah hal lumrah saat ini. Bahkan, bisnis akan terlihat kuno dan ketinggalan zaman, kalau belum menembus pemasaran online atau online marketing. Terlebih lagi, sebagian besar konsumen saat ini menggunakan media sosial dan smartphone untuk beraktivitas sehari-hari.

    Jadi, Anda bisa membagikan konten-konten promosi atau iklan video untuk memperkenalkan produk Anda ke media sosial agar menjangkau konsumen seluruh Indonesia, hingga mancanegara.

  5. Mengelola Finansial

    Bisnis tidak akan bisa melaju dengan baik tanpa dukungan dari segi pembiayaan finansial. Pengelolaan keuangan menjadi salah satu strategi perusahaan adalah sangat penting. Buatlah rencana keuangan dan pastikan biaya-biaya operasional usaha bisa terpenuhi dengan lancar.

Perlu diingat, keuangan menjadi nyawa bagi setiap bisnis apapun. Apalagi, sekarang Anda tak perlu repot menangani manajemen keuangan sendiri. Lupakan cara pembukuan manual berbasis spreadsheet atau mencatat di buku besar yang menyita waktu dan tenaga.

Software Akuntansi Online dari Harmony, siap membantu Anda menangani pembukuan usaha secara cepat, akurat, dan otomatis. Pencatatan keuangan laporan keuangan, laporan stok barang, invoice otomatis, rekonsiliasi bank dan pengelolaan transaksi keuangan bisa dilakukan secara praktis, semudah beberapa kali sentuhan jari.

Anda juga bisa membuat rekonsiliasi bank secara otomatis, tanpa ribet dan bebas repot. Tim finance yang menangani urusan akunting juga bisa bekerja lebih nyaman dan efisien. Sehingga, bisa lebih fokus membantu mengembangkan kesuksesan usaha.

Mau meningkatkan sistem pembukuan bisnis Anda sekarang? Mari daftarkan bisnis Anda melalui tautan ini. GRATIS pakai Software Akuntansi Online dari Harmony selama 30 hari di tautan ini, tanpa biaya apapun.

Dapatkan juga info terupdate dan menarik seputar bisnis setiap hari, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram