Harmony » Blog » 

Strategi Penetrasi Pasar Untuk Meningkatkan Laba Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 3, 2021

Merancang sebuah strategi penetrasi pasar bisa menjadi solusi untuk melejitkan profit yang lebih optimal dalam waktu singkat. Sesuai namanya, penetrasi pasar adalah salah satu metode perusahaan dalam mengembangkan pangsa pasar produk atau jasa tertentu.

Penetrasi pasar adalah suatu pengukuran seberapa banyak jumlah produk atau layanan yang dipakai pelanggan, dibandingkan dengan total perkiraan pasar.

Nantinya, strategi penetrasi pasar dapat dipakai dalam menentukan seberapa besar sih potensi pasar yang ditargetkan. Apabila, total pangsa pasar cukup besar, maka pendatang baru di industri yang sama bisa didorong agar bisa turut memperoleh persentase dari jumlah total pelanggan potensial dalam industri tersebut.

Memahami Strategi Penetrasi Pasar

Pengertian dari penetrasi pasar adalah suatu pengukuran seberapa banyak jumlah produk atau layanan yang dipakai oleh para pelanggan, dibandingkan dengan total perkiraan pasar.

Dengan kata lain, strategi penetrasi pasar nantinya bisa dipakai untuk merancang dan menentukan prospek perusahaan dalam suatu industri atau pangsa pasar untuk meraih omzet besar melalui penjualan maksimal. Jika pangsa pasar sudah terlalu penuh dan didominasi pemain lama, maka akan sulit bagi pemain baru masuk dalam pangsa pasar tersebut.

Strategi Penetrasi Pasar Perusahaan

strategi penetrasi pasar

Penetrasi pasar tak hanya dipakai industri dalam mengukur jangkauan pangsa pasar suatu produk dan jasa. Melainkan, juga dipakai oleh perusahaan untuk menilai pangsa pasar produk yang akan dilempar ke pasaran.

Penetrasi pasar untuk perusahaan, biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase. Ini artinya, produk perusahaan mewakili persentase nominal tertentu dari total pangsa pasar untuk produk tersebut.

Apabila suatu perusahaan memiliki penetrasi pasar yang tinggi untuk suatu produk, berarti strategi pengembangan pasar perusahaan telah sukses. Bahkan, perusahaan ini bisa dianggap sebagai pemimpin pasar di industri tersebut. Pemimpin pasar jauh lebih unggul di bidang jangkauan pelanggan karena produk dan brand (merek) yang sudah diakui kualitasnya.

Sebagai contoh bisa dilihat pada produk sereal atau produk susu terkenal yang menjadi pemimpin pasar. Umumnya, merek produk sereal dan produk susu yang sudah terkenal ini akan dipajang berderet-deret panjang di depan etalase atau rak toko, ketimbang merek pesaing yang kurang populer.

[elementor-template id="26379"]

Jika angka penetrasi pasar sudah tinggi, selanjutnya bagaimana meningkatkan strategi pengembangan pasar itu sendiri. Strategi pengembangan pasar lebih berfokus pada langkah pencapaian laba dalam pangsa pasar. Strategi pengembangan pasar adalah metode atau langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan potensial.

Beberapa strategi pengembangan pasar:

• Periklanan.

• Kampanye media sosial.

• Menerjunkan sales person girl/ salesman ke pasar atau tempat strategis untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

• Menurunkan harga produk/ jasa.

• Membuat promo penawaran produk menarik.

Contoh strategi pengembangan pasar, misalnya sebuah perusahaan yang membuat sepatu wanita. Dari analisis penetrasi pasar, diketahui bahwa ada pangsa pasar kecil bagi sepatu pria. Maka, perusahaan ini bisa mengembangkan produk atau kampanye untuk menjangkau para pelanggan pria.

Jadi, penetrasi pasar dapat memberikan informasi yang sangat luas tentang bagaimana pelanggan potensial serta total pangsa pasar. Angka-angka ini sangat berguna untuk membandingkan keberhasilan pemasaran dengan para kompetitor di industri yang sama.

Contoh Strategi Penetrasi Pasar

Contoh strategi penetrasi pasar yang paling sederhana dapat dilihat, misalnya negara memiliki total penduduk 300 juta orang. Sekitar 65 juta orang memiliki ponsel, strategi penetrasi pasar berada pada persentase angka 22%.

Secara teori, masih ada 235 juta orang yang belum memiliki ponsel dan akan menjadi calon pelanggan selanjutnya. Atau sekitar 78% dari populasi kota Sukamaju masih belum tersentuh bisnis ponsel. Angka penetrasi pasar adalah sebuah strategi yang bisa dipakai untuk melihat potensi pertumbuhan pangsa pasar produsen ponsel.

Contoh strategi penetrasi pasar lainnya bisa dilihat dari perusahaan teknologi, Apple. Pada 2017, Apple mengumpulkan pangsa pasar sebesar 50% pasar ponsel secara global. Apple konsisten memperkenalkan gadget terbaru atau iPhone dengan fitur-fitur canggih terkini, termasuk iPhone X kelas atas. Sebagai hasil dari strategi penetrasi pasarnya, Apple kini merajai pangsa pasar ponsel di seluruh dunia.

Dapatkan informasi seputar bisnis yang menarik lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. Software Akuntansi Harmony memberikan banyak kemudahan untuk membuat laporan keuangan bisnis dengan fitur dan modul yang canggih. Pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS 30 hari, klik di sini sekarang.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram