Harmony Blog

Stock Take : Pelajari Manfaat dan Tips Penerapannya Dalam Bisnis

Diposting Jul 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Stock TakePin

Stock take adalah cara termudah untuk mengetahui jumlah persediaan barang, melihat efisiensi proses order, serta mengurangi kelebihan stok. Metode stock take ini merupakan bagian penting dari bisnis apapun yang berkaitan dengan saluran distribusi barang.

Istilah stock take lebih dikenal sebagai stock opname. Jadi, pada dasarnya adalah kegiatan untuk mengidentifikasi setiap item barang yang ada, menghitung, lalu mengorganisir jumlah ini sesuai kategorinya.Click to Tweet

Akan tetapi, untuk mencapai tujuan stock take tersebut, perusahaan dagang membutuhkan proses yang rapi dan terorganisir. Kali ini, kita akan membahas apa itu stock take beserta manfaat dan tips-tips untuk menjalankan stock opname yang sukses.

Pengertian Stock Take Adalah

Stock take adalah pekerjaan yang butuh ketelitian dan keahlian. Dalam strategi distribusi, stock take menjadi aset terbesar bisnis. Maka itu, agar bisa mengelola stock opname sangat penting memahami apa pengertian stock opname.

Pengertian stock takePin

Pengertian stock take adalah proses menghitung persediaan barang yang dimiliki perusahaan. Istilah stock take lebih dikenal sebagai stock opname. Jadi, pada dasarnya stock opname atau stock take adalah kegiatan untuk mengidentifikasi setiap item barang yang ada, menghitung, lalu mengorganisir jumlah ini sesuai kategorinya.

Dalam proses stock opname, perusahaan juga kemungkinan menerapkan langkah verifikasi untuk membandingkan jumlah persediaan barang di dalam sistem dengan yang ada di gudang.

Manfaat Stock Take Adalah

Ada sejumlah keuntungan melakukan stock opname bagi bisnis. Manfaat tersebut, antara lain:

  • Strategi Penjualan Efektif

    Perusahaan bisa lebih mudah mengidentifikasi jenis produk yang bergerak cepat atau lambat. Sehingga, bisa menganalisis strategi penjualan yang efektif untuk menambah arus kas.

  • Margin Keuntungan Lebih Akurat

    Dengan stock opname, memungkinkan perusahaan memantau margin keuntungan secara lebih akurat di berbagai produk.

  • Identifikasi Persediaan Barang

    Stock take juga akan mengidentifikasi persediaan barang yang kurang laku atau paling diminati. Memungkinkan manajemen perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat terkait produk tersebut. Apakah akan menjual dengan harga pokok penjualan dikurangi diskon, membuat promo, atau strategi marketing lainnya.

  • Menghindari Fraud

    Memiliki data dan analisis yang baik berkaitan dengan persediaan barang, maka dapat memudahkan perusahaan dalam menjaga efisiensi. Termasuk, dalam menghindari tindakan fraud, kecurangan, atau tindakan pencurian.

Tips-Tips Stock Take Yang Sukses Dalam Bisnis

Hindari kesalahan dalam melakukan stock opname, dengan beberapa tips berikut:

  1. Scan Barcode Produk

    Lupakan menghitung persediaan barang secara manual. Sebab, sangat rentan kesalahan manual seiring bertambahnya jumlah persediaan barang. Gunakan teknologi scan barcode yang lebih cepat dan akurat.

  2. Teknologi Software Berbasis Cloud

    Pakai teknologi software berbasis cloud untuk melacak aktivitas stock opname. Ketimbang menyimpan data stock opname secara manual, teknologi komputasi awan jauh lebih efektif dan fleksibel. Anda bisa memantau stock opname semudah beberapa klik melalui smartphone atau tablet.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Lakukan Stock Take Secara Teratur

    Jadwalkan stock opname secara teratur. Agar perusahaan memperoleh data yang uptodate dan akurat setiap saat. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghindari pencurian atau kehilangan persediaan barang.

  4. Gunakan Sistem Point of Sale

    Menghitung persediaan barang secara manual bisa menjadi tugas yang sulit dan rawan kesalahan. Gunakan sistem Point of Sale untuk melacak pembelian, order, serta stock opname yang lebih akurat dan gampang.

    Sistem Point of Sale dapat menghemat waktu dan tenaga karyawan untuk melakukan stock opname. Sekaligus, meningkatkan produktivitas kinerja karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting lainnya.

  5. Hindari Stocking Berlebihan

    Kegiatan purchasing order yang berlebihan, bisa membuat persediaan barang juga menumpuk di gudang. Padahal, permintaan barang sedang menurun. Lebih baik, identifikasi jenis produk atau barang apa yang sedang trend di pasar, sehingga bisa melakukan pembelian yang lebih menguntungkan.

Proses stock take adalah proses yang berkesinambungan dan berdampak besar terhadap keuntungan perusahaan. Karena itu, jika Anda mengalami kendala dalam proses stock opname, bahkan pembukuan bisnis secara keseluruhan maka Anda bisa mengandalkan Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony, didukung fitur persediaan barang yang menyempurnakan proses stock opname perusahaan Anda. Tak cukup itu, fitur ini juga dapat diintegrasikan dengan fitur purchasing order dan penjualan.

Dari data dan analisis report pembelian atau penjualan tersebut, Anda bisa memiliki fitur laporan stok barang serta lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara instan siap pakai hanya sekali sentuhan jari lewat smartphone atau tablet.

Tertarik mencoba aplikasi Harmony? Silakan manfaatkan demo GRATIS melalui tautan ini untuk mencoba fitur-fiturnya selama 30 hari tanpa biaya apapun. Info terupdate lainnya, jangan lupa follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK