Harmony » Blog » 

Sponsorship : Ketahui Peran Pentingnya Dalam Kegiatan Marketing

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 16, 2021

Sponsorship? Sudahkah Anda melakukannya? Biasanya dilakukan agar produk bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang di skala yang lebih luas.

Menjadi sponsor di suatu event tentu dapat membuat brand atau produk Anda dilihat oleh banyak orang. Nah hal ini sangat menguntungkan untuk bisnis Anda.

Sponsorship merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka mendukung seseorang atau organisasi ketika ingin memasarkan produknya.Click to Tweet

Sponsor yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada event tentu menjadi suatu bentuk dari hubungan kerja sama antara pihak perusahaan dengan publik.

Tentu saja, dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan juga dapat menimbulkan keuntungan kepada kedua belah pihak. Baik kepada lembaga pengada event maupun perusahaan itu sendiri.

Selain itu menampilan sebuah logo brand atau produk dalam suatu kegiatan event tentu akan menarik perhatian audiens pada acara tersebut. Hal ini juga termasuk dari bagian strategi pemasaran produk pada bisnis.

Apa itu Sponsorship?

Sponsorship adalah suatu bentuk dukungan secara materi atau finansial dari suatu perusahaan ke pihak perorangan, organisasi, atau acara tertentu baik dari sebuah event atau acara lainnya.

Namun dukungan berupa finansial tersebut akan dibayar dengan adanya timbal balik oleh pihak organisasi dengan adanya promosi produk dan dilengkapi dengan kesepakatan tertentu. Itu artinya, sponsorship adalah suatu bentuk kegiatan kerjasama antara kedua belah pihak.

Apa itu Sponsorship

Dalam sebuah marketing, sponsor marketing adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas yang berbasis kesepakatan dari pihak pengiklan dan juga dari pihak yang ingin memasang suatu iklan. Kesepakatan yang dilakukan juga berbentuk pembayaran sejumlah dana yang mana sudah disetujui oleh pihak pengiklan.

Maka sebagai gantinya, pihak pengiklan harus bisa mempromosikan produk yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan ke masyarakat luas. Agar produk tersebut bisa dikenal dan menjadi pusat perhatian masyarakat luas.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

Apa Saja Keuntungan Melakukan Sponsorship?

Adapun beberapa keuntungan yang didapat ketika Anda melakukan sponsor pada bisnis Anda.

Apa saja Keuntungan Melakukan Sponsorship

  1. Dapat Meningkatkan Jangkauan Produk/Brand

    Dengan Anda mensponsori event di daerah yang belum menjadi target pasar, menjadi otomatis para audiens dapat mengenali brand yang Anda miliki secara langsung.

    Hal ini juga dapat menjadi sebuah pengujian pasar Anda, apakah brand Anda dapat diterima dan banyak diminati oleh masyarakat yang berada pada daerah tersebut atau tidak.

  2. Menumbuhkan Awareness

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa menjadi sponsor untuk suatu kegiatan maka dapat membuat logo brand Anda akan ditampilkan di berbagai media yang tersedia pada acara tersebut.

    Maka dengan pengunjung event tersebut melihat logo yang ditampilkan, maka mereka yang mungkin sebelumnya tidak mengenali produk Anda akan penasaran dan mencari tahu produk dari brand tersebut.

  3. Meningkatkan Penjualan Produk

    Keuntungan yang didapat oleh perusahaan saat menjalankan sponsorship adalah dapat meningkatkan penjualan produk mereka.

    Bahkan dengan adanya rencana strategi sponsorship ini, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk melakukan pembelian produk Anda.

    Sebab apabila semakin luas brand sponsorship yang dilakukan oleh perusahaan, maka akan semakin besar juga kesempatan yang didapatkan perusahaan untuk diminati oleh banyak orang.

  4. Menjadi Sebuah Bagian Dari Percakapan Sosial

    Menjadi sponsor dalam suatu event tidak hanya memberikan kesempatan logo Anda terpampang di berbagai sudut.

    Anda sebagai pemilik produk juga bisa berkesempatan untuk menjadi bagian dari event tersebut, seperti menjadi pembicara, mengadakan games untuk penonton dan lainnya.

    Tentu hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung dan berpotensi untuk membicarakannya di sosial media.

  5. Tampil Berbeda dengan Kompetitor lain

    Apabila Anda melakukan kegiatan sponsorship marketing tentu akan membuat brand perusahan Anda tampak berbeda dengan para kompetitor lainnya.

    Biasanya kompetitor lain masih melakukan kegiatan promosi tradisional seperti menyebarkan pamflet atau promosi di media sosial.

    Sekarang jika Anda melakukan marketing sponsorship pada suatu acara atau organisasi. Maka nama perusahaan Anda akan semakin menonjol di mata masyarakat luas.

    Dengan begitu, maka pihak perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan kompetitor lain, sebab brand yang dimilikinya sudah berani tampil beda dari kompetitor lainnya.

Jenis-Jenis Sponsorship

Terdapat jenis-jenis sponsorship yang perlu untuk Anda ketahui , berikut jenis-jenis sponsorship adalah sebagai berikut:

  • Brand Sponsorship

    Jenis brand sponsorship ini adalah suatu jenis aktivitas yang dilakukan oleh brand perusahaan dengan cara mendukung suatu program ataupun event yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat.

    Sampai sekarang jenis brand sponsorship ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dalam memperkenalkan nama perusahaan secara luas kepada masyarakat.

    Jenis brand sponsorship ini juga sudah banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam suatu acara televisi yang disponsori oleh suatu

    perusahaan, atau dalam event dan pagelaran yang mana diselenggarakan di kota seperti konser musik, festival dan lainnya.

  • Event Sponsorship

    Jenis event sponsorship ini adalah suatu bentuk dari kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sebuah citra perusahaan dan membuat masyarakat luas terus mengingat nama dari brand perusahaan tersebut.

    Selain itu jenis dari event sponsorship ini juga salah satu bagian dari strategi komunikasi bisnis yang mana sangat berguna unntuk membangun dan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat pada brand perusahaan.

    Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

Apa Saja Tugas Utama Sponsorship?

Berikut beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan pada kegiatan sponsorship.

  1. Mendukung Strategi Pemasaran Bisnis

    Tugas utama yang dilakukan oleh sponsor adalah mendukung strategi marketing sebuah perusahaan.

    Dalam hal tersebut, biasanya pihak perusahaan akan membuat sebuah proposal, yang isinya rincian strategi pemasaran atau iklan yang harus dilakukan setelah kedua belah pihak tersebut sudah sepakat.

    Namun jika pihak pengiklanan tidak mampu untuk mendukung strategi pemasaran bisnis, maka pihak perusahaan memiliki hak untuk memutuskan kerjasama tersebut.

  2. Menyukseskan Kampanye Periklanan

    Tugas selanjutnya yang perlu dilakukan oleh sponsor ialah dengan menyukseskan suatu kampante iklan dari perusahaan. Bentuk kerjasama tersebut umumnya selalu mempunyai kontrak persetujuan yang mana sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

    Maka untuk itu, tugas utama sponsorship adalah menyukseskan sebuah kampanye iklan seperti yang mana sudah dijanjikan dan sudah disetujui di dalam kontrak.

    [elementor-template id="26379"]

  3. Menunjukkan Rasa Tanggung Jawab Sosial

    Tugas terakhir yang perlu untuk dilakukan oleh sponsor ialah dengan menunjukkan sebuah rasa tanggung jawab sosial kepada pihak pengiklan maupun kepada pihak perusahaan.

    Dengan penyelesaian tugas dan kewajiban yang sudah dilakukan, maka kedua belah pihak bisa membuktikan adanya niatan baik dan juga rasa tanggung jawab sosial yang tinggi demi meningkatkan rasa saling mempercayai.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang sponsorship dan hal yang berkaitan di dalamnya.

Namun yang harus digaris bawahi adalah dalam melakukan kegiatan ini diperlukan anggaran keuangan atau budget yang tepat dan akurat.

Pihak perusahaan harus memastikan bahwa kondisi keuangannya sedang sehat, karena melakukan kegiatan sponsorship ini memerlukan anggaran keuangan yang tidak sedikit.

Nah, untuk lebih mudah dalam mengatur keuangan maka Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Harmony Accounting Software yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisis, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Selain itu Anda juga dapat mengunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram