Harmony » Blog » 

SMS Blast, Masihkah Efektif? Ketahui Kelebihan dan Tips Menggunakannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 2, 2021

Bila ada yang bertanya, masihkah SMS blast efektif untuk strategi pemasaran bisnis? Jawaban sederhananya, masih. Tahukah Anda, hampir 80% generasi milenial akan memeriksa smartphone mereka terlebih dulu saat bangun tidur?

Ini artinya, SMS blast adalah rencana pemasaran yang efektif untuk mengirimkan informasi bisnis apapun. Apakah promo event tertentu, penawaran diskon, menawarkan kode voucher, dan lainnya.

SMS blast adalah sarana pemasaran yang lebih disukai pelanggan ketimbang email. Karena, membaca pesan teks lebih cepat, mudah, dan personal.Click to Tweet

Yang jelas, Anda tidak perlu mengirimkan SMS blast satu per satu ke pelanggan. Tetapi, dalam hitungan detik, Anda bisa mengirimkan pesan blast ke puluhan pelanggan secara serentak.

Apa Kelebihan SMS Blast Untuk Strategi Pemasaran Bisnis?

Dalam konsep strategi pemasaran bisnis online atau e-commerce, SMS blast adalah salah satu metode yang sudah lumrah dipakai. Kelebihan pesan blast adalah dapat mengirim pembaruan penting dalam hitungan detik. Selain itu, pelanggan juga bisa tetap terlibat, dan diarahkan ke berbagai saluran penjualan. Seperti website, media sosial, landing pages, dll.

Pengertian SMS Blast

Bahkan, SMS blast adalah sarana pemasaran yang lebih disukai pelanggan  ketimbang email. Karena, membaca pesan teks lebih cepat, mudah, dan personal. Terlepas dari kelebihan SMS blast, hampir 61% marketer belum memakai pesan blast.

Padahal, kelebihan SMS blast tidak boleh diremehkan. Dengan tarif terjangkau, pesan blast adalah saluran pemasaran yang murah bagi bisnis agar menjangkau pelanggan. Pesan blast juga efisien waktu, karena bisa mengirimkan pesan secara bersamaan ke sejumlah pelanggan sekaligus.

Nantinya, pelanggan yang menerima pesan blast dapat membalas secara personal apa kebutuhan dan keinginannya. Karena itu, pesan blast mewujudkan komunikasi bisnis dua arah. Hal ini sangat baik untuk menangkap minat dan keinginan pelanggan secara interaktif.

Tips Atau Cara Membuat SMS Blast Sendiri

Umumnya, cara membuat pesan blast sendiri tidak terlalu sulit. Yuk, baca panduan berikut untuk mengetahui cara membuat pesan blast sendiri di bawah ini!

  1. Pilih Penyedia SMS Blast

    Di Indonesia sudah banyak penyedia pesan blast untuk membantu strategi pemasaran bisnis. Di antaranya, seperti iSMSIndonesia, AyoSMS, Zenziva SMS, dan banyak lagi.

    Bahkan, tersedia juga model pesan blast melalui aplikasi pesan seperti Whatsapp blast, dll. Setiap penyedia pesan blast menghadirkan keunggulan sesuai kebutuhan. Jadi, Anda cukup menyesuaikan saja yang paling cocok dengan tujuan kampanye bisnis Anda.

    [elementor-template id="26379"]

  2. Kumpulkan Semua Kontak

    Setelah memutuskan penyedia pesan blast yang cocok, sekarang saatnya mengumpulkan semua kontak pelanggan. Pastikan Anda sudah meminta kesediaan pelanggan sesuai kesepakatan. Kumpulkan data pelanggan seperti nama, nomor telepon, dan alamat ke dalam satu database agar lebih mudah diorganisir.

    Ada dua cara untuk meminta izin atau kesediaan pelanggan. Misalnya, memakai kata singkat seperti “ketik YA” untuk setuju dikirim. Atau, bisa juga melalui halaman pendaftaran online di website pada umumnya. Cara kedua ini paling umum dipakai, karena bisa mengumpulkan data pelanggan lebih lengkap.

  3. Kirim SMS Blast

    Terakhir dalam cara membuat pesan blast sendiri adalah kirim pesan sendiri. Sebelumnya, masuk ke platform atau dashboard yang sudah disediakan penyedia SMS blast. Lalu, pilih pelanggan mana yang akan dikirimi pesan.

    Tuliskan isi pesan, lampirkan gambar (opsional), tautan/ link, maupun jadwal layanan, dll.

    Tekan tombol “Submit” atau “Kirim” di platform pesan blast untuk menyelesaikan semua proses dalam cara membuat SMS blast sendiri. Jangan lupa, tetap monitoring kampanye melalui dashboard.

Keseluruhan cara membuat SMS blast sendiri bisa berjalan optimal untuk berbagai bidang industri. Termasuk bisnis retail, bisnis kuliner, hingga bisnis lainnya. Tentunya, agar strategi pemasaran dengan pesan blast berjalan lancar, Anda perlu mengalokasikan anggaran keuangan yang efektif dan efisien.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk membantu mengelola keuangan usaha, kapan pun dan di manapun. Sekalipun, Anda sedang Work From Home, pelacakan dan pemantauan manajemen keuangan usaha, bisa dilakukan semudah sekali sentuhan jari.

Software Akuntansi Harmony berbasis teknologi Cloud, sehingga mempermudah akses sistem pembukuan dan keuangan usaha secara real time. Ayo, mulai pakai Software Akuntansi Harmony sekarang. Coba aja dulu daftar FREE Trial 30 hari, melalui tautan ini.

Jangan lupa, like dan follow juga akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini, ya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram