Harmony Blog

Mengenal Sistem Ekonomi Kapitalis dan Kelebihannya Bagi Bisnis

Diposting Jun 2nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Sistem Ekonomi KapitalisPin

Baru mendengar istilah sistem ekonomi kapitalis? Jika iya, kini akan dibahas lebih lengkap apa itu dan pengaruhnya dalam bisnis. Nah, saat membahas sistem ekonomi kapitalis tidak bisa dilepaskan dari sosok Adam Smith. Siapa dia?

Ekonom ternama dunia ini, telah membangun fundamental sistem ekonomi kapitalis di abad ke-18. Bahkan, ia juga dikenal sebagai Bapak Sistem Ekonomi Kapitalis.

Sistem ekonomi kapitalis adalah serangkaian proses yang menghadirkan hak bebas bagi pelaku ekonomi untuk menjalankan usaha atau kepentingan pribadinya terhadap sumber daya atau alat produksi.Click to Tweet

Baginya, kapitalis adalah suatu bentuk rencana strategis aktivitas ekonomi yang dijalankan dengan bebas. Menurutnya, sistem ekonomi kapitalis sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lebih adil, ketimbang berada di bawah naungan pemerintah atau negara.

Dengan kata lain, kapitalis adalah bebas atau bisa dijalankan siapa pun tanpa adanya keterlibatan negara atau pemerintah. Memang cukup kontroversi, namun di masanya, kapitalis adalah salah satu dasar ekonomi dunia yang cukup populer hingga kini.

Apa Itu Sistem Ekonomi Kapitalis?

Dari banyak sistem ekonomi, kapitalis adalah suatu bentuk kegiatan visioner yang membuat terobosan bagi pembangunan masyarakat modern secara fundamental.

Sekarang, bisa dibilang, kapitalis adalah tak cuma sekedar kegiatan ekonomi. Melainkan, suatu peradaban masyarakat yang berangkat dari satu pemahaman atau ide dasar dan berkembang menjadi pola hidup baru.

Apa itu sistem ekonomi kapitalisPin

Dikatakan oleh Milton H. Spencer, seorang pakar ekonomi dan keuangan, bahwa ekonomi kapitalis adalah membentuk serangkaian sistem ekonomi, dengan karakteristik utama adanya hak perseorangan/ individu terhadap alat produksi dan distribusi untuk memperoleh laba bisnis. Termasuk dalam menerapkan strategi pemasaran produk konsumsi, maupun strategi pemasaran positioning brand.

Sementara, kalau sistem ekonomi kapitalis adalah sebuah rangkaian proses kegiatan yang menghadirkan hak bebas bagi pelaku ekonomi untuk menjalankan usaha atau kepentingan pribadinya terhadap sumber daya atau alat produksi.

Jadi, sangat jelas disebutkan bahwa sistem ekonomi kapitalis adalah memberikan kebebasan kepada pelaku ekonomi untuk menjalankan usahanya tanpa campur tangan pemerintah.

Di satu sisi, hal ini mungkin sangat bermanfaat untuk mendongkrak roda ekonomi masyarakat. Akan tetapi, di satu sisi, tanpa pengawasan dan pengatur ekonomi, bisa jadi malah terjadi kekacauan sampai menimbulkan masalah ekonomi di dalam masyarakat.

Sebab, sistem ekonomi kapital adalah memberikan setiap orang hak memakai sumber daya ekonomi dengan bebas. Karena, setiap orang juga berhak memenuhi keperluan atau kebutuhan hidupnya.

Bisa dibayangkan, persaingan industri dan bisnis dalam sistem ekonomi kapital adalah sangat ketat. Karena, setiap badan usaha dan individu bebas memperoleh imbalan dan keuntungan atas kinerjanya. Intervensi atau keterlibatan pemerintah dalam sistem ekonomi kapital adalah sangat kecil.

Baca Juga: Sistem Ekonomi Liberal: Apa Saja Ciri, Tujuan dan Dampaknya Bagi Bisnis

Ciri Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis

Pada dasarnya, ciri ciri sistem ekonomi kapitalis adalah kebebasan setiap individu pelaku ekonomi untuk mengatur dan menjalankan produk konsumsi dan distribusinya.

Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa ciri ciri sistem ekonomi kapitalis yang paling umum dijumpai, berikut:

  • Masing-masing individu bebas menguasai sumber daya dan alat produksi.
  • Pemerintah tidak ikut intervensi atau terlibat dalam aktivitas ekonomi masyarakat.
  • Adanya kompetisi sengit antara pelaku ekonomi kapitalis.
  • Persaingan usaha dan bisnis berjalan dengan bebas.
  • Sangat memprioritaskan kondisi pasar.
  • Kualitas barang dan produk sangat tinggi.
  • Pasar bebas mampu menentukan dan membentuk harga.
  • Aktivitas produksi berfungsi untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan Sistem Ekonomi Kapitalis

Meskipun sangat rentan dengan persaingan tak sehat, namun kelebihan sistem ekonomi kapitalis juga cukup banyak. Di antara kelebihan sistem ekonomi kapitalis adalah masyarakat bisa mengatur dan menjalankan usaha dengan bebas, tanpa khawatir intervensi pemerintah.

Sehingga, akan lebih banyak peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Anda bisa memakai komunikasi non verbal dan komunikasi verbal untuk memaksimalkan strategi pemasaran.

Tak cukup itu, menurut banyak pakar ekonomi, kelebihan sistem ekonomi kapitalis adalah memperoleh profit yang baik. Dengan tujuan agar pelaku ekonomi semakin bersemangat menjalankan usaha yang ditekuni dan sepadan dengan kerja kerasnya.

Itulah pembahasan mengenai pengertian, ciri ciri, dan kelebihan sistem ekonomi kapitalis. Apakah menurut Anda sistem ekonomi kapitalis sudah cocok diterapkan di perusahaan Anda?

Jangan khawatir, jika Anda masih bingung bahkan tak punya waktu untuk memikirkannya. Karena masih selalu repot dengan urusan pembukuan setiap harinya.

Kalau begitu, lengkapi dulu sistem pembukuan dan laporan keuangan bisnis Anda dengan sistem yang handal dan terpercaya dari Software Akuntansi Harmony.

Persaingan bisnis bukan hambatan, karena tim finance Anda sudah didukung Software Akuntansi Harmony sebagai solusi pembukuan modern dan sistematis. Membuat 20 lebih jenis laporan keuangan semakin cepat, praktis dan mudah, instan hanya dalam beberapa langkah.

Apalagi, Software Akuntansi Harmony memudahkan segala urusan akunting berbasis Cloud. Sehingga, Anda bisa bebas mengakses kapan saja dan di mana saja.

Untuk membuktikan keunggulan Software Akuntansi Harmony, silakan coba GRATIS 30 hari melalui tautan ini. Kami juga hadir di media sosial untuk memberikan info terupdate aktivitas dan tips finance menarik lainnya, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony