Harmony » Blog » 

Seperti Apa Peran UMKM Untuk Ekonomi Negara?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 19, 2021

Tak bisa dipungkiri, peran UMKM dan setiap sektor usaha telah berpartisipasi dalam mendukung perekonomian negara. Bukan hanya UMKM, peranan koperasi dan peran bumn terhadap perekonomian sangat besar.

Usaha kecil dan lembaga yang didirikan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga turut menggerakkan roda perekonomian.

Semakin banyak jumlah UMKM di indonesia, akan semakin besar jumlah tenaga kerja yang bisa diserap.Click to Tweet

Peran UMKM sebagai penopang ekonomi sempat terganggu krisis sistem ekonomi ketika pandemi COVID-19 melanda. Namun, secara perlahan namun pasti, fungsi UMKM dan ekonomi kreatif di tanah air mulai bangkit. Hal ini selaras dengan mulai bertambahnya jumlah UMKM di Indonesia dari tahun ke tahun.

Akan tetapi, bagaimana peran UMKM untuk sistem ekonomi negara? Apakah saat ini fungsi UMKM sudah berjalan sebagaimana mestinya? Baca terus untuk mendapatkan jawabannya, yuk.

  1. Peran UMKM Untuk Meningkatkan Devisa Negara

    Tidak sedikit jumlah UMKM di Indonesia yang menembus pasar Internasional. Dengan begitu, peran UMKM sudah jelas dalam menambah tingkat devisa negara.

    Bahkan, bisa dikatakan kalau UMKM adalah salah satu penyumbang devisa negara terbesar dengan kegiatan ekspor dan impor produk ke berbagai negara.

    Contoh penyumbang devisa negara dari UMKM adalah kerajinan tangan, pakaian, kuliner/ oleh-oleh, sepatu, dan sebagainya.

    Hingga sekarang, tercatat jumlah UMKM di Indonesia sudah mencetak persentase 99% dari keseluruhan total unit usaha Indonesia. Tidak heran jika peran UMKM sangat besar dalam pertambahan devisa negara.

    Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

  2. Peran UMKM Untuk Pemerataan Ekonomi

    Letak geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau terpisah laut, menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam rangka pemerataan ekonomi. Namun, di sinilah peran UMKM yang dapat mewujudkan pemerataan ekonomi negara.

    Fungsi Peran UMKM

    Dalam hal ini, fungsi UMKM adalah menjadi penyalur atau penyedia barang dan jasa tertentu yang dibutuhkan masyarakat setempat. Sehingga, untuk mendapatkan suatu barang, masyarakat pelosok tidak perlu mengunjungi kota besar tertentu.

    Apalagi, saat ini sudah ada teknologi internet yang mendukung jangkauan pemasaran luas. UMKM dapat memakai marketplace atau sistem penjualan secara online sehingga produknya bisa dijangkau seluruh masyarakat.

    [elementor-template id="26379"]

  3. Peran UMKM Untuk Penyerapan Tenaga Kerja

    Fungsi UMKM lainnya yang layak didukung adalah penyerapan tenaga kerja. Semakin banyak jumlah UMKM di indonesia, akan semakin besar jumlah tenaga kerja yang bisa diserap.

    Hal ini akan mampu menyukseskan program pengurangan kemiskinan dan mengurangi jumlah pengangguran di tanah air.

    Menurut statistik Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia terus menunjukkan grafis naik. Pada 2018, misalnya. Dari sektor UMKM dapat menyerap hingga 120 juta tenaga kerja. Hal ini merupakan kabar yang menggembirakan sebab semakin terbuka luas lapangan kerja di tanah air.

Membahas tentang peran UMKM terhadap ekonomi negara, maknanya pelaku bisnis juga harus lebih memperhatikan sistem pembukuannya karena pembukuan tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap negara saja tetapi juga terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Maka dari itu sesuai dengan pembahasan di atas bahwa peran UMKM juga akan membutuhkan adanya pendapatan yang berpengaruh bagi suatu ekonomi negara. Nah, pendapatan ini Anda juga harus memperhitungkan apakah ada kerugian bisnis atau tidak.

Untuk itu jika Anda ingin memiliki pencatatan yang secara real time dan tidak perlu mengulang kembali perhitungan omzet bisnis Anda dari segala jenis transaksi secara sistematis. Maka cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Dengan memanfaatkan teknologi akuntansi berbasis Cloud dari Software Akuntansi Harmony Anda bisa menikmati segala fitur yang membantu pembukuan bisnis Anda dengan mudah. Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram