Harmony Blog

Memahami Safety Stock (Stok Pengaman) untuk Bisnis Dagang Anda

Diupdate Apr 7th, 2021
307

SHARES

PEMBACA

Safety StockPin

Bagi sebuah perusahaan dagang, sistem manajemen supply chain dibutuhkan untuk mendukung kegiatan operasional. Melalui manajemen safety stock yang baik, supply chain dapat terus beroperasi sehingga meminimalisir penundaan pengiriman barang. Nah, kini akan dijelaskan secara detail apa itu stok pengaman dan mengapa penting bagi bisnis Anda.

Safety stock adalah metode untuk meminimalisir kekurangan persediaan barang dagang.Click to Tweet

Definisi Safety Stock (Stok Pengaman)

Menurut Assauri (2008) stok pengaman atau safety stock adalah persediaan yang disiapkan perusahaan untuk mencegah kekurangan persediaan saat kondisi permintaan pasar tidak pasti. Faktor yang mempengaruhi persediaan ini membutuhkan jangka waktu tertentu sebelum barang yang dipesan datang.

Sedangkan menurut Chase, Jacobs dan Aquilano (2006) safety stock adalah sejumlah persediaan produk yang dijumlahkan dari permintaan awal kepada perkiraan total permintaan di masa datang.

Jadi dapat disimpulkan, safety stock adalah metode untuk meminimalisir kekurangan persediaan barang dagang. Dalam sistem akuntansi perusahaan dagang, sistem safety stock digunakan untuk menghitung kuantitas barang.

Oleh karena itu dibutuhkan perhitungan khusus agar persediaan produk dapat memenuhi permintaan.

Pentingnya Safety Stock

Stok pengaman ini digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain meraup keuntungan, mengantisipasi fluktuasi permintaan, dan memudahkan jadwal produksi. Hukum persediaan dan permintaan dipengaruhi oleh kondisi pasar, apabila kondisi pasar selalu dinamis maka perusahaan menerapkan sistem stok pengaman ini untuk mengantisipasi perubahan permintaan dan mengambil keuntungan lebih.

Pentingnya safety stockPin

Stok pengaman ini dibutuhkan untuk menentukan tingkat inventory yang tepat. Apabila inventory terlalu besar, perputaran uang akan berhenti dalam modal dagang. Sebaliknya apabila terlalu sedikit inventory, maka perusahaan akan mengalami stock out.

Faktor-faktor yang menyebabkan stock out antara lain fluktuasi demand, forecast tidak akurat, dan lead time yang beragam. Oleh karena itu, stok pengaman ditentukan untuk membantu meminimalisir stock out, dengan perbandingan jumlah service level berbanding lurus dengan stock out.

Contohnya perusahaan menaksir service level 98% yang berarti 2% purchase order dari stock out dan hanya 98% yang dapat diproses. Angka ini didapatkan dari perhitungan rumus stok pengaman.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Menghitungnya?

Untuk menentukan service level, digunakan rumus SS yang dilihat berdasarkan data actual demand. Selanjutnya dihitung standar deviasinya dan dikalikan safety factor. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus safety stock berikut.

Safety Stock = safety factor × standar deviasi

atau, Safety Stock = Z×√((PC/T)×σD)

Keterangan:

Z = safety factor

PC = performance cycle (siklus forecast dan siklus order)

σD = standar deviasi

T = siklus periode demand

Langkah-langkah menghitung stok pengaman ini dibagi dalam beberapa tahap. Pertama hitunglah penjualan maksimal dan penjualan rata-rata harian. Lalu hitunglah waktu tunggu maksimal dan waktu tunggu rata-rata harian. Setelah itu masukkan dalam rumus safety stock di bawah ini.

Safety Stock = (Penjualan maksimal harian × Waktu tunggu maksimal) – (Penjualan rata-rata harian × Waktu tunggu rata-rata)

Perhitungan rumus ini diangkat dari reorder point, dan hanya digunakan ketika perubahan pasar terjadi dalam jangka waktu yang lama (≥ 2 tahun). Perhitungan reorder point ini dapat diperbaiki berbarengan dengan menyusun laporan laba rugi tiap 3 bulan sekali.

Misalkan permasalahan sebuah toko baju menggunakan perhitungan reorder point. Rata-rata penjualan baju per hari adalah 15 buah, pada hari tertentu penjualan meningkat menjadi 30 buah. Lead time (waktu rata-rata) umumnya 39 hari, bila ada kendala menjadi 45 hari. Maka perhitungannya : (45×30) – (39×15) = 1350-585 = 765 baju.

Artinya perusahaan harus menyiapkan 765 baju untuk mengantisipasi permasalahan selama penyediaan barang. Sehingga konsumen tetap mendapatkan baju yang mereka inginkan.

Mungkin rumus di atas terlihat rumit, namun jangan khawatir. Anda dapat memanfaatkan software akuntansi Harmony untuk membuat laporan keuangan yang praktis, mudah, dan modern.

Hadirnya software akuntansi Harmony, tugas tim finance untuk mengelola pembukuan dan pencatatan transaksi keuangan semakin praktis dan otomatis. Sebab, software akuntansi Harmony mudah diintegrasikan dan disesuaikan kebutuhan perusahaan. Tersedia 400+ fitur akuntansi yang kami berikan untuk membantu pembukuan, serta 20+ laporan keuangan realtime bisa disajikan untuk Anda analisis. Masih ragu? Silakan coba GRATIS 30 hari software akuntansi Harmony dengan daftar di sini.

Software Akuntansi Harmony juga menghadirkan info dan penawaran menarik lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn. Follow dan like sekarang juga untuk akun medsos Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK