Rasio margin kontribusi adalah selisih antara total penjualan bersih dan total biaya variabel. Salah satu jenis perusahaan yang menggunakan rasio margin kontribusi (contribution margin) adalah perusahaan manufaktur. Tapi Anda perlu tahu bahwa basicnya, perusahaan sangat jarang mempublikasikan margin kontribusinya.
Dua komponen utama dalam margin kontribusi adalah net sales dan variable cost
Jadi bisa dibilang bahwa rasio margin kontribusi hanya digunakan sebagai perhitungan managerial saja untuk meningkatkan prosedur dan kinerja internal dalam produksi barang.
Melalui margin kontribusi ini, perusahaan akan mengukur seefisien apakah mereka dalam menghasilkan produk. Tak hanya itu, penggunaan rasio margin kontribusi ini juga digunakan untuk melihat bagaimana perusahaan bisa tetap mempertahankan biaya variabel di level yang rendah.
Baca juga: Definisi Gross Profit Margin Serta Analisa Perhitungannya
Table of Contents
Contribution Margin atau biasa disebut CM ini bisa dinyatakan dalam bentuk unit ataupun bruto. Dua komponen utama dalam perhitungan CM adalah penjualan bersih (net sales) dan biaya variabel (variable cost).
Perhitungan MC dalam Bentuk Bruto
MC = Total Penjualan Bersih – Total Biaya Variabel
Nilai penjualan bersih ini bisa dihitung dari total penjualan dikurangi retur dan tunjangan. Anda bisa menemukannya di laporan laba rugi perusahaan. Sedangkan biaya variabel merupakan biaya yang nilainya berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada operasi atau produksi perusahaan. Contohnya, adalah bahan baku yang terus meningkat jika jumlah unit produksi juga meningkat. Biaya pengiriman, komisi penjualan hingga biaya tenaga kerja juga masuk dalam variable cost.
Rumus MC untuk nilai per unit adalah sebagai berikut
MC per Unit = Harga Jual per Unit – Biaya Variabel per Unit , atau
MC Per Unit = (Total Penjualan – Total Biaya Variabel) / Total Unit
Kedua rumus di atas bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mana yang lebih mudah untuk diterapkan. Konsep contribution margin ini sendiri pada dasarnya bisa diaplikasikan pada banyak tingkatan manufaktur, segmen bisnis dan produk. MC juga bisa dihitung untuk skala keseluruhan perusaaan, subsidiary tertentu, divisi bisnis tertentu, lini produk hingga distribusi saluran penjualan.
Lalu bagaimana dengan perhitungan rasio margin kontribusi? Anda bisa menghitungnya dengan rumus berikut:
Rasio Margin Kontribusi = (Total Penjualan – Total Biaya Variabel) / Total Penjualan
Nah, Anda perlu tahu bahwa perhitungan rasio margin kontribusi ini ada tujuannya. Salah satunya adalah untuk mengetahui BEP (Break Event Point). BEP merupakan titik di mana perusahaan menanggung biaya tetap secara kseluruhan tanpa mendapat laba/rugi.
Rumus BEP sendiri bisa dilihat di bawah ini:
BEP = Total Biaya Tetap : Rasio Margin Kontribusi
Selain itu, Anda juga bisa menghitung BEP dalam unit. Tapi dalam perhitungan per unit ini, Anda harus menghitung rata-rata margin kontribusi terlebih dahulu.
Step 1:
Margin Kontribusi per Unit = (Total Penjualan – Total Biaya Variabel) / Jumlah unit yang dijual
Step 2:
Titik Impas Per Unit = Total Biaya Tetap / Margin Kontribusi per Unit
Menghitung BEP dan Rasio Margin Kotribusi ini akan membantu perusahan mendapat info lebih detail mengenai harga produk yang diproduksi dan dijual. Selain itu perusahaan juga tahu nilai keuntungan yang didapat. Bahkan BEP dan Rasio Margin Kontribusi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat target penjualan dan penyesuaian harga jika diperlukan. Jadi, secara tidak langsung analisa pada kedua hal ini akan menunjukkan efisiensi operasional perusahaan.
Lalu bagaimana dengan investor dan analis? Kedua pihak ini bisa dengan mudah menghitung dan menggunakan contribution margin untuk melihat dan mengevaluasi efisiensi perusahaan untuk bisa profit. Contohnya, investor bisa melihat apakah produk-produk yang dijual perusahaan bisa membawa keuntungan yang signifikan atas dana yang digelontorkan sebagai investasi.
Kemudian, analis juga bisa menghitung margin per unit yang sudah terjual untuk memperkirakan berapa besar profit yang mungkin diperoleh perusahaan di periode selanjutnya.
[elementor-template id="26379"]
Selain BEP dan rasio margin kontribusi ini, perusahaan juga perlu memahami dan melakukan analisa rasio keuangan. Melalui analisa ini, perusahaan bisa menilai kinerja berdasarkan data-data yang tersaji dalam laporan keuangan.
Ada 4 jenis rasio keuangan yang perlu Anda ketahui yaitu:
• Rasio Aktivitas contohnya Rasio Perputaran Piutang, Perputara Aktiva dll.
• Rasio Profitabilitas contohnya Margin Laba Bersih, Rasio Pengembalian Aset hingga Penghasilan Per Saham.
• Rasio Solvabilitas contohnya Rasio Utang Terhadap Aset.
• Rasio Likuiditas contohnya Rasio Lancar, Rasio Kas hingga Rasio Perputaran Kas.
Setiap rasio keuangan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda namun sama-sama penting untuk digunakan. Fungsi yang paling utama adalah memberikan informasi kepada pemilik bisnis bahwa perusahaan atau bisnis dalam keadaan tertentu entah itu sedang mengalami kemajuan ataupun penurunan.
Dengan begitu Anda dapat lebih mudah untuk memajukan usaha Anda di masa datang. Semua informasi tersebut adalah sebuah data realistis yang terjadi seperti penjualan, pengeluaran biaya dan lainnya. Tentu Anda perlu juga memastikan apakah data tersebut valid dan benar.
Laporan keuangan tersebut harus mencerminkan keadaan yang sesungguhnya dan itu hanya bisa terlaksana apabila proses input data transaksi dilakukan dengan benar. Maka untuk menghindari human error, Anda perlu sebuah alat atau software akuntansi seperti Harmony.
Transaksi penjualan dan pengeluaran akan tercatat dengan mudah, rekonsiliasi bank pun otomatis dan laporan keuangan bisa didapatkan realtime tanpa menunggu lama. Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan dengan cepat setiap bulannya. Tunggu apalagi? Bergabunglah dengan mereka yang sudah merasakan kemudahannya. Dapatkan promo Gratis 30 Hari di sini dan Harmony akan membantu pembukuan Anda.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk dan belum sempat untuk melakukan pembukuan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pembukuan yang membantu pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional di bidang akuntansi.
Untuk mendapatkan referensi bacaan seputar bisnis, keuangan, akuntansi, pajak dan marketing Anda bisa kunjungi halaman sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan Linked in.