Harmony Blog

Definisi Gross Profit Margin serta Analisa Perhitungannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

definisi gross profit marginPin

Bagi perusahaan, definisi gross profit margin dan net profit margin sudah menjadi dua hal biasa dalam membuat laporan keuangan. Perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut memiliki kesiapan dalam analisis rasio keuangan. Di dalam laporan tersebut akan ditinjau laba rugi yang diperoleh, baik net profit margin (marjin laba bersih) maupun gross profit margin (marjin laba kotor).

Di dalam laporan keuangan juga akan diperoleh informasi gross profit margin untuk menganalisa rasio keuangan perusahaan.

Analisa dari gross profit margin tersebut nantinya bisa dijadikan standar dalam mengetahui nilai return on investment (ROI), dan Return on Equity (ROE) perusahaan serta dapat membandingkan debt to equity ratio.

Pengertian Gross Profit Margin

Pengertian atau definisi gross profit margin menurut para ahli seperti Fahmi dan Kasmir menyebutkan bahwa definisi gross profit margin merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur besarnya persentase laba kotor atas penjualan bersih. Rasio ini dihitung dengan membagi laba kotor terhadap penjualan bersih. Laba kotor sendiri dihitung sebagai hasil pengurangan antara penjualan bersih dengan harga pokok penjualan.

Cara Menghitung Gross Profit Margin

Setelah mengetahui pengertian dari margin laba kotor, selanjutnya perlu bagi Anda untuk tahu cara menghitungnya. Secara sederhana, cara menghitung gross profit margin adalah dengan membandingkan laba kotor dan Pendapatan Penjualan. Adapun secara sederhana, rumus gross profit margin adalah:

Gross Profit Margin = Gross Profit (laba kotor) : Penjualan Bersih

Laba kotor diperoleh dari selisih antara pendapatan penjualan dengan Harga Pokok Penjualan (gross profit = Pendapatan Penjualan –  Harga Pokok Penjualan).

Pendapatan penjualan (Sales Revenue) merupakan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa kepada pelanggannya.

Contoh Perhitungan Gross Profit Margin.

Berikut ini, akan diberikan contoh perhitungan yang sederhana untuk mengetahui Gross profit margin. Misalnya, PT. Indah Cantik Menawan Hati merupakan perusahaan yang memproduksi pakaian. Total Penjualan pakaian pada tahun 2019 adalah sebesar Rp 400.000.000,00 sedangkan Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah sebesar Rp. 150.000.000,00.

Dari permasalahan di atas untuk mengetahui gross profit margin PT. Indah Cantik Menawan Hati, yaitu:

  • Menghitung laba kotor (gross profit)

Laba kotor (Gross profit)   = Pendapatan penjualan – Harga Pokok Penjualan

= Rp 400.000.000,00 – Rp 150.000.000,00

= Rp 250.000.000,00

  • Menghitung Gross Profit Margin

Gross Profit Margin    = Gross : Pendapatan Penjualan

= Rp 250.000.000,00 : Rp 400.000.000,00

= 0,625

Jadi, dapat diketahui bahwa gross profit margin yang diperoleh PT. Indah Cantik Menawan Hati pada tahun 2019 adalah sebesar 0,625 atau dalam bentuk persen dapat dituliskan 62,5%.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Analisa Gross Profit Margin

Setelah diketahui nilai gross profit margin, maka selanjutnya perlu dilakukan analisa yang penting untuk pengambilan keputusan perusahaan. Analisis gross profit margin adalah tindakan untuk mengetahui efisiensi perusahaan dalam menjalankan produksi pada satu periode.

Perusahaan yang memiliki gross profit margin yang tinggi (lebih dari 0,75 atau 75%) menunjukan bahwa perusahaan tersebut mampu untuk menjalankan produksinya secara efisien karena Harga Pokok Penjualan relatif lebih rendah.

Semakin tinggi marjin laba kotornya, maka semakin baik keadaan operasi perusahaannya. Sebaliknya, gross profit margin yang rendah mengindikasikan bahwa perusahaan kurang mampu mengendalikan biaya produksi dan harga pokok penjualannya, sehingga semakin keadaan operasi perusahaan akan semakin menurun.

Demikianlah penjelasan mengenai definisi gross profit margin dan analisisnya dalam rasio keuangan. Perlu Anda ketahui bahwa rasio keuangan banyak jenisnya dan sangat penting bagi laporan keuangan Anda nantinya.

Untuk itu, supaya rasio keuangan yang Anda hitung benar dan efektif, gunakan Software Akuntansi Harmony. Klik di sini sekarang untuk mendapatkan layanan coba gratis 1 bulan. Buktikan yuk!

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony