Harmony Blog

QRIS Adalah Sistem Pembayaran Masa Kini, Cari Tahu Keuntungannya

Diposting Jul 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

QRIS AdalahPin

Sudahkah Anda mengetahui kepanjangan QRIS? QRIS adalah Quick Response Code Indonesia Standard. Di mana fitur QRIS adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menerapkan standarisasi bagi seluruh perusahaan teknologi.

QRIS adalah sistem pembayaran yang dihadirkan secara baik untuk mempermudah pembayaran digital.Click to Tweet

Mengapa demikian? Karena tujuannya sistem pembayaran digital atau QRIS adalah supaya seluruh masyarakat dapat dimudahkan untuk pembayaran yang aman, serta cepat melalui perusahaan teknologi seperti Dana, OVO, Gopay, dan sebagainya.

Selain banyaknya pilihan QRIS code dari berbagai perusahaan digital, ternyata ciri-ciri QRIS adalah sebuah kombinasi unik dari berbagai jenis QR code. Di mana cara menggunakannya harus dilakukan pemindaian dari suatu tempat yang sama.

Apa Yang Dimaksud QRIS?

Berdasarkan aturan yang disebutkan pada PADG No.21/18/2019 tentang implementasi Standar Internasional QRIS, sebagai sistem pembayaran. Selain itu menurut ketentuan resmi Bank Indonesia, bahwa QRIS adalah sebuah kombinasi dari beberapa jenis QR code dalam menerapkan jasa sistem pembayaran (PJSP).

Apa yang dimaksud qris adalahPin

Sehingga setiap penyedia PJSP berbasis QR code dari pihak lokal maupun asing harus menggunakan standar QRIS. Di mana hal ini membantu aktivitas jual beli secara cepat, mudah, dan aman.

Sesuai dengan namanya QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Sehingga berdasarkan transaksi digital QR code ini dapat memberikan jenis barcode dua dimensi yang berisi informasi barcode serta dapat dibaca.

Dimana sebagai kesimpulannya bahwa membuat QRIS code terdapat dua jenis QR yaitu static QR code yang bersifat tetap, dan dynamic QR code secara real time. Agar nantinya nominal transaksi tersebut dapat di input oleh konsumen.

Apa Saja Karakteristik QRIS?

Sesuai dengan slogannya bahwa QRIS memiliki karakteristik UNGGUL yang berarti adalah:

  • Universal – Merupakan QRIS yang hanya membutuhkan kode QR untuk menerima semua pembayaran, sehingga tidak diperlukan beberapa jenis aplikasi pembayaran yang sulit.
  • Gampang – Sangat mudah menggunakan QRIS untuk melakukan transaksi, cukup pindai sekali dengan aplikasi smartphone.
  • Untung – Setiap pedagang dan konsumen hanya membutuhkan satu jenis kode QR, dan tidak perlu beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda.
  • Langsung – Pada saat itu juga, kode QR dapat digunakan secara langsung untuk payment digital secara real time.

Keuntungan QRIS Adalah

Apa saja keuntungannya? QRIS adalah sistem atau fitur yang memberikan banyak manfaat kepada pebisnis atau pedagang, serta pelanggan yang ingin melakukan transaksi. Inilah dua keuntungannya yaitu:

Keuntungan qris adalahPin

Keuntungan QRIS Bagi Merchant (Pedagang)

  • Bertransaksi Jadi Lebih Mudah

    Jika Anda sebagai merchant atau pedagang yang memutuskan untuk memakai QRIS, maka Anda hanya memerlukan kode QR saja. Maka dari itu, keuntungan ini akan membuat aktivitas transaksi Anda menjadi lebih cepat dan mudah.

  • Cara Daftar Yang Mudah Bagi Pedagang (Merchant)

    Keuntungan lainnya yaitu Anda tidak perlu mendaftar satu per satu di bank atau e-wallet yang berbeda. Anda hanya perlu mendaftar di QRIS, maka toko atau bisnis Anda dapat dengan mudah menerima pembayaran dari mana saja.

  • Mencegah Terjadinya Penipuan

    Keuntungan sistem pembayaran QR yaitu biasanya penipuan sering menggunakan mata uang palsu, namun jika Anda menggunakan kode QR maka Anda akan langsung terlindungi. Bahkan Anda tidak akan menjadi korban yang menerima uang palsu, karena pembayaran dilakukan dalam bentuk non tunai.

    Baca Juga: Risiko Keuangan : Pengertian Dan Cara Mengelolanya

  • Dapat Dipantau Secara Praktis Serta Analisis

    Biasanya keuntungan QR adalah ketika seluruh history transaksi Anda akan lebih mudah dipantau secara real time, dan semua pengelolaan keuangan akan lebih mudah.

  • Lebih Banyak Metode (Alternatif) Pembayaran

    Untuk memanfaatkan QRIS, setiap konsumen dapat dengan bebas memilih payment digital dari e-wallet mereka sendiri tanpa khawatir apakah kode QR tersedia atau tidak. Oleh karena itu, hal ini akan meningkatkan pembelian dan pembayaran non tunai.

Keuntungan QRIS Bagi Konsumen

  • Beberapa Pilihan Metode Pembayaran

    Keuntungan yang pertama bagi konsumen dalam memakai QRIS adalah ketika Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai metode pembayaran mana yang lebih baik dari yang lain.

    Sehingga apabila merchant sudah menerapkan QRIS, maka semua aplikasi pembayaran yang Anda miliki dapat digunakan untuk melakukan transaksi karena kode QR yang disematkan di dalamnya sudah terstandarisasi.

  • Bertransaksi Jadi Lebih Cepat

    Semua pembayaran digital yang memakai QRIS bertujuan agar lebih cepat dari pada pembayaran tunai atau uang kartal. Sehingga keuntungannya Anda tidak perlu lagi menunggu kasir, untuk menemukan uang receh atau masalah lainnya. Di sisi lain, metode pembayaran digital ini pun menjadi lebih higienis.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Batasan & Biaya Transaksi QRIS

Biasanya pada limit nominal atau batasan pembayaran dengan menggunakan QRIS hanya Rp2 juta. Tetapi, ada juga batas kumulatif harian atau bulanan yang dikenakan oleh pengguna sesuai peraturan yang ditetapkan oleh PJSP.

Batas kumulatif ini juga mengatur sesuai dengan manajemen risiko keuangan dari setiap masing-masing pengguna.

Sedangkan pada metode biaya transaksi QRIS terdapat istilah merchant discount rate (MDR). Dimana tingkat diskonto merchant QRIS yaitu sebesar 0,7%, dimana nantinya akan ditanggung oleh pihak merchant atau mitra.

Selain itu dibandingkan dengan biaya konversi 1% yang termasuk dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), angka ini tentu saja lebih kecil dan memiliki manfaat yang lebih besar.

Bagaimana Cara Pembayaran Melalui QRIS?

Hal yang harus dilakukan untuk pembayaran yaitu pertama Anda harus mengetahui sumber uang dalam sistem pembayaran dengan metode QRIS yang dipakai.

Selain itu sama dengan payment digital lainnya sumber dana yang dipakai ini melalui kartu debit atau kredit serta uang elektronik tersebut sudah disetujui oleh Bank Indonesia. Sehingga jika Anda memiliki saldo di dalamnya maka Anda bisa berkegiatan transaksi pembelian.

Nah biasanya pembayaran melalui QRIS ini bisa dilakukan dengan cara merchant presented mode maupun customer presented mode. Dimana metode merchant presented mode ini dibuat oleh pihak merchant dari tempat transaksi.

Sedangkan customer presented mode adalah pihak konsumen atau pembeli yang dapat menunjukkan QR code melalui scan layar smartphone mereka pada merchant. Nah keduanya memberikan waktu yang efisien serta singkat.

Demikianlah pembahasan tentang QRIS, serta keuntungan dan tujuannya. QRIS merupakan standar yang dibuat oleh Bank Indonesia dengan harapan pebisnis dan pembeli memiliki keuntungan dan kemudahan dari setiap masing-masingnya.

Penggunaan teknologi di bisnis tidak hanya sampai di pembayaran digital saja, namun pembukuan pun perlu menggunakan teknologi terkini.

Mengapa? Karena nantinya akan memudahkan Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan software pembukuan Harmony.

Nyatanya Anda sebagai pengusaha bisa mempersiapkan dan menyajikan laporan keuangan bulanan atau tahunan secara benar untuk kepentingan perusahaan tanpa perlu repot.

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan seperti pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, pengiriman tagihan melalui link, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony