Harmony » Blog » 

Ketahui Perusahaan Multinasional Lebih Lengkap dan Contohnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 23, 2021

Tahukah Anda apa saja contoh perusahaan multinasional? Dan bagaimana sistem bisnisnya apakah sama dengan perusahaan lainnya?

Kini sektor industri semakin maju dengan eksistensi berbagai jenis perusahaan. Dikarenakan terus mengikuti perkembangan revolusi industri. Salah satu yang paling diunggulkan adalah perusahaan multinasional.

Perusahaan multinasional mengembangkan sayap bisnis dengan mendirikan anak perusahaan di negara-negara target pemasaran.Click to Tweet

Sesuai namanya, perusahaan multinasional adalah perusahaan yang berskala besar hingga mencakup jangkauan pasar ke tingkat seluruh dunia.

Biasanya, indikator perusahaan multinasional adalah bisnis yang memiliki kantor atau cabang perusahaan di sejumlah negara secara global. Namun, untuk penjelasan lebih detail tentang pengertian perusahaan multinasional. Yuk, simak di bawah ini.

Apa Itu Perusahaan Multinasional?

Singkatnya, dalam ilmu manajemen, perusahaan multinasional adalah perusahaan yang mengelola manajemen bisnisnya di satu negara dan seiring waktu memiliki cabang-cabang perusahaan tersebar ke seluruh benua.

Apa Itu Perusahaan Multinasional-min

Hebatnya, kini banyak perusahaan multinasional yang ternyata dirintis oleh pebisnis muda milenial berusia 30-40 tahun.

Pada awalnya, perusahaan multinasional mungkin hanya perusahaan biasa yang dirintis. Akan tetapi, karena sambutan masyarakat sangat bagus, maka semakin sukses. Dan akhirnya membangun kantor cabang perusahaan di negara-negara yang dirasa prospektif. Tak jarang, perusahaan multinasional memiliki manajemen operasi yang baik, dengan inovasi dan ide-ide cemerlang dibandingkan kompetitor.

Ciri Perusahaan Multinasional

Tentu Anda juga perlu tahu ciri dari perusahaan multinasional. Simak lengkapnya di bawah ini.

  1. Terdapat Anak Perusahaan Di Luar Negeri

    Ciri perusahaan multinasional yang pertama adalah perusahaan multinasional mengembangkan sayap bisnis dengan mendirikan anak perusahaan di negara-negara target pemasaran. Anak perusahaan ini menjadi perwakilan bisnis untuk memudahkan produksi dan regulasi mendirikan usaha di suatu negara.

  2. Memiliki Teknologi Mutakhir

    Disebut sebagai perusahaan multinasional, tentu saja dari segi teknologi sudah sangat canggih dan modern. Teknologi mutakhir adalah ciri perusahaan multinasional yang dapat mempermudah kinerja, operasional, hingga monitoring jalannya sistem produksi di berbagai anak perusahaan yang tersebar secara global.

  3. Pengiriman Internasional

    Selanjutnya, ciri perusahaan multinasional mengirimkan produknya ke luar negeri dengan jaringan dan sistem distribusi global. Pihak manajemen akan mempertimbangkan dari segi pengemasan, biaya transportasi, penyimpanan logistik and warehouse, hingga sistem informasi lainnya yang mendukung pendistribusian produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan baik dan tepat waktu.

    Baca Juga: Apa Saja Perkembangan Revolusi Industri Hingga Saat Ini?

Contoh Perusahaan Multinasional di Indonesia

Beruntungnya, di Indonesia juga terdapat beberapa nama contoh perusahaan multinasional yang mendunia. Di antaranya:

  1. Gojek

    Startup yang dirintis di Indonesia, ternyata sukses besar dan menjadi aplikasi ojek online favorit Nusantara. Maka itu, dengan cepat Gojek melebarkan sayap bisnis ke berbagai negara tetangga di Asia Tenggara. Seperti Thailand, Singapura dan Vietnam. Tak salah jika Gojek adalah contoh perusahaan multinasional asal Indonesia yang sukses jadi startup unicorn.

  2. Indofood

    Di sektor industri pangan, terdapat contoh perusahaan multinasional yaitu Indofood. Produknya yang sukses menembus pasar Eropa dan Amerika dengan merek Indomie.

    Bahkan, cukup mudah menemukan produk Indofood di berbagai minimarket atau swalayan seluruh dunia.

    [elementor-template id="26379"]

  3. GarudaFood

    Satu lagi, contoh perusahaan multinasional yang bergerak di sektor pangan. GarudaFood juga tak mau kalah memproduksi makanan dan minuman yang didistribusikan secara global.

    Produknya seperti aneka jenis camilan, snack, susu, dan makanan atau minuman kemasan lainnya sangat mudah dijumpai di seluruh dunia.

Betapa bangganya kita sebagai masyarakat Indonesia, kita bisa menjumpai contoh perusahaan multinasional yang produk-produknya sukses dipasarkan di kancah internasional. Untuk itu, terus dukung perusahaan multinasional dengan mencintai produk asal Indonesia.

Jika Anda pebisnis yang juga sedang membangun perusahaan multinasional, manajemen keuangan dan pembukuan tentunya akan lebih mudah dengan software akuntansi seperti Harmony.

Setiap manajemen anggaran dan pengelolaan transaksi hingga rekonsiliasi bank otomatis akan lebih cepat, sistematis, dan modern.

Software Akuntansi Harmony telah terbukti dan diakui oleh ribuan klien yang terdiri dari perusahaan, instansi, asosiasi dan bisnis UKM lainnya dapat membantu kinerja tim keuangan menyelesaikan jenis pekerjaan administratif yang berulang lebih cepat. Sehingga, bisa lebih fokus mengembangkan perusahaan.

Tak salah lagi, Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan dan laporan keuangan bagi bisnis di era digital. Coba GRATIS selama 30 hari Software Akuntansi Harmony melalui tautan ini.

Untuk info fitur dan modul akuntansi yang lebih detail, Anda bisa follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram