Harmony Blog

Peran Penting Food Cost dan Cara Menghitungnya

Diposting Sep 17th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Food CostPin

Food cost adalah nama lain dari jenis-jenis biaya makanan yang sering menjadi bagian bisnis kuliner atau restoran. Untuk menentukan berapa banyak makanan yang dihasilkan restoran, maka perlu diketahui cara menghitung food cost.

Food cost adalah suatu cara untuk menentukan biaya makanan dan mendapatkan keuntungan bagi pemilik bisnis kuliner.Click to Tweet

Biaya makanan atau food cost adalah rasio bahan dan pendapatan yang dihasilkan bahan-bahan tersebut saat dijual. Food cost selalu dinyatakan sebagai persentase.

Pengertian Food Cost Adalah

Rumus food and beverage cost sering dipakai untuk menentukan biaya atau harga makanan di sebuah restoran. Pemilik bisnis ingin memastikan bahwa harga pokok makanan mendapatkan keuntungan dan tidak merugikan. Jadi, mereka memakai rumus food and beverage cost untuk menetapkan harga pokok makanan.

Apa itu food costPin

Secara umum, food and beverage cost adalah suatu cara untuk menentukan biaya makanan dan mendapatkan keuntungan bagi pemilik bisnis kuliner.

Sebagai contoh, jika restoran menjual ayam geprek dengan memakai bahan-bahan seperti daging ayam, saus, nasi, sambal, lalapan, dll seharga Rp 10.000. Maka, harga seporsi ayam geprek harus di atas Rp 10.000 agar mendapatkan keuntungan dan tidak merugi. Inilah yang dimaksud food cost.

Peran Penting Food Cost Adalah

Food cost adalah salah satu indikator kunci profitabilitas bisnis kuliner atau restoran. Jika sebuah restoran membiarkan food and beverage cost terlalu mahal dalam kaitannya dengan harga menu. Bisa memengaruhi harga produk dan daya beli konsumen.

Restoran umumnya memiliki biaya variabel dan tetap. Setiap perubahan harga barang atau jumlah penjualan akan berpengaruh terhadap keuntungan restoran. Sebagai contoh, jika harga daging ayam melonjak saat krisis pandemi, maka hal ini memengaruhi profitabilitas. Kecuali, kalau restoran juga menaikkan harga per porsi makanan.

Dengan mengetahui cara menghitung food and beverage cost atau rumus food cost, pemilik bisnis kuliner bisa mengetahui kapan harus mengubah harga menu, menghitung biaya marginal, mencari supplier bahan makanan baru, atau bahkan mengganti semua jenis menu agar tetap mendapatkan keuntungan.

Cara Menghitung Food Cost Adalah

Metode atau cara menghitung food and beverage cost sebenarnya tidak sulit. Namun, terkadang memakan waktu, karena harus mengumpulkan informasi terkait pengeluaran. Setidaknya, ada tiga hal berikut:

  • Biaya persediaan.
  • Pembelian selama seminggu.
  • Total penjualan makanan.

Rumus food and beverage cost adalah penjumlahan dari biaya persediaan dan pembelian selama satu minggu. Kemudian, dibagi total penjualan makanan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Cara Menghitung Food Cost Adalah

Coba simak contoh cara menghitung food and beverage cost adalah sebagai berikut:

Restoran Ayam Geprek Bimo membutuhkan biaya persediaan, antara lain:

  • 000 gram daging ayam mentah : Rp 35.000/ 1.000 gram = Rp 1.750.000.
  • gram selada air/ lalapan mentah : Rp 20.000/ 1.000 gram = Rp 200.000.
  • 10 gram sambal : Rp 50.000/1.000 gram = Rp 500.

Biaya persediaan = Rp 1.950.000.

Pembelian selama 1 minggu = Rp 1.000.000.

Total penjualan makanan =  Rp 6.000.000.

Rumus Cara Menghitung Food Cost:

(Biaya Persediaan + Pembelian) / Total Penjualan

(Rp 1.950.000 + Rp 1.000.000)/ Rp 6.000.000 = 0,491

Ini berarti 49,1% dari total pendapatan dihabiskan untuk membayar bahan-bahan. Jadi, masih lebih tinggi dari rata-rata.

Bagi banyak kuliner bisnis, persentase food and beverage cost sebesar 49,1% masih terlalu tinggi. Anda bisa menentukan food cost yang ideal dengan membagi total food cost dalam jangka waktu tertentu, dengan total penjualan.

Misalnya, jika total food and beverage cost adalah Rp 3.000.000 dan total penjualan Rp 8.800.000, maka biaya makanan idealnya adalah Rp 3.000.000/ Rp 8.000.000 = 0,34 atau 34%.

Nah, bagaimana, sudah mulai memahami gambaran cara menghitung food cost dari pembahasan di atas? Semoga bisa menambah insight Anda untuk menentukan harga makanan atau minuman dalam bisnis kuliner Anda.

Bukan hanya soal menentukan harga, dalam bisnis apapun juga dibutuhkan pengelolaan keuangan yang akurat dan sistematis. Ini saatnya, melengkapi bisnis Anda dengan pengelolaan pembukuan modern dari Aplikasi Harmony.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony adalah platform berbasis Cloud untuk menyelesaikan berbagai tugas accounting bisnis. Seperti pencatatan transaksi, arus kas, laporan perubahan modal, rekonsiliasi bank, dll.

Fitur-fitur selengkapnya bisa Anda coba dan buktikan sendiri, FREE Trial 30 hari tanpa biaya klik di sini. Info detail atau ada pertanyaan? Follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK