Pentingnya Rasio Keuangan Perputaran Aktiva Tetap Dalam Perusahaan
Harmony Blog
Finance
Pentingnya Rasio Keuangan Perputaran Aktiva Tetap Dalam Perusahaan
September 4, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Investasi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam memeriksa kesehatan perusahaan digunakan rasio keuangan. Rasio ini melihat kesehatan perusahaan dinilai dari perputaran persediaan bahkan  rasio keuangan perputaran aktiva tetap yang dimilikinya. Rasio keuangan perputaran aktiva tetap merupakan bagian dari rasio aktivitas.

Rasio ini mengukur kemampuan perusahaan dalam menjalankan aktivitas penjualannya dari seluruh aktiva yang dimilikinya.

Tujuan & Manfaat Rasio Keuangan Perputaran Aktiva Tetap

Melalui rasio ini Anda bisa mengetahui nilai setiap aktiva tetap dari penjualan yang dihasilkannya. Dari rasio keuangan ini Anda bisa memperoleh informasi sebagai berikut :

1. Anda mengetahui berapa penjualan dalam suatu periode yang diperoleh perusahaan tersebut

2. Dapat mengetahui total aset tetap dan aset apa saja yang dimiliki perusahaan

3. Mampu menunjukan seberapa mampunya perusahaan mengelola aset tetap yang dimilikinya untuk menghasilkan penjualan yang besar

Rasio ini penting bagi investor untuk mengukur pengembalian hasil dari modal yang mereka keluarkan. Kenyataannya membeli aset tetap membutuhkan dana yang tak bisa dibilang sedikit.

Investor juga mempertimbangkan rasio aktiva tetap terhadap modal saham bila dalam perusahaan tersebut ekuitasnya dalam bentuk modal saham.

Apabila hasil rasio keuangan ini bernilai tinggi maka perusahaan dinilai mampu mengelola aset tetapnya secara efektif dan efisien. Namun apabila nilainya cenderung malah menurun, maka bisa diartikan bahwa perusahaan tersebut tidak mampu memanfaatkan aset tetapnya secara maksimal untuk menghasilkan produk yang banyak. 

Alhasil net profit margin pun menurun begitu pula dengan rasio leverage yang dimilikinya. Perusahaan dengan hasil rasio keuangan perputaran aktiva tetap tinggi dinilai mampu mengelola aset tetapnya.

Baca Juga : Mudah Memahami Debt to Equity Ratio, serta Rumus dan Perhitungannya

custom-form-newsletter


Penyebab  Rasio Keuangan Perputaran Aktiva Tetap Menurun

Hasil dari rasio perputaran total aktiva bila terlalu tinggi juga dianggap kurang ideal karena penggunaan yang berlebihan. Misalnya saja industri padat modal umumnya memiliki rasio yang lebih rendah dibandingkan dengan industri padat karya.

Untuk itu penting bagi Anda melakukan perbandingan rasio keuangan perputaran aktiva tetap dengan sektor atau industri sejenis. Apa saja yang membuat rasio keuangan ini menurun? Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal diantaranya sebagai berikut :

• Perusahaan melakukan pembelian aset tetap yang signifikan

• Turunnya penjualan dan menyebabkan barang menumpuk di gudang

• Penjualan yang turun ditambah dengan produksi barang tidak berubah

Apakah Anda ingin pembukuan perusahaan rapih tanpa perlu repot menghitung dan mengerjakan sendiri? Kami punya solusinya. Harmony Accounting Service merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Gunakanlah layanan terbaik Harmony untuk mendapatkan pembukuan mudah setiap bulannya dan terjangkau dengan menggunakan harmony accounting services.

Rumus Rasio Keuangan Perputaran Aktiva Tetap

Rumus dari  rasio keuangan perputaran aktiva tetap sendiri adalah sebagai berikut :

Fixed-asset turnover = Penjualan / Aktiva Tetap

Untuk lebih memahami rasio ini Anda bisa mencermati contoh dibawah ini:

Penjualan bersih PT. Gunung Abadi mencapai Rp. 1.000.000.000 dalam satu tahun. PT.Gunung Jati tercatat memiliki total aset per 1 Januari 2020 sebesar Rp. 500.000.000. Dalam tahun tersebut PT.Gunung Jati membeli secara tunai mesin baru dengan harga Rp. 100.000.000 dan investasi tanah sebesar Rp. 250.000.000. Dari kasus ini perhitungannya adalah sebagai berikut :

= Rp. 1.000.000.000 / Rp. 500.000.000 + Rp. 100.000.000 + Rp. 250.000.000

= Rp. 1.000.000.000 / Rp. 850.000.000

=  1.17 kali

Nilai rasio ini menunjukkan perusahaan mampu memperoleh penjualan yang nilainya 1.17 kali dari seluruh aktiva tetap yang dimilikinya. Bandingkan dengan rasio keuangan perputaran aktiva tetap tahun lalu apakah menurun atau cenderung naik. Pembelian aset tetap yang dilakukan PT.Gunung Jati juga akan berimbas pada current ratio karena pemakaian kas.

Selain itu dalam mencatat transaksi jual beli aset harus rinci dan mendetail. Gunakan Harmony Accounting Software yang mampu mencocokan secara otomatis transaksi bank dengan pencatatan perusahaan melalui fitur Automach. Tak hanya itu saja harmony dilengkapi dengan fitur pajak dan cocok digunakan untuk segala jenis usaha termasuk UMKM.

Data keuangan tersaji secara real time dan bisa Anda akses melalui berbagai gadget mulai dari PC hingga smartphone. Ditambah lagi Anda bisa gratis menikmati layanan software ini selama 30  hari dengan daftar akun disini. Bagaimana berminat mencobanya dari sekarang?

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/