Pentingnya Executive Summary Report Untuk Cek Kesehatan Perusahaan
Harmony Blog
Accounting
Pentingnya Executive Summary Report Untuk Cek Kesehatan Perusahaan
August 4, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Executive Summary Report (laporan ringkasan eksekutif) merupakan ringkasan berkas pra-studi kelayakan. Berfungsi sebagai highlight dalam perencanaan bisnis (business plan) yang dapat menentukan pengambilan keputusan dalam bermitra.

Tujuan utama executive summary report adalah agar pembaca tertarik dengan rencana bisnis yang dibuat oleh perusahaan. Executive summary report bisa memberikan kesan pertama yang menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil calon mitra perusahaan.

Dalam merancang executive summary report, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu gagasan dan penulisan.

Executive summary report memuat gagasan dan pesan yang ditulis dengan singkat, padat, jelas, serta memiliki nilai jual. Pada bagian ini, biasanya berisi identitas perusahaan, jenis bisnis yang akan dibuat, jenis produk, masalah dan problem solvingnya, rincian modal yang diperlukan, periode pengembalian modal, dan sebagainya.

Gagasan atau pesan ditujukan agar pembaca mau berinvestasi baik dari segi waktu dan modal terhadap perusahaan.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah penulisan executive summary report. Pada tahap ini, Anda harus menulis semua bagian dalam business plan, kemudian buat ringkasan eksekutif di bagian akhir.

Perhatikan pula bahwa ringkasan eksekutif hanya berkisar 1 atau 2 halaman. Jika memungkinkan, cantumkan secara singkat standar audit laporan yang akan digunakan nantinya.

Secara umum, isi ringkasan eksekutif disesuaikan dengan tujuan business plan Anda. Namun, secara lebih mendasar, ada beberapa manfaat lain dari executive summary report. Berikut ini alasan pentingnya ringkasan eksekutif bagi perusahaan Anda.

Merumuskan Permasalahan

Salah satu peran yang penting adalah merumuskan permasalahan perusahaan. Ringkasan eksekutif yang Anda buat tentunya harus menuliskan dengan lugas segala masalah yang dihadapi. Sebaiknya, ide bisnis mampu memecah masalah yang ada saat ini, agar bisnis menjadi lebih menarik.

Contoh executive summary yang berkenaan dengan masalah yaitu; Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara terus-menerus akan berdampak buruk pada kulit.

Apalagi dengan buruknya lapisan atmosfer dan daya dukung lingkungan yang menurun semakin membuat banyak penyakit kulit bermunculan.

Keadaan diperparah lagi dengan gaya hidup masyarakat modern yang malas bergerak sehingga timbul masalah di kemudian hari.

Menghadirkan Solusi dari Permasalahan

Setelah pemaparan masalah sudah diidentifikasi dengan baik, maka selanjutnya Anda bisa menjelaskan cara bisnismu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penjelasan dapat disusun dengan baik agar Anda tetap fokus pada solusi.

Misalnya,  PT Kulit Putih Berseri mampu menjawab masalah tersebut dengan menggabungkan materi dari alam yang dikombinasikan dengan sains modern dalam produk lotion anti sinar UV.

Dipadukan dengan kandungan bengkoang, sari rumput laut, sari mawar, serta SPF75, maka produk ini mampu mencegah kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

Bahan-bahan yang diambil langsung dari petani Indonesia menjadi jaminan kualitas dan mutu perusahaan dalam meracik produk yang berkualitas.

custom-form-newsletter


Memperkenalkan Tim

Tim merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis. Tim yang solid dan mumpuni akan melahirkan produk khas. Maka dari itu, ketika membuat ringkasan eksekutif, Anda sudah menyediakan tim terlebih dahulu.

Misalnya dengan menambahkan kalimat: Produk dari PT Kulit Putih Berseri dikreasikan bersama dokter kecantikan dan ahli kulit dunia….

Segmentasi Pasar

Saat ini, ada dua model utama dalam berbisnis, yaitu market driven dan bisnis yang didorong pasar dan bisnis yang mendorong pasar. Bisnis reservasi tiket online merupakan salah contoh bisnis yang didorong pasar.

Sementara bisnis aplikasi perencanaan keuangan yang memanfaatkan penggunaan aplikasi laporan keuangan merupakan contoh bisnis yang mendorong pasar.

Agar Anda lebih paham dengan selera pasar Anda, maka sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Survei tersebut bisa Anda lakukan dengan cara manual atau melalui internet.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Mengenai Keuangan Segmen

Metode Menghadapi Kompetitor

Dalam bisnis, selalu akan muncul kompetitor. Setelah melakukan riset, selanjutnya Anda akan bisa memaparkan dalam ringkasan eksekutif secara jelas mengenai kompetitor Anda. Misalnya keunggulan dan kelemahan produk Anda dibandingkan kompetitor serta strategi bersaing dengan kompetitor.

Ringkasan Keuangan

Ringkasan keuangan merupakan bagian paling menarik bagi investor. Pastikan Anda mempunyai rencana keuangan yang jelas, jenis laporan keuangan yang tepat, target penjualan yang jelas, target laba, periode balik modal, besaran ROI, kerugian maksimal, dan lain sebagainya.

Mempresentasikan Pencapaian (Target)

Anda harus ingat satu hal, bahwa investor bukan hanya membeli ide Anda, melainkan segala hal yang sudah kamu kerjakan. Maka dari itu, dalam executive summary report yang akan dipresentasikan, harus jelas pencapaian target dari bisnis Anda.

Ketika membuat executive summary report, tidak ada aturan valid mengenai executive summary template yang digunakan. Namun, memang ada karakteristik laporan yang perlu dipelajari. Anda bisa mencari informasi lebih luas mengenai contoh ringkasan eksekutif laporan kegiatan untuk mempresentasikan business plan Anda.

Di dalam ringkasan eksekutif ada unsur ringkasan keuangan yang harus Anda sajikan dengan akurat. Untuk itu, Anda membutuhkan software akuntansi Harmony. Anda bisa membuat ringkasan keuangan dan pengelolaan akuntansi lainnya dengan otomatis, mudah dan akurat. Maka itu, segera lakukan pendaftaran dan dapatkan Free Trial Selama 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/