Harmony Blog

Pengertian Dividend Yield Secara Lengkap Beserta Rumusnya

Diupdate Feb 24th, 2021
404

SHARES

PEMBACA

dividend yieldPin

Ada banyak sekali istilah rasio keuangan dalam akuntansi yang harus dipelajari seperti Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Leverage Ratio dan lain sebagainya. Ketika berbicara tentang rasio keuangan, maka salah satu elemen yang harus dibahas adalah dividen. Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai dividend yield.

Dividen adalah pembagian laba terhadap pemegang saham yang didasarkan pada jumlah saham yang dimiliki.

Selain mendapatkan capital gain, investor juga akan memperoleh dividen saat memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan. Topik dividen sendiri juga sangat luas mencakup Dividend Yield, Dividend Payout Ratio, Dividend Per Share, CUM Dividend, Ex Dividend dan lain sebagainya.

Namun, dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang Dividend Yield. Dividend Yield adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur berapa besar tingkat keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan ke pemegang saham.

Investor menjadi salah satu pihak yang akan meluangkan waktu untuk menghitung berapa besar Dividend Yield dari suatu perusahaan. Melalui perhitungan ini, mereka tentunya berharap bisa melihat kemampuan perusahaan untuk memberikan keuntungan terhadap investornya.

Rumus Dividend Yield dan Contoh Perusahaan dengan DY Tinggi

Dividend Yield dan Dividend Payout Ratio menjadi dua rasio keuangan yang sering diperhatikan oleh investor sebelum mereka memutuskan untuk berinvestasi. Tapi Anda harus tahu bahwa kedua rasio ini tidak selalu berkorelasi positif.

Contohnya, perusahaan dengan DPR tinggi biasanya diindikasi memiliki beberapa hal seperti memiliki harga saham yang susah naik ataupun perusahaan blue chip yang sudah matang. Perusahaan blue chip cenderung memiliki harga saham yang sudah tinggi sehingga nilai Dividend Yield-nya menjadi rendah.

Nah, perusahaan yang memiliki DY tinggi biasanya akan mengalami kenaikan harga saham saat pembagian dividen dilakukan. Rumus Dividend Yield adalah:

DY = Dividend per Share (Dividen per Lembar Saham) : Market Value per Share (Harga per Lembar Saham) x 100

Jika harga per lembar saham bisa langsung di cek di bursa saham, maka Anda harus menghitung sendiri untuk bisa tahu berapa nilai Dividend per Share perusahaan yang diincar. Dividend per Share adalah dividen per lembar saham yang biasanya akan diumumkan perusahaan saat membagikan dividen.

Baca juga: Rasio Perputaran Persediaan Pengertian dan Cara Menghitungnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menghitung Dividend Yield

20 Agustus 2019, harga perlembar saham PT. ABR Tbk yang diperdagangkan adalah Rp. 12.000 dan dividen per lembar saham tahunan yang dibagikan pada tahun 2019 adalah Rp. 780. Jadi, berapakah Dividend Yield PT. ABR Tbk.?

Dividend Yield = (Rp. 780 : Rp. 12.000) x 100 = 6.5%

Dari perhitungan di atas terlihat nilai Dividend Yield dari PT. ABR Tbk. adalah sebesar 6.5%.

Beberapa contoh perusahaan yang memiliki nilai Dividend Yield tertinggi pada tanggal 9 Agustus 2020 kemarin adalah sebagai berikut:

1. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. (BJBR)

Perusahaan yang dimiliki oleh Pemda Jawa Barat ini pada tahun 2020 membagikan dividen sebesar Rp. 94 dengan harga saham per lembar saat itu Rp. 910. Dari angka ini maka bisa dihitung DPSnya adalah (Rp. 94 : Rp. 910) x 100 yaitu 10,32%.

2. PT. Bukit Asam Tbk. (PTBA)

Perusahaan yang ada di bawah Inalum ini memang dikenal selalu membagikan dividen jumbo. Tahun 2020, mereka membagikan dividen sebesar Rp. 326 dengan harga per lembar saham saat itu Rp. 2.050.

Jadi perhitungan DPSnya adalah (Rp. 326 : Rp. 2.050) x 100 = 15,90%.

3. Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG)

Terakhir adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara. Mereka membagikan dividen di tahun 2020 sebsar Rp. 1.275 dengan harga per lembar saham saat itu Rp. 7.850.

Jadi perhitungannya DPS-nya adalah (Rp. 1.275 : Rp. 7.850) x 100 = 16,24%.

Penggunaan Software Akuntansi Online untuk Keuangan Perusahaan

Saat ini, pengelolaan keuangan perusahaan harus dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi online. Penggunaan software ini bisa membantu Anda menghitung laba, pajak hingga penyelesaian siklus akuntansi dengan mudah.

Perhitungan rasio keuangan juga bisa dilakukan dengan lebih akurat lho. Apalagi jika software pilihan Anda menggunakan sistem cloud, maka penyimpanan data bisa lebih aman dan fleksibel.

Sebagai pertimbangan Anda bisa memilih Harmony Accounting Software. Software akuntansi yang satu ini memiliki sistem cloud yang terintegrasi dan canggih. Jadi, Anda bisa mengelola kegiatan operasional dan keuangan perusahaan dengan lebih mudah.

Sistem cloud pada software juga membuat Anda lebih mudah mengontrol dan memantau pekerjaan meski tidak berada di kantor. Ayo konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami melalui live chat Harmony. Segera daftarkan akun Anda dan Dapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK