Pengertian dan Fungsi Jurnal Penyesuaian Dalam Akuntansi
Harmony Blog
Accounting
Pengertian dan Fungsi Jurnal Penyesuaian Dalam Akuntansi
May 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips dan Ilmu Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Didalam akutansi banyak para pebisnis masih tabu dalam mendengar istilah – istilah ekonomi akuntansi. Salah satu istilah akuntansi yang sering Anda dengar adalah jurnal penyesuaian. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap pengertian dan fungsi jurnal penyesuaian.

Sebelum membahas jurnal penyesuaian secara spesifik, pengertian jurnal secara umum dalam akuntansi ialah sebuah dokumen untuk mencatat semua transaksi secara rinci dan teliti. Ada berbagai jenis jurnal, mulai dari jurnal khusus, jurnal umum, jurnal penutup, jurnal koreksi dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui pengertian jurnal penyesuaian yang baik, dipastikan Anda dapat membuat laporan keuangan yang baik, namun juga perlu ketelitian dalam melakukan penyesuaian jurnal tersebut

Sebelum mengetahui fungsi jurnal penyesuaian secara spesifik, secara umum fungsi jurnal diantaranya adalah :

Fungsi pencatatan, semua transaksi harus dicatat sesuai dengan bukti transaksi.

Fungsi historis, transaksi harus dicatat secara sistematis sesuai dengan urutan waktu.

Fungsi analisis, transaksi yang dicatat harus dianalisis buktinya dan dikelompokkan dalam sisi debit atau kredit.

Fungsi instruktif, pencatatan jurnal merupakan perintah untuk melakukan pemindahan dalam buku besar.

Fungsi informatif, dengan melihat jurnal Anda dapat mengetahui informasi suatu transaksi.

Pada dasarnya hampir semua pebisnis menginginkan suatu perkembangan kearah yang lebih positive atau bisa dikatakan mendapatkan nilai baik pada perusahaanya.

Baca Juga : 4 Contoh Jurnal Khusus dan Penjelasan Lengkapnya

Maka dari itu sebuah perusahaan harus memiliki sebuah laporan keuangan yang baik , yang dimana untuk membuat laporan keuangan yang baik itu akan meningkatkan sebuah nilai yang baik pula pada investasi perusahaan. Salah satu yang dibuat perusahaan adalah jurnal penyesuaian.

Tidak sedikit yang masih bingung dengan pengertian jurnal penyesuaian. Yang sebenarnya jurnal penyesuaian adalah salah satu bagian dari laporan keuangan yang sangat penting dan tidak mudah untuk dilakukan, dan jika Anda ingin membuatnya, disarankan untuk mengetahui cara dan contoh laporan penyesuaiannya terlebih dahulu.

Dalam pembuatan jurnal penyesuaian ini harus dilakukan dengan teliti. didalam pencatatan akutansi, pengertian jurnal akutansi ini memiliki fungsi nya tersendiri. Untuk itu, kita juga harus mengenali lebih dalam. Tentang apa sebenarnya pengertian jurnal penyesuaian dan fungsi nya tersebut.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah suatu proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian dapat disusun berdasarkan perolehan data dari neraca saldo dan data hasil (informasi) penyesuaian akhir periode.

Di dalamnya jurnal penyesuaian dikenal juga ayat jurnal. Suatu hal yang harus diketahui dengan ayat jurnal adalah jurnal yang dibuat melalu informasi transaksi sebagai bahan perubahan dalam jurnal ini. Atau sebagai proses pencatatan perubahan saldo. Berasal dari beberapa akun, sehingga mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.

Waktu Yang Tepat Membuat Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian memang tidak harus selalu dibuat oleh sebuah perusahaan. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan sebuah perusahaan membuatnya. Jurnal penyesuaian seharusnya dibuat jika terdapat kejadian dibawah ini, seperti :

1. Transaksi sudah dicatat, tapi tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Transaksi ini bisa saja terjadi pada suatu beban perusahaan yang dibayar di muka. Meskipun terkadang dikatakan sebagai harta, akan tetapi jika merupakan beban, maka harus tetap ditulis sebagai beban. Karena beban merupakan aktiva lancar. Selain itu bisa juga terjadi pada pemakaian perlengkapan. Misal ada perlengkapan kantor yang masuk dalam kelompok harta dan kelompok beban. Keduanya akan berbeda, maka harus disesuaikan melalui laporan ini.

2. Transaksi yang belum tercatat namun telah terjadi.

Pada bagian ini, ada contoh kejadian yang membuat jurnal penyesuaian perlu dibuat. Ketika beban wajib atau hutang belum dibayar. Misalkan pada gaji karyawan bulan Desember 2018 yang baru dibayarkan pada bulan Januari 2019.

Selain kondisi yang mengharuskan menggunakan jurnal penyesuaian adapula Jenis-jenis akun yang membutuhkan penyesuaian pada akhir periode.

a. Akun pendapatan diterima di muka membutuhkan penyesuaian dikarenakan waktu terus berjalan atau adanya prestasi yang diserahkan kepada pelanggan.

b. Akun beban membutuhkan penyesuaian dikarenakan terdapat beban yang belum dihitung atau dibayar sehingga belum menjadi suatu beban.

c. Akun pendapatan membutuhkan penyesuaian tersebab adanya pendapatan yang belum dihitung atau bisa juga penerimaan belum sepenuhnya menjadi suatu pendapatan.

d. Akun perlengkapan membutuhkan penyesuaian dikarenakan adanya pemakaian.

e. Akun aktiva tetap membutuhkan penyesuaian dikarenakan terdapat penyusutan aktiva

f. Akun beban dibayar di muka dimana akun ini membutuhkan penyesuaian sebab waktu sudah dijalani atau jatuh tempo.

custom-form-newsletter

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Secara umum, pengertian fungsi jurnal penyesuaian adalah menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode dan menghitung pendapatan dan beban yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.

Adapun bebrapa fungsi jurnal penyesuaian adalah sebagai berikut:

a. Menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga setiap perkiraan saldo riil, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah yang sebenarnya.

b. Agar pada akhir periode akun riil yaitu harta, kewajiban dan modal menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

c. Agar akun-akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban dapat diakui dalam suatu periode dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

d. Menghitung setiap perkiraan nominal (perkiraan pendapatan dan beban) yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.

Dengan adanya pengertian jurnal penyesuaian serta fungsinya , disini Anda dapat mengerti tentang jurnal penyesuaian dan fungsinya sehingga Anda lebih mudah dalam membuat laporan keuangan Anda. Dan dalam sistem pembukuan keuangan berbasis cloud technology, terdapat fitur penyesuaian jurnal yang membantu Anda dalam membuat laporan keuangan Anda.

Harmony sebagai solusi dalam membantu Anda membuat laporan keuangan dengan sistem pembukuan keuangan berbasis cloud technology. Gunakan Harmony sekarang disini, dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunaannya dan jadilah pebisnis sukses yang revolusioner dalam hal laporan keuangan berbasis cloud technology hanya di Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/