Harmony » Blog » 

Pembiayaan Syariah, Solusi Praktis Sesuai Syariat Islam

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 10, 2021

Menjadi negara terbesar penganut agama Islam, pembiayaan syariah adalah salah satu primadona pendanaan masyarakat Indonesia. Pembiayaan syariah adalah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyediakan uang atau barang dari kreditur seperti bank, kepada nasabahnya.

Beda dengan bank umum atau BPR, pembiayaan syariah adalah didasari oleh konsep Islam dan saling bersepakat antara bank dan nasabah tersebut. Terutama, dalam hal jangka waktu jatuh tempo kapan pembiayaan syariah akan dikembalikan dan berapa jumlah besaran imbalan bagi hasilnya.

Pembiayaan syariah adalah sarana untuk mendapatkan dana atau barang sesuai syariah Islami dari pemberi pinjaman seperti bank atau lembaga keuangan lainnya.Click to Tweet

Bagi masyarakat, manfaat pembiayaan syariah adalah alternatif mendapatkan pendanaan. Misalnya, untuk sumber modal usaha, membeli rumah, biaya pendidikan, dan banyak lagi.

Pengertian Pembiayaan Syariah Adalah

Dalam bahasa sederhana, pembiayaan syariah adalah sarana untuk mendapatkan dana atau barang sesuai syariah Islami dari pemberi pinjaman seperti bank atau lembaga keuangan lainnya.

Apa Itu Pembiayaan Syariah

Pembiayaan syariah umumnya dapat diperoleh dari program pembiayaan bank syariah. Contohnya seperti Bank Muamalat ataupun Bank Syariah Indonesia. Prinsip dasar pembiayaan bank syariah adalah menyediakan dana bagi masyarakat sesuai konsep Islam atau akad syariah. Yaitu, tidak membungakan uang atau riba.

Selain itu, perbedaan mendasar antara pembiayaan bank syariah vs konvensional adalah segala bentuk pendanaan harus berlandaskan Pernyataan Kesesuaian Syariah sebagai suatu aturan yang diterbitkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Baca Juga: Manajemen Keuangan Syariah : Definisi Dan Prinsip Didalamnya

Jenis Jenis Pembiayaan Bank Syariah

Masyarakat saat ini memiliki banyak pilihan untuk memutuskan jenis jenis pembiayaan bank syariah yang akan dimanfaatkan. Terdapat dua jenis jenis pembiayaan bank syariah, antara lain: jenis jenis pembiayaan bank syariah golongan perbankan dan bukan perbankan.

  1. Pembiayaan Syariah Dari Perbankan

    Jenis jenis pembiayaan bank syariah yang pertama adalah dari kelompok perbankan. Hal ini telah diatur dalam POJK Tahun 2014 Nomor 31. Di antaranya:

    • Pembiayaan jasa. Contohnya seperti memberikan layanan jasa untuk pemanfaatan barang, memberikan layanan jasa tanpa imbalan (ujrah), memberikan kredit talangan sesuai kesepakatan.
    • Pembiayaan jual beli. Misalnya, seperti menyediakan barang dengan transaksi jual beli memakai pendanaan yang disepakati bersama.
    • Pembiayaan investasi. Yaitu, menyediakan dana untuk dikelola dan hasilnya dibagi sesuai kesepakatan.
    • Kegiatan pembiayaan lainnya berdasarkan syariat dan persetujuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  2. Pembiayaan Dari Lembaga Keuangan Non Perbankan

    Berikut, jenis jenis pembiayaan bank syariah kedua adalah dari non perbankan. Antara lain:

    • Baitul Maal wa Tamwil (BMT). Suatu lembaga keuangan mikro yang menyediakan dana sesuai sistem syariah. Bentuk pembiayaan bank syariah non perbankan ini berupa agunan tunai, modal bisnis, gadai, dll.
    • Koperasi syariah. Yaitu, suatu badan usaha yang berlandaskan hukum Islam. Seperti sewa, pembiayaan jual beli, konsumtif, dll.

[elementor-template id="26379"]

Manfaat Pembiayaan Syariah

Ada banyak manfaat pembiayaan syariah atau pembiayaan bank syariah. Terutama, bagi umat Muslim yang menginginkan alternatif pendanaan di luar bank konvensional tanpa riba.

Berikut adalah manfaat dari pembiayaan syariah:

  • Menambah modal usaha.
  • Biaya administrasi lebih terjangkau.
  • Jatuh tempo menyesuaikan kemampuan peminjam atau nasabah.
  • Membantu ekonomi negara untuk berkembang dan tumbuh di berbagai sektor.
  • Meningkatkan pendapatan rata-rata masyarakat serta pajak negara.
  • Sebagai pengendali stabilitas nilai mata uang.
  • Menciptakan lapangan kerja baru dari usaha-usaha yang didirikan.
  • Menambah keberkahan dan ketenangan dalam berbisnis karena tidak melibatkan unsur riba/ suku bunga bank.

Begitulah penjelasan tentang pembiayaan syariah untuk menambah modal usaha Anda. Bagaimana tertarik untuk mendapatkan pembiayaan bank syariah? Silakan kunjungi bank syariah terdekat di kota Anda, ya.

Selain itu, apabila dalam pengelolaan dana modal usaha terdapat kendala karena masih memakai metode pencatatan manual, saatnya Anda beralih ke software akuntansi online.

Rapikan dan otomasi pembukuan bisnis bersama Harmony Accounting Software. Aplikasi Harmony dapat membantu manajemen keuangan syariah dan accounting secara sistematis, modern, dan real time. Kapanpun dan dimanapun, Anda bisa melacak dan memantau pengelolaan keuangan bisnis.

Coba GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 hari, melalui tautan ini. Yuk, follow juga akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony agar tak ketinggalan update info menarik lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram