Focus Group Discussion dapat memberi informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam membuat keputusan bisnis. Terutama, jika Anda ingin merilis produk baru, mempromosikan barang atau jasa baru, serta mengevaluasi persepsi masyarakat atas perusahaan.
Focus group discussion atau FGD artinya suatu kelompok yang berdiskusi atau membahas suatu fokus topik tertentu dipimpin oleh seorang ahli dan terlatih. Tujuan FGD atau Focus Group Discussion adalah mengumpulkan orang-orang dari latar belakang pengalaman yang sama dan topik tertentu yang menarik.
Contoh Focus Group Discussion seperti kelompok karyawan yang berdiskusi tentang manajemen proyek dipimpin mentor bisnis. Misalnya, contoh Focus Group Discussion adalah ketika sekelompok pegawai wanita yang saling bertemu di suatu forum atau tempat tertentu untuk membahas masalah penitipan anak (daycare) di lingkungan kerja, dan lainnya.
Table of Contents
Pada dasarnya, Focus Group Discussion atau FGD artinya adalah sekumpulan atau sekelompok kecil yang terdiri dari 6-10 orang untuk membahas topik tertentu sesuai karakteristik yang sama, seperti usia, latar belakang, geografi, dll. Misalnya, tim penjualan yang berdiskusi tentang topik sales force automation.
Dengan Focus Group Discussion atau FGD artinya perusahaan bisa mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan kelompok atau gagasan sekelompok orang tentang topik, proyek, atau produk tertentu.
Memakai metode pengumpulan data dapat menguntungkan perusahaan dalam banyak hal untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, dalam pengembangan SDM, peningkatan kualitas produk, dll. Berikut di antara tujuan FGD lainnya:
Berikut beberapa tips untuk membantu perusahaan melakukan metode pengumpulan data yang sukses:
Perusahaan harus menetapkan tujuan FGD atau metode pengumpulan data terlebih dulu. Hal ini dapat membantu memberikan arahan peserta Focus Group Discussion dan menciptakan diskusi yang lancar.
Menetapkan tujuan FGD dapat membantu menentukan apakah berhasil atau tidak dalam mengukur persepsi publik tentang suatu topik.
Contoh Focus Group Discussion, jika perusahaan baju ingin tau bagaimana pendapat pelanggan tentang industri fashion sebenarnya, mereka bisa memilih peserta metode pengumpulan data dari kalangan aktivitas, desainer, atau masyarakat umum. Sehingga, bisa diketahui hasil metode pengumpulan data yang realistis dan jujur.
[elementor-template id="26379"]
Sebelum menghubungi calon peserta, bicarakan dengan tim untuk menentukan nama-nama kandidat yang paling memenuhi kriteria dan bermanfaat dalam diskusi perusahaan.
Contoh metode pengumpulan data, misalnya jika perusahaan ingin merilis kampanye iklan yang mempromosikan minuman ringan. Perusahaan dapat mengundang marketer, content creator, atau peserta dari masyarakat umum yang sesuai demografi usia target audiens. Kemudian, dari ketiga peserta metode pengumpulan data ini bisa dimintai penilaian dari segi cita rasa minuman atau apakah iklannya efektif atau tidak.
Sebagian orang mungkin senang dan merasa terhormat diajak datang ke metode pengumpulan data. Tetapi, ada pula sebagian orang yang merasa perlu diyakinkan dengan sejumlah insentif atau komisi tertentu.
Contoh Focus Group Discussion dalam hal ini bisa memberikan peserta insentif berupa uang, makanan dan minuman gratis, diskon produk atau jasa, bahkan transportasi atau akomodasi gratis. Menawarkan insentif juga menunjukkan penghargaan atas partisipasi peserta metode pengumpulan data.
Sebagai pelaku UMKM atau pebisnis, jangan ragu membuat Focus Group Discussion untuk membahas topik menarik atau isu hangat dalam usaha. Sebab, dengan Focus Group Discussion, siapa tau dapat memberikan berbagai perspektif, ide, serta solusi baru untuk mengatasi tantangan dan masalah bisnis Anda.
Satu lagi, yang tak kalah penting untuk mengatasi masalah pembukuan bisnis Anda, pakai Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony mendukung penanganan keuangan dan akuntansi yang real time, efisien waktu, serta bebas ribet. Anda bisa mengakses Software Harmony kapan saja dan dimanapun berada berbasis Cloud.
Yuk, nikmati fitur Software Harmony GRATIS 30 hari, silakan klik tautan ini. Ingin mengenal fitur dan aplikasi Harmony lebih dekat via medsos? Follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook sekarang.