Harmony » Blog » 

Pelajari Focus Group Discussion (FGD) Untuk Kebutuhan Perusahaan Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 25, 2021

Focus Group Discussion dapat memberi informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam membuat keputusan bisnis. Terutama, jika Anda ingin merilis produk baru, mempromosikan barang atau jasa baru, serta mengevaluasi persepsi masyarakat atas perusahaan.

Focus group discussion atau FGD artinya suatu kelompok yang berdiskusi atau membahas suatu fokus topik tertentu dipimpin oleh seorang ahli dan terlatih. Tujuan FGD atau Focus Group Discussion adalah mengumpulkan orang-orang dari latar belakang pengalaman yang sama dan topik tertentu yang menarik.

Menetapkan tujuan FGD dapat membantu menentukan apakah berhasil atau tidak dalam mengukur persepsi publik tentang suatu topik.Click to Tweet

Contoh Focus Group Discussion seperti kelompok karyawan yang berdiskusi tentang manajemen proyek dipimpin mentor bisnis. Misalnya, contoh Focus Group Discussion adalah ketika sekelompok pegawai wanita yang saling bertemu di suatu forum atau tempat tertentu untuk membahas masalah penitipan anak (daycare) di lingkungan kerja, dan lainnya.

Focus Group Discussion Atau FGD Artinya

Pada dasarnya, Focus Group Discussion atau FGD artinya adalah sekumpulan atau sekelompok kecil yang terdiri dari 6-10 orang untuk membahas topik tertentu sesuai karakteristik yang sama, seperti usia, latar belakang, geografi, dll. Misalnya, tim penjualan yang berdiskusi tentang topik sales force automation.

Arti Focus Group Discussion

Dengan Focus Group Discussion atau FGD artinya perusahaan bisa mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan kelompok atau gagasan sekelompok orang tentang topik, proyek, atau produk tertentu.

Tujuan FGD Atau Focus Group Discussion

Memakai metode pengumpulan data dapat menguntungkan perusahaan dalam banyak hal untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, dalam pengembangan SDM, peningkatan kualitas produk, dll. Berikut di antara tujuan FGD lainnya:

  • Membantu perusahaan mengukur persepsi pelanggan.
  • Memberikan kesempatan untuk berdiskusi yang mendalam karena jumlah peserta yang terbatas.
  • Memberi perusahaan kesempatan untuk membuat perubahan sebelum meluncurkan produk atau kampanye baru.
  • Menciptakan penelitian yang lebih cepat karena kemampuan untuk melakukan beberapa wawancara sekaligus.
  • Menciptakan penelitian hemat biaya dengan menetapkan apa yang dilakukan bisnis sudah benar atau perlu diperbaiki.
  • Memungkinkan perusahaan melihat reaksi real time terhadap produk, iklan kampanye, atau topik lainnya.

Tips Focus Group Discussion Yang Sukses

Berikut beberapa tips untuk membantu perusahaan melakukan metode pengumpulan data yang sukses:

  1. Menentukan Tujuan FGD

    Perusahaan harus menetapkan tujuan FGD atau metode pengumpulan data terlebih dulu. Hal ini dapat membantu memberikan arahan peserta Focus Group Discussion dan menciptakan diskusi yang lancar.

    Menetapkan tujuan FGD dapat membantu menentukan apakah berhasil atau tidak dalam mengukur persepsi publik tentang suatu topik.

    Contoh Focus Group Discussion, jika perusahaan baju ingin tau bagaimana pendapat pelanggan tentang industri fashion sebenarnya, mereka bisa memilih peserta metode pengumpulan data dari kalangan aktivitas, desainer, atau masyarakat umum. Sehingga, bisa diketahui hasil metode pengumpulan data yang realistis dan jujur.

    [elementor-template id="26379"]

  2. Buat Daftar Peserta Focus Group Discussion

    Sebelum menghubungi calon peserta, bicarakan dengan tim untuk menentukan nama-nama kandidat yang paling memenuhi kriteria dan bermanfaat dalam diskusi perusahaan.

    Contoh metode pengumpulan data, misalnya jika perusahaan ingin merilis kampanye iklan yang mempromosikan minuman ringan. Perusahaan dapat mengundang marketer, content creator, atau peserta dari masyarakat umum yang sesuai demografi usia target audiens. Kemudian, dari ketiga peserta metode pengumpulan data ini bisa dimintai penilaian dari segi cita rasa minuman atau apakah iklannya efektif atau tidak.

  3. Tawarkan Komisi Atau Insentif Bagi Peserta Focus Group Discussion

    Sebagian orang mungkin senang dan merasa terhormat diajak datang ke metode pengumpulan data. Tetapi, ada pula sebagian orang yang merasa perlu diyakinkan dengan sejumlah insentif atau komisi tertentu.

    Contoh Focus Group Discussion dalam hal ini bisa memberikan peserta insentif berupa uang, makanan dan minuman gratis, diskon produk atau jasa, bahkan transportasi atau akomodasi gratis. Menawarkan insentif juga menunjukkan penghargaan atas partisipasi peserta metode pengumpulan data.

Sebagai pelaku UMKM atau pebisnis, jangan ragu membuat Focus Group Discussion untuk membahas topik menarik atau isu hangat dalam usaha. Sebab, dengan Focus Group Discussion, siapa tau dapat memberikan berbagai perspektif, ide, serta solusi baru untuk mengatasi tantangan dan masalah bisnis Anda.

Satu lagi, yang tak kalah penting untuk mengatasi masalah pembukuan bisnis Anda, pakai Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony mendukung penanganan keuangan dan akuntansi yang real time, efisien waktu, serta bebas ribet. Anda bisa mengakses Software Harmony kapan saja dan dimanapun berada berbasis Cloud.

Yuk, nikmati fitur Software Harmony GRATIS 30 hari, silakan klik tautan ini. Ingin mengenal fitur dan aplikasi Harmony lebih dekat via medsos? Follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram