Harmony Blog

Pahami High Risk High Return Dalam Investasi dan Contohnya

Diposting Sep 13th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

High Risk High ReturnPin

Ada ungkapan di pasar uang yang menyatakan, semakin tinggi risiko, semakin besar imbalannya. Inilah yang mungkin bisa menggambarkan apa itu high risk high return. Istilah high risk high return adalah suatu investasi di mana tingkat risiko berada di level yang tinggi. Ada kemungkinan besar bahwa investor bisa kehilangan seluruh atau sebagian investasi.

High risk high return adalah kalau investasi menawarkan tingkat pengembalian tinggi dalam waktu singkat.Click to Tweet

Dengan kata lain, kemungkinan skenario rugi sangat tinggi dalam high risk high return, ketimbang jenis investasi umum lainnya. Biasanya, high risk high return adalah jenis instumen keuangan yang cocok bagi investor dengan selera tinggi dan penyuka tantangan.

Pengetian High Risk High Return Adalah

Di dunia perbankan atau lembaga keuangan, high risk adalah risiko tinggi yang mungkin tidak semua orang berani mengambilnya. Sebagian besar investasi tentu memiliki potensi menghasilkan return atau imbalan dalam jangka waktu lama.

Pahami high risk high returnPin

Akan tetapi, beberapa investor mencari return yang tinggi dalam waktu singkat. Jadi, inilah yang membuat investasi high risk high return sangat menarik. Pada dasarnya, high risk high return adalah kalau investasi menawarkan tingkat pengembalian tinggi dalam waktu singkat.

Contoh High Risk High Return Adalah

Sekarang, mari lihat contoh high risk high return adalah sebagai berikut:

  1. Hedge Fund

    Dalam jenis instrumen keuangan ini, modal dari sejumlah besar investor dikumpulkan menjadi satu dana. Kemudian, diinvestasikan dalam berbagai kelas aset yang berbeda. Hedge fund biasanya menggunakan beberapa metode untuk mengurangi risiko dan menghasilkan pengembalian (return) yang sehat.

  2. Cryptocurrency

    Tidak seperti uang kertas, mata uang ini bersifat digital dan digunakan secara independen dari sistem perbankan sentral. Transaksi cryptocurrency dienkripsi untuk menjaga keamanannya.

    Dalam beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah mendapatkan popularitas, terutama Bitcoin. Namun, masa depannya masih sangat tidak pasti, yang membuat investasinya sangat berisiko.

  3. Modal Ventura

    Jenis dana ini biasanya berinvestasi di perusahaan sektor swasta selama hari-hari awal mereka dan berlanjut hingga putaran terakhir pendanaan sebelum keluar terakhir.

    Contoh high risk adalah modal ventura yang bersifat tinggi risiko. Pasalnya, ada kemungkinan besar, perusahaan yang diinvestasikan tidak menghasilkan apa-apa.

  4. Leveraged Exchange Traded Funds (ETF)

    Jenis dana ini berusaha meningkatkan pengembalian indeks yang mendasarinya beberapa kali dengan memanfaatkan derivatif keuangan dan utang. Sebagian besar indeks utama dan sub-segmennya menawarkan peluang investasi ETF dengan leverage. Investasi ini dianggap berisiko mengingat struktur keuangan leverage.

  5. Foreign Emerging Markets

    Biasanya, negara-negara dengan potensi pertumbuhan yang kuat dianggap sebagai peluang investasi yang ideal untuk kategori ini. Para investor cenderung membeli obligasi pemerintah dan berinvestasi di saham di negara-negara yang berada di jalur hiper-pertumbuhan.

    Namun, risiko utama dalam kasus seperti itu adalah periode pertumbuhan ekstrem jauh lebih pendek dari yang diantisipasi oleh investor, sehingga menghasilkan pengembalian yang tidak menguntungkan.

  6. High Yield Bonds

    Obligasi jenis ini biasanya menawarkan pengembalian yang besar dengan imbalan potensi risiko kehilangan pokok itu sendiri. Investor tertarik pada instrumen keuangan ini karena menawarkan pengembalian yang jauh lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan obligasi dengan pengembalian rendah yang ditawarkan oleh pemerintah.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan High Risk High Return Adalah

Beberapa keuntungan utama dari high risk high return adalah sebagai berikut:

  • Investor bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat.
  • Dalam kebanyakan kasus, investor dapat membeli dan menjual sekuritas dengan mudah.
  • Investor dapat memperoleh keuntungan modal serta dividen atas investasi mereka.
  • Dalam kebanyakan kasus, risiko investor terbatas pada jumlah awal yang diinvestasikan (kecuali spread betting).

Investasi dalam dunia bisnis adalah hal yang lumrah. Hanya saja, pastikan bahwa bisnis Anda mampu mengelola keuangan yang rapi dan sistematis. Dengan begitu, manajemen keuangan dan pembukuan bisnis menjadi lebih mudah, praktis, dan akurat.

Di era digital, tak dapat dipungkiri, teknologi software akuntansi online sudah menjadi kebutuhan bisnis. Fitur-fitur accounting seperti pencatatan transaksi, inventory, smart invoicing, hingga pembuatan laporan keuangan otomatis, sangat mendukung tugas-tugas administratif berulang.

Pantau dan kelola keuangan bisnis dimana saja dan kapan saja, dengan Software akuntansi Harmony. Uji coba GRATIS 30 hari, daftar melalui klik di sini. Dapatkan info menarik dan terupdate lainnya, follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK