Harmony » Blog » 

Optimalkan Perencanaan Promosi Anda Agar Penjualan Meningkat

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 20, 2021

Dalam sebuah bisnis mengoptimalkan perencanaan promosi tentu sangat penting untuk dilakukan. Hal ini terjadi apabila Anda sudah melakukan promosi namun selalu tidak berhasil. Oleh karena itu jika Anda ingin mendapatkan hasil penjualan yang baik, maka perencanaan promosi harus dibuat dengan semaksimal mungkin.

Perencanaan promosi dilakukan agar aktivitas promosi dapat berjalan dengan efektif dan mendapatkan target pasar yang tepat.Click to Tweet

Promosi adalah strategi penting yang mana bertujuan untuk mengoptimalkan konsep penjualan dan pemasaran serta dapat mempengaruhi target konsumen agar mereka membeli produk ataupun jasa yang Anda jual.

Dengan adanya promosi maka calon konsumen dapat mengetahui produk Anda, kemudian tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, perencanaan matang perlu dibuat untuk promosi yang efektif.

Untuk mengoptimalkan perencanaan promosi, adapun langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan dalam perencanaan promosi agar menghasilkan keuntungan dari penjualan yang maksimal. Berikut akan kami jelaskan pada artikel di bawah ini.

Langkah-Langkah Dalam Mengoptimalkan Perencanaan Promosi

Agar memaksimalkan strategi promosi bisnis Anda, adapun beberapa tahap perencanaan promosi yang perlu untuk diketahui dan perlu untuk dilakukan dalam bisnis yaitu:

  1. Mengidentifikasi Kebutuhan Promosi

    Rencana promosi pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan untuk promosi, adapun beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat melakukan promosi seperti:

    • Siapa audiens target promosi Anda?
    • Apa saja produk atau layanan yang akan dipromosikan?
    • Berapa besar anggaran yang akan dialokasikan untuk rencana promosi?
    • Apa saja pesan yang akan disampaikan kepada calon konsumen?
    • Strategi pemasaran apa yang harus diadopsi?
    •  Dan, alat analisis apa yang nantinya akan digunakan dalam rencana promosi?

    Melakukan identifikasi kebutuhan dan mengetahui konsep inti pemasaran tentu sangat penting untuk dilakukan, karena Anda akan mempromosikan produk dan layanan pada calon pelanggan yang tepat.

    Mengidentifikasi Kebutuhan Promosi

    Apabila Anda sudah mendapatkan pelanggan yang tepat, maka dengan begitu rencana promosi Anda juga akan berjalan secara maksimal, baik segi biaya, waktu dan tenaga.

  2. Pilih Media Promosi yang Efektif

    Anda terlebih dahulu memilih media yang tepat dan sesuai dengan target konsumen Anda. Menggunakan media digital sebagai alat promosi juga akan dapat memperkaya channel promosi Anda.

    Fokuslah pada setiap target market yang dituju, pelajari juga perilaku mereka, kemudian pilihlah media yang sesuai. Adapun terdapat dua media promosi yang dapat Anda lakukan yaitu media offline atau melakukan penjualan secara langsung atau media online yang artinya Anda memanfaatkan sosial media pada setiap promosinya.

    Maka dengan cara ini, biasanya insentif hanya diberikan kepada konsumen yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, membeli 2 produk akan diberikan diskon 10%, beli 3 produk diskon 30%, dan lainnya. Dengan besaran insentif yang tepat, maka promosi akan menarik lebih banyak pembeli secara efektif.

  3. Mengukur Efektif atau Tidaknya Promosi yang Dilakukan

    Banyak sekali pelaku bisnis yang tidak memperhatikan dan tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan.

    Padahal tahap ini tentu sangat diperlukan dalam melakukan perencanaan promosi untuk mengetahui seberapa efektif rencana strategi promosi yang bisnis Anda laksanakan.

    Maka dari itu penting bagi Anda untuk melakukan uji coba promosi di beberapa segmen pasar yang terpilih, agar dapat mengidentifikasi potensi atau masalah serius sebelum diluncurkan secara penuh.

    Mengukur efektivitas promosi dapat Anda lakukan dengan cara mengukur dampak terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau dapat melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing.

    Baca Juga: Penjelasan Lengkap Pasar Oligopoli, Jenis Dan Contohnya

  4. Menentukan Besar Insentif yang Diberikan dan Syarat Partisipasinya

    Menentukan besarnya insentif tentu sangat penting untuk dilakukan saat mengadakan program promosi penjualan. Sebab hal tersebut akan sangat mempengaruhi respon penjualan dan teknik promosi pada bisnis Anda.

    Mengukur Efektif atau Tidaknya Promosi yang Dilakuakan

    Sebab apabila semakin tinggi insentif yang Anda berikan, maka biasanya akan meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Apabila Anda sudah menentukan besarnya insentif, maka Anda juga harus menentukan syarat-syarat partisipasinya.

    Umumnya hal ini dilakukan bertujuan agar teknik promosi Anda dapat menyasar pada segmen pasar yang lebih spesifik ataupun membatasi jumlah partisipan yang dapat menikmati insentif promosi penjualan.

    Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

    [elementor-template id="26379"]

  5. Menentukan Durasi Promosi

    Menentukan durasi pelaksanaan promosi tentu tidak kalah penting untuk melakukan contoh promosi yang efektif pada bisnis, hal ini terkait dengan kesempatan para konsumen untuk dapat menikmati insentif dari contoh promosi yang dijalankan bisnis Anda.

    Apabila durasi promosi penjualan terlalu singkat, biasanya hanya sedikit konsumen yang bisa mengambil keuntungan, apabila promosi penjualan dilakukan terlalu lama maka akan kehilangan daya tarik untuk membujuk konsumen.

  6. Implementasi

    Apabila rencana promosi sudah diuji di beberapa area terpilih, maka promosi sudah siap untuk diluncurkan di pasar yang sebenarnya. Selain itu manajemen pemasaran juga harus mengurus dua faktor penting, yaitu lead time dan sell in time.

    Lead time atau waktu tunggu adalah tenggang waktu yang diperlukan pada saat melakukan pemesanan bahan baku dan datangnya bahan baku. Lead time ini dapat konstan dan dapat juga bersifat probabilistic.

    Namun sedangkan sell in time atau waktu jual merupakan waktu mulai dari tanggal rilis sampai waktu 90-95% dari insentif diterima oleh pelanggan potensial.

  7. Menentukan Anggaran Promosi

    Penentuan anggaran tentu harus dilakukan untuk mengetahui secara pasti berbagai biaya yang haru dikeluarkan dalam program promosi penjualan.

    Menentukan setiap besaran biaya ini dapat ditentukan berdasarkan besarnya insentif, durasi waktu, sarana promosi, jangkauan distribusi dan juga faktor tak terduga lainnya.

    Sebab dengan perencanaan anggaran yang tepat, maka diharapkan kegiatan promosi dapat berjalan efektif dan sebanding dengan semua biaya yang bisnis Anda keluarkan.

Oleh karena itu untuk mempermudah bisnis dalam memperhitungkan keuangan yang tepat terkait perencanaan promosi yang dilakukan, maka penggunaan program akuntansi sangat diperlukan dalam melakukan mencatat biaya yang digunakan dalam promosi.

Jika selama ini bisnis Anda masih menggunakan pembukuan berbasis kertas dan spreadsheet yang diinput manual, gunakan solusi modern dari Software Akuntansi Online Harmony.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun. Yuk, gunakan Software Akuntansi Harmony yang dapat membuat laporan keuangan otomatis dan real time.

Dilengkapi otomasi pembuatan laporan keuangan hingga 20+ template instan siap pakai, otomasi rekonsiliasi bank, serta fitur dan modul accounting fungsional lainnya. Jangan pikir lama, ayo buktikan kecanggihan aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, coba aja dulu yuk klik tautan ini.

Ada pertanyaan atau butuh info detail, silakan follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram