Harmony Blog

Mobile Payment, Tren Kekinian yang Diterapkan Pebisnis Dalam Pembayaran

Diposting Apr 15th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Mobile PaymentPin

Masyarakat modern sekarang tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya mobile payment. Sistem pembayaran ini mudah dilakukan karena cukup menggunakan smartphone saja dan dapat mengatasi permasalahan penggunaan uang kartal.

Contoh permasalahannya seperti dompet ketinggalan, pengembalian uang kecil, terblokirnya ATM atau tidak membawa uang tunai. Dengan mobile payment Anda juga dapat sebagai valuta asing.

Mobile payment adalah sistem pembayaran non tunai melalui smartphone dengan berbagai teknologi seperti NFC, QR Code, kode OTP dan lainnya.Click to Tweet

Cukup dengan memindai QR Code, pengguna bisa langsung memasukkan nomor pin dan konfirmasi pembayaran. Dengan mobile pay, Anda bisa dengan cepat memilih dan membayar pakaian, makanan atau kebutuhan lainnya yang Anda butuhkan. Mobile payment Indonesia sendiri sudah banyak digunakan baik dari pengusaha kecil hingga perusahaan besar untuk memberikan kemudahan untuk pelanggannya.

Definisi Mobile Payment

Mobile payment adalah sistem pembayaran non tunai melalui smartphone dengan berbagai teknologi seperti NFC, QR Code, kode OTP dan lainnya. Untuk pembayaran digitalnya, Anda perlu yang namanya e-wallet atau uang digital. Beberapa contoh e-wallet yang ada di Indonesia seperti Shopeepay, Dana, GoPay, OVO, Dompetku, FlexiCash, Mandiri e-cash dan lainnya.

Sedangkan untuk tingkat internasional, contoh e-wallet seperti Paypal, Google Wallet, Alipay, PayPass MasterCard dan WeChat Pay yang sudah terkenal di Asia.

Jadi mobile payment adalah salah satu bentuk kerja sama yang bisa dilakukan perusahaan lokal untuk mempermudah pelanggan dan berlomba-lomba menciptakan ekosistem yang nyaman. Mobile pay Indonesia seperti Gojek sendiri sudah mempersilahkan pelanggannya menggunakan GoPay untuk berbagai merchant secara offline.

3 Tren Mobile Payment

  1. Uang Elektronik Berbasis Server VS Chip

    Sebelum chip, sudah ada teknologi USSD (Unstructured Supplementary Service Data) yang digunakan oleh Telkomsel dan Indosat melalui Tcash yang kini sudah berubah menjadi LinkAja dan Dompetku yang beralih menjadi PayPro.

    Kemudian berbagai bank besar lokal mulai membuat sebuah layanan sistem pembayaran melalui mobile payment yang menggunakan kartu yang berisi chip seperti Mandiri dengan e-Money, BRI dengan Brizzi atau BCA dengan Flazz.

    Mobile payment Indonesia melalui chip ini mudah digunakan dan efektif. Hanya dengan menempelkan kartu pada alat pemindai lalu saldo akan terpotong secara otomatis.

  2. Fitur QR Code

    Mobile payment melalui QR code sendiri sudah diresmikan Bank Indonesia dengan meluncurkan QR Code Indonesia Standar (QRIS) yang dapat digunakan dalam berbagai pembayaran di seluruh wilayah Indonesia.

    Fitur mobile paymentPin

    Cukup dengan memindai QR Code pada merchant maka Anda sudah melakukan pembayaran dengan mudah. Tak perlu khawatir, QRIS sudah menggunakan standar internasional EMC Co jadi ini sudah termasuk aman. Apalagi standar ini sudah digunakan di berbagai negara seperti Singapura, Korea Selatan, Malaysia hingga India.

    QRIS memiliki semangat UNGGUL atau Universal, GampanG, Untung dan Langsung dengan harapan dapat mewujudkan setiap tujuan, mempercepat sirkulasi keuangan, meningkatkan efisiensi transaksi, mendorong perkembangan ekonomi negara dan memajukan UMKM.

  3. Big Data

    Tren mobile payment yang tidak kalah terkenal adalah penerapan big data. Mandiri Sekuritas dan MDI ventures sudah menekankan penerapan big data dalam mobile payment Indonesia. Berbagai manfaat bisa didapatkan dengan penerapan big data seperti menentukan risiko transaksi, meningkatkan skor kredit, mendeteksi penipuan, membantu merchant menganalisis konsumen mereka dan sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai mobile payment yang ada di Indonesia. Mobile payment adalah solusi mudah bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis atau yang sedang memenuhi kebutuhannya tanpa ribet dan cepat.

Bagi pebisnis, pembukuan dan pencatatan transaksi keuangan akan semakin memudahkan efisiensi anggaran bisnis. Maka itu, dukung proses kelancaran pembukuan keuangan dengan Software Akuntansi Harmony.

Coba GRATIS Software Akuntansi Harmony dalam 30 Hari untuk mendukung kinerja tim administrasi dan divisi finance Anda. Bersama Software Akuntansi Harmony, pengelolaan keuangan menjadi lebih cepat, rapi, dan sistematis. Segera daftar di sini untuk membuktikan keunggulan Software Akuntansi Harmony.

Kami juga hadir di media sosial melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony dengan update informasi menarik dan penawaran spesial lainnya. Jangan lupa, follow dan like, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony