Harmony » Blog » 

Menuju Cashless Society, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 28, 2021

Di era modern yang semakin maju, cashless society sudah bukan kelompok minoritas. Mungkin bisa dikatakan, sebagian besar generasi Z saat ini sudah tergabung dalam golongan cashless society. Tak begitu mengherankan jika cashless society jumlahnya semakin meningkat dibandingkan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan teknologi mampu membuat segala hal menjadi lebih cepat dan mudah. Tidak terkecuali dengan teknologi pada proses transaksi lebih mudah, dan ya, sekarang sudah banyak orang yang mulai menggunakan sistem pembayaran secara cashless. Cashless adalah tanpa uang kartal dan bahkan, uang elektronik ini bisa digunakan sebagai valuta asing.

Cashless adalah non tunai, sedangkan society diartikan sebagai masyarakat.Click to Tweet

Pengertian Cashless Society

Sebagian orang mungkin masih belum terbiasa dengan perilaku transaksi secara cashless. Namun, mau tidak mau seiring dengan perkembangan teknologi yang berlangsung cepat kita juga harus menyesuaikan hal tersebut. Mungkin dalam waktu 20 tahun ke depan, peran uang tunai lambat laun mulai tergantikan dengan uang elektronik sebagai sistem pembayaran baru.

Kekurangan Cashless Society

Tanpa kita sadari beberapa tahun belakangan ini era cashless society sudah mulai dirasakan. Bagi Anda yang belum tahu lengkap tentang cashless society, ada baiknya ketahui dulu pengertian cashless society.

Cashless society adalah gabungan dari cashless dan society. Cashless adalah non tunai, sedangkan society diartikan sebagai masyarakat. Jadi, jika digabungkan, maka cashless society adalah masyarakat yang tiap individunya tidak lagi menggunakan uang tunai untuk proses transaksi.

Kelebihan Cashless Society

  1. Memiliki Catatan Transaksi Dengan Jelas

    Dengan teknologi terbarukan, pastinya dalam setiap transaksi yang telah dilakukan akan terlihat pada histori transaksi. Ini berlaku pada transaksi dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit hingga dompet digital. Cashless society adalah suatu inovasi bagi Anda yang sering lupa untuk mengelola keuangan pribadi. Jadi, dengan cashless society, Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih praktis, modern, dan transparan.

  2. Aman dan Mudah

    Tentunya cashless adalah sebuah cara transaksi yang lebih mudah dan aman. Contohnya jika Anda ingin membeli sesuatu dengan uang tunai maka Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu dan tentunya harus berlembar-lembar untuk melakukan transaksi tersebut.

    Namun peranan cashless society dengan uang elektronik akan mempercepat proses transaksi yang Anda lakukan. Bahkan pada masa sekarang dompet digital dapat menyimpan uang hingga puluhan juta rupiah. Inilah alasan mengapa dengan cashless Anda tidak perlu khawatir lagi saat membawa banyak uan

  3. Meningkatkan Pendapatan Negara

    Tentunya transaksi akan tercatat dengan baik jika menggunakan cashless apalagi ini mempermudah pemerintah untuk melihat siapa saja yang dapat dikenakan wajib pajak. Jadi jika kita menggunakan transaksi secara cashless maka secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan negara melalui pajak.

[elementor-template id="26379"]

Kekurangan Cashless Society

  1. Biaya Admin

    Pastinya Anda tidak asing dengan yang namanya biaya administrasi dalam transaksi cashless. Biaya ini harus ditanggung oleh setiap pengguna dan nominalnya berbeda-beda namun umumnya nominalnya tidak terlalu besar.

  2. Ancaman Cyber Crime

    Semakin majunya teknologi maka semakin banyak pula orang yang mencari celah untuk melakukan kejahatan. Kejahatan ini sering dijuluki sebagai kejahatan cyber yang sedang marak di masyarakat. Untuk itu, sebagian perbankan dan fintech mulai membuat security yang lebih kokoh dan kuat untuk menghindari cyber crime.

Nah, itu tadi ulasan tentang cashless society. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masyarakat nirtunai, tidak ada salahnya mencoba sistem ini dengan baik. Munculnya masyarakat nirtunai mendorong proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan perkembangan transaksi yang cepat, Anda juga perlu mengatur keuangan Anda secara modern, transparan, dan otomatis. Untuk itu Anda membutuhkan Software Akuntansi Harmony yang akan membantu proses pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan lebih rapi, tertata, dan sistematis.

Eksistensi Software Akuntansi Harmony sebagai solusi pembukuan bisnis yang modern berbasis cloud sangat relevan bagi masyarakat milenial dan mampu diandalkan cashless society.

Software Akuntansi Harmony menawarkan berbagai fitur dan modul akuntansi yang cocok diterapkan di era digital saat ini. Mulai dari pencatatan transaksi jual beli, pengelolaan stok, utang-piutang, penagihan, hingga rekonsiliasi bank otomatis.

Tak perlu lama-lama, yuk segera coba buktikan sendiri kehandalan Software Akuntansi Harmony dengan pakai GRATIS 30 Hari, daftar di sini sekarang. Jangan lupa, untuk terus ikuti dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn agar tak ketinggalan informasi menarik berikutnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram