Harmony Blog

Mengenal Teknik Analisis Laporan Keuangan dan Fungsinya Bagi Bisnis

Diupdate Apr 27th, 2022
0

SHARES

PEMBACA

Teknik Analisis Laporan KeuanganPin

Memahami teknik analisis laporan keuangan bisa sangat membantu pemilik bisnis mengenal gambaran kondisi keuangan saat ini. Seringkali, manfaat laporan keuangan semakin maksimal, jika pemilik bisnis bisa membaca pembukuan dengan teknik analisis laporan keuangan yang tepat.

Teknik analisis laporan keuangan menerapkan metode untuk menilai stabilitas keuangan perusahaan. Pada intinya, laporan keuangan adalah kartu laporan kesehatan finansial yang membantu investor memprediksi kinerja perusahaan.

Metode yang paling umum digunakan untuk teknik analisis laporan keuangan adalah analisis tren, analisis common size, dan analisis rasio.Click to Tweet

Secara singkat, teknik analisis laporan keuangan adalah suatu metode untuk mencari tahu kondisi keuangan dan pengambilan keputusan melalui data pembukuan. Sehingga, investor dan pemilik bisnis bisa lebih mudah mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan dari laporan keuangan segmen tersebut.

Teknik Analisis Laporan Keuangan

Ada beberapa teknik analisis common size maupun teknik analisis laporan keuangan yang bisa dijumpai. Antara lain:

Fungsi teknik analisis laporan keuanganPin

  1. Analisis Horizontal

    Dikenal sebagai laporan komparatif, analisis horizontal adalah laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan dan profitabilitas pada periode waktu berbeda.

    Dalam pembukuan, bahwa analisis horizontal memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan dari dua periode atau lebih. Perbandingan laporan keuangan hanya mungkin, kalau prinsip pembukuan yang sama dipakai dalam penyusunan laporan ini.

  2. Analisis Vertikal

    Biasanya dalam teknik analisis laporan keuangan secara vertikal dikenal sebagai analisis common size. Laporan analisis common size adalah informasi keuangan yang dilakukan dengan mempertimbangkan total aset dan total kewajiban dalam bentuk persentase.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Analisis Tren

    Analisis trend dikenal sebagai metode piramida. Salah satu teknik analisis laporan keuangan yang mempelajari hasil operasional dan posisi keuangan selama beberapa tahun.

    Apakah perusahaan sedang dalam tren keuangan naik atau turun? Dengan mengamati teknik analisis ini, tanda kesehatan keuangan manajemen bisa diketahui.

  4. Analisis Rasio

    Teknik analisis laporan keuangan berikutnya adalah analisis rasio. Disebut juga sebagai analisis kuantitatif. Yaitu, model pembukuan atau laporan keuangan suatu perusahaan yang menggambarkan hubungan antara item neraca dan laporan laba rugi.

    Untuk menilai profitabilitas, solvabilitas, dan efisiensi suatu usaha, manajemen dapat memakai teknik analisis pada rasio. Ini adalah upaya untuk mengembangkan hubungan yang berarti antara item individu (atau kelompok item) dalam neraca atau akun laba rugi.

    Baca Juga: Neraca Saldo : Pengertian Lengkap, Jenis Dan Contoh Praktisnya

Fungsi Teknik Analisis Laporan Keuangan

Lantas, sebenarnya apa sih fungsi dan tujuan analisis laporan keuangan? Selain menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan investor maupun pemilik bisnis, tujuan analisis laporan keuangan adalah untuk mengidentifikasi tren dan hubungan antara item laporan keuangan.

Baik, manajemen internal maupun pengguna eksternal (seperti analis, kreditur, dan investor) dari laporan keuangan perlu mengevaluasi profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas perusahaan.

Metode yang paling umum digunakan untuk teknik analisis laporan keuangan adalah analisis trend, analisis common size, dan analisis rasio. Metode teknik analisis laporan keuangan ini mencakup perhitungan dan perbandingan hasil dengan data historis perusahaan, kompetitor, atau rata-rata industri. Nantinya, dapat diketahui kinerja dari perusahaan yang dianalisis.

Dapat dipastikan, apabila perusahaan kesulitan membuat laporan keuangan, sulit juga menerapkan teknik analisis laporan keuangan yang tepat. Apalagi, apabila laporan keuangan dan pembukuan masih memakai pencatatan manual di buku besar atau berbasis kertas.

Pakai Software Akuntansi Online dari Harmony untuk solusi pembukuan yang sistematis dan rapi. Sehingga, menerapkan teknik analisis laporan keuangan juga lebih mudah, kapan saja dan di mana saja.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Online dari Harmony berbasis Cloud telah dipakai ribuan klien dari berbagai industri di seluruh tanah air. Fitur dan modul accounting menyediakan otomasi rekonsiliasi bank, otomasi pembuatan 20+ laporan keuangan instan, hingga tugas laporan stok, smart invoicing, dan banyak lagi. Like dan follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk lebih detailnya.

Penasaran bagaimana fitur Harmony bisa mendukung bisnis Anda? Silakan coba FREE Trial 30 hari, tanpa biaya apapun, klik tautan ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!