Mengenal Long Term Debt to Equity Ratio dan Cara Menghitungnya
Harmony Blog
Finance
Mengenal Long Term Debt to Equity Ratio dan Cara Menghitungnya
September 8, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Investasi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Long term debt to equity ratio merupakan bagian dari rasio solvabilitas. Rasio ini berfokus pada hutang jangka panjang perusahaan. Long term debt to equity ratio membandingkan jumlah hutang jangka panjang perusahaan dengan ekuitas yang dimiliki.

Memiliki kemampuan untuk menganalisis laporan keuangan merupakan suatu keahlian tersendiri. Kemampuan ini berguna untuk memperhitungkan kinerja perusahaan secara finansial baik dalam periode yang telah berakhir atau periode yang sudah berjalan. Hasil analisis rasio keuangan akan menentukan seberapa besar kemajuan atau kemunduran perusahaan.

Long term debt to equity ratio digunakan untuk mengetahui pengelolaan hutang jangka panjang perusahaan.

Definisi Long Term Debt to Equity Ratio

Menurut  Martono dan Agus (2010, 53) long term debt to equity ratio merupakan rasio yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar modal usaha dibiayai oleh hutang jangka panjang. Long term debt to equity ratio menurut para ahli seperti Kashmir dan Fahmi sependapat bahwa digunakan untuk mengukur tingkat kewajiban jangka panjang perusahaan dengan modal korporasi.

Besaran hutang jangka panjang nyatanya membawa pengaruh besar pada net profit margin dan current ratio. Rasio ini tinggi bisa karena jumlah hutang jangka panjang yang besar. Keputusan untuk memiliki hutang jangka panjang bisa karena meningkatkan produktivitas atau ekspansi usaha.

Walaupun begitu memiliki hutang berarti siap untuk menanggung besaran bunga atas hutang dan menanggung angsuran hutang tiap bulannya. Bila terjadi kredit macet aset perusahaan bisa pula jadi barang sitaan.

Manfaat  Long Term Debt to Equity Ratio

Mengetahui besaran rasio ini sangat disarankan khususnya untuk perusahaan yang memiliki hutang lebih tinggi ketimbang modal sendiri. Manfaat yang dapat diambil dari rasio ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui besaran hutang jangka panjang perusahaan dan modal usaha yang dikeluarkan.

2. Mampu digunakan sebagai dasar penilaian atas kinerja manajemen dalam mengelola hutang jangka panjangnya.

3. Rasio ini juga dipakai investor untuk pertimbangan investasi.

Apabila hasil rasio ini tinggi maka semakin tinggi pula resiko kerugian yang harus ditanggung perusahaan tersebut. Alih-alih dana digunakan untuk  perputaran persediaan bisa-bisa dipakai untuk keperluan membayar angsuran hutang. Selain  long term debt to equity ratio juga ada perhitungan debt to equity ratio yang berfokus pada total hutang perusahaan.

Jika total hutang tinggi maka Anda juga perlu memperhitungkan long term debt ratio to asset ratio. Long term debt to asset ratio menurut para ahli digunakan untuk mengukur besaran hutang jangka panjang dengan total aset yang dimiliki korporasi. Rasio ini merupakan bagian dari rasio leverage.

custom-form-newsletter


Perhitungan Long Term Debt to Equity Ratio

Analisis long term debt to equity ratio adalah jenis analisa yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk membayar hutang jangka panjang yang dimiliki dengan modal perusahaan. Rumus untuk menghitungnya bisa Anda simak dibawah ini :

Kewajiban Jangka Panjang : Total Ekuitas

Misalnya PT.Kalam Abadi memiliki hutang bank jangka panjang senilai Rp. 100.000.000. Sedangkan total modal yang dimiliki adalah sejumlah Rp. 560.000.000. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

= Rp. 100.000.000 : Rp. 560.000.000

= 0,18 atau 18 %

Hasil dari perhitungan diatas menggambarkan bahwa perusahaan X menjaminkan setiap Rp 0,18 modal yang dimiliki untuk melakukan pinjaman jangka panjang perusahaan. Besaran hutang hanya berkisar 18 % dari total modal yang dimiliki. Nilai ini masih terbilang kecil sehingga resiko kerugiannya juga kecil. Walaupun begitu akan lebih tepat bila Anda bandingkan dengan sektor usaha sejenis.

Gunakan Harmony Accounting Software untuk membantu Anda mencatat transaksi perusahaan secara sistematis. Software akuntansi ini terintegrasi dengan rekening bank lokal sehingga bisa menampilkan rekening kas dan bank secara real time.

Tak hanya itu saja Anda juga bisa menggunakan software ini secara gratis selama 30 hari penuh dengan membuat akun disini. Seperti apa penggunaannya? Jangan khawatir, kami memberikan layanan live chat untuk konsultasi lebih lanjut tentang Harmony Accounting Software.

Untuk Anda yang tidak mau repot menghitung dan mengerjakan sendiri? Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service,yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/