Harmony » Blog » 

Mengenal Laporan Komperhensif Laba Rugi Dalam Perusahaan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 23, 2020

Istilah Komperhensif di bidang akuntansi berartikan suatu prinsip dalam pembuatan laporan keuangan laba dan rugi secara komperhensif sesuai standar akuntansi dengan tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu. Informasi kinerja perusahaan dimaksud untuk menilai dan memprediksi jumlah dan waktu atas ketidakpastian arus kas di masa yang akan datang.

Dengan laporan laba rugi yang komperhensif, Anda dapat mengevaluasi kinerja keuangan dan manajemen perusahaan Anda.

Pengertian Laporan Komperhensif Laba Rugi

Laporan laba rugi komperhensif ini metode untuk evaluasi tingkat kinerja perusahaan menghasilkan laba dalam periode tertentu. Sehingga anda dapat cepat mengambil keputusan ketika kondisi perusahaan mengalami keuntungan maupun kerugian. Laporan laba rugi ini juga dapat memberikan informasi mengenai jumlah total pajak yang harus dibayar sebagai acuan bagi para investor untuk mengetahui perkembangan perusahaan.

Adapun fungsi dari Laporan Laba Rugi bagi perusahaan anda, antara lain:

1. Modal investor dapat dinilai dengan laporan laba rugi tingkat profitabilitas-nya

2. Manajemen perusahan anda dalam mengolah kegiatan operasional dapat dinilai tingkat efektif dan efisien-nya.

3. Membuat perencanaan profit dimasa yang akan datang.

Komponen Laporan Komperhensif Laba Rugi

Sebagian besar perusahaan menggunakan konsep pemeliharaan modal keuangan dalam penyusunan laporan keuangan. Dalam konsep ini terlihat komponen yang terlibat dalam laporan laba rugi Komperhensif, antara lain:

1. Penghasilan, ini menyebabkan adanya kenaikan dari segi modal, dalam penambahan aset atau penurunan hutang tetapi tidak berasal dari kontribusi pemilik modal. Adapun unsur-unsur dalam penghasilan, yaitu pendapatan (revenue) dan keuntungan (gain). Pendapatan merupakan penghasilan yang berasal dari aktivitas operasi utama perusahaan, Sedangkan keuntungan merupakan kenaikan aset neto yang berasal dari transaksi insidental di luar transaksi perusahaan yang menghasilkan pendapatan.

2. Beban malah menyebabkan adanya penurunan dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau bertambahnya hutang tetapi tidak berasal dari kontribusi pemilik modal. Beban juga bisa dikelompokkan lagi menjadi dua unsur, yaitu beban (expense) dan kerugian (loss). Beban merupakan beban yang berasal dari aktivitas operasi utama perusahaan, misalnya aktivitas penjualan barang dagang bagi perusahaan dagang. Sementara kerugian merupakan beban yang berasal dari transaksi insidental.

3. Adanya komponen pendapatan komperhensif lain berisi pos-pos pendapatan dan beban yang tidak diakui dalam laba rugi. Komponen pendapatan komperhensif lain-nya, antara lain sebagai berikut :

a. Perubahan dalam surplus revaluasi aset tetap dan aset tak berwujud. Surplus revaluasi adalah selisih antara nilai revaluasi dengan nilai tercatat aset tetap dan aset tak berwujud yang diukur menggunakan model revaluasi.

b. Keuntungan dan kerugian akturial atas program manfaat pasti yang diakui.

c. Keuntungan dan kerugian yang timbul dari penjabaran laporan keuangan dari entitas asing.

d. Keuntungan dan kerugian dari pengukuran kembali aset keuangan yang dikategorikan sebagai tersedia untuk dijual.

e. Bagian afektif dari keuntungan dan kerugian instrumen lindung nilai dalam rangka lindung nilai arus kas.

Jenis-Jenis Penyajiannya

Dalam penyajian laporan laba rugi komprehensif terdapat 2 jenis penyajian, antara lain:

1. Dalam bentuk satu laporan laba rugi komperhensif, di mana semua pos penghasilan dan beban yang diakui dalam satu periode (pendekatan satu laporan - the single statement approach).

2. Dalam bentuk dua laporan (pendekatan dua laporan - the two statement approach) dinyatakan jika:

a. Laporan yang menunjukkan komponen laba rugi (laporan laba rugi terpisah)

b. Laporan yang dimulai dengan laba rugi dan menunjukkan komponen pendapatan komperhensif lain (dalam laporan laba rugi komperhensif).

Total laba rugi komperhensif (total comprehensive income) yang dilaporkan dalam laporan laba rugi komperhensif adalah total semua pos penghasilan dan beban yang diakui selama satu periode (termasuk komponen laba atau rugi dan pendapatan komperhensif lain).

Itulah penjelasan tentang pengertian, fungsi dan jenis laporan laba rugi komperhensif. Dengan laporan laba rugi komperhensif anda dapat meminimalisir resiko kerugian yang anda dan cepat mengambil keputusan kebijakan perusahaan ketika anda mengetahui kondisi keuangan perusahaan anda. Dalam pembuatan laporan laba rugi, pasti anda sangat membutuhkan perhitungan laporan laba rugi yang cepat, tepat dan praktis.

Jangan bingung, dimanapun dan kapanpun Anda dapat mudah menggunakan Harmony yang membantu membuat laporan laba rugi bisnis anda. Tidak perlu khawatir, yuk kita saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Harmony akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi dengan konsultasi dengan kami di live chat Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram