Harmony » Blog » 

Mengenal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Ciri dan Peranannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 29, 2021

Peranan BUMD atau Badan Usaha Milik Daerah adalah sebagai pelaksana, pengawas, serta pendamping badan usaha yang ada di daerah.

Sebagai salah satu badan usaha milik pemerintah daerah, maka seluruh atau sebagian besar modal Badan Usaha Milik Daerah dikelola oleh negara.

Contoh Badan Usaha Milik Daerah, misalnya seperti kantor PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD), Kantor Perusahaan Daerah Angkutan Kota (Bus Kota), dan sebagainya.Click to Tweet

Baik, Badan Usaha Milik Daerah maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan terhadap ekonomi bangsa. Pasalnya, Badan Usaha Milik Daerah menjadi bagian dari BUMN yang berlokasi di tiap-tiap daerah.

Ciri Badan Usaha Milik Daerah

Adapun berikut ciri Badan Usaha Milik Daerah, antara lain:

  • BUMD sebagai badan usaha yang dibentuk di bawah naungan pemda.
  • Pemda menjadi pemilik otoritas kekayaan dan aset yang absolut atas BUMD.
  • Keseluruhan atau sebagian besar modal Badan Usaha Milik Daerah dimiliki oleh pemda.
  • BUMD dikelola oleh direksi yang diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah. Seperti bupati, walikota, atau gubernur daerah.
  • Penanggung jawab Badan Usaha Milik Daerah adalah pemerintah daerah.
  • Ciri Badan Usaha Milik Daerah selanjutnya adalah memberikan hasil keuntungan untuk disetorkan ke kas daerah dan negara.
  • Pemasukan yang diperoleh BUMD, dikembangkan untuk mendukung pembangunan nasional.
  • Badan Usaha Milik Daerah dibentuk bukan mendapatkan keuntungan komersial. Melainkan, keuntungan tersebut dipergunakan bagi kesejahteraan masyarakat.
  • BUMD diperbolehkan mengumpulkan pembiayaan dari bank atau non-bank lainnya.

Baca juga : Bagaimana Peranan Koperasi Dalam Memajukan Perekonomian?

Apa Saja Contoh BUMD?

Anda pasti sudah tau apa saja contoh Badan Usaha Milik Daerah, kan? Kebanyakan contoh BUMD mudah dijumpai di daerah Anda, terutama di pusat keramaian masyarakat pedesaan.

Contoh BUMD

Contoh BUMD, misalnya seperti kantor PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD), Kantor Perusahaan Daerah Angkutan Kota (Bus Kota), dan sebagainya.

Selain itu, di bidang tata kelola pasar, Anda mungkin menjumpai contoh Badan Usaha Milik Daerah seperti Kantor Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan, Bank Pasar Daerah, dll.

Namun, memang tidak semua area di Indonesia memiliki Badan Usaha Milik Daerah yang sama. Contoh Badan Usaha Milik Daerah yang tidak semua daerah memilikinya adalah Perusahaan Bongkar Muat Pelabuhan Probolinggo atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Keduanya adalah contoh Badan Usaha Milik Daerah yang hanya dimiliki area-area tertentu.

[elementor-template id="26379"]

Mengenal Peranan BUMD

Nah, mungkin Anda sudah mengenal peranan BUMN, saat ini pahami dahulu peranan BUMD bagi pengembangan potensi daerah sangat besar. Mengingat, peranan BUMD adalah menyumbangkan hasil keuntungan atau omsetnya untuk kas daerah maupun kas negara.

Berikut adalah peranan BUMD, antara lain:

  • Menyediakan barang ekonomis yang tidak diproduksi perusahaan swasta.
  • Mendukung pengembangan ekonomi daerah dan membantu pemda.
  • Mengelola cabang produksi sumber daya daerah yang dipergunakan bagi masyarakat.
  • Menjadi penyedia layanan untuk masyarakat.
  • Mendorong sektor usaha yang belum dilirik oleh perusahaan swasta.
  • Mendukung lapangan kerja baru di daerah-daerah.
  • Mendukung peranan koperasi untuk menggerakkan ekonomi masyarakat daerah.

Nah, begitulah pembahasan kita mengenai apa itu BUMD, ciri-ciri serta peranan BUMD untuk ekonomi masyarakat daerah.

Dengan memahami peranan BUMD, maupun peranan koperasi, dapat menambah insight serta inspirasi untuk meningkatkan profit dan tata kelola pembukuan bisnis Anda.

Untuk mempermudah perhitungan profit dan pembukuan bisnis, Anda membutuhkan Software Akuntansi Online dari Harmony.

Aplikasi Harmony sudah terbukti keunggulan fitur-fiturnya untuk membantu Anda lebih fokus dalam pengembangan bisnis, ketimbang hanya menangani tugas administratif yang berulang.

Transaksi jual beli barang, penagihan, penghitungan aset usaha, hingga laporan keuangan adalah tugas administratif yang terkadang menyita waktu dan tenaga tim finance.

Maka itu, andalkan aplikasi Harmony untuk meningkatkan efisiensi sekaligus kinerja tim finance yang lebih cepat, sistematis, rapi dan modern.

Dengan Harmony Smart Accounting Solution, Anda bisa menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara instan, siap pakai, dan real-time. Semua tersaji semudah beberapa kali klik saja

Jadikan, Harmony Smart Accounting Solution sebagai pilihan utama sistem pembukuan bisnis Anda. Praktis, tanpa ribet, dan mudah dipakai meski tidak memiliki background akuntan sekalipun.

Mari pakai Aplikasi Harmony secara GRATIS selama 30 hari dan buktikan sendiri kemudahannya. Daftar di tautan ini, sekarang yuk! Like, comment, dan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info selengkapnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram