Harmony Blog

Tips Mengembangkan Bisnis Jasa, Contoh dan Peluangnya

Diupdate Mei 31st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Bisnis JasaPin

Anda tertarik menekuni bidang bisnis jasa? Pilihan yang sangat bagus. Tidak hanya mendapatkan keuntungan, bisnis jasa adalah salah satu peluang menghasilkan uang tanpa modal besar. Untuk mewujudkan ide usaha jasa, tentunya Anda perlu memahami strategi pemasaran jasa yang tepat agar bisa menentukan harga pokok penjualan jasa, serta mampu bersaing di pasar jasa.

Bisnis jasa adalah suatu bidang yang menghadirkan layanan jasa atau keahlian tertentu sebagai produknya.Click to Tweet

Dengan memiliki keahlian khusus di bidang tertentu, Anda bisa mulai berbisnis plan jasa secepatnya. Apalagi, sekarang ada banyak platform atau aplikasi untuk menawarkan usaha jasa. Nah, sebelum membangun ide usaha jasa, yuk simak apa saja tips dan contoh bisnis jasa berikut.

Apa Itu Bisnis Jasa?

Secara sederhana, bisnis jasa adalah suatu bidang yang menghadirkan layanan jasa atau keahlian tertentu sebagai produknya. Bentuk bisnis jasa adalah layanan yang menjual ilmu, keahlian, atau kemampuan khusus kepada pelanggan. Tidak heran jika penyedia usaha jasa bisa mendapatkan penghasilan besar dari menjual usaha jasa. Karena umumnya, memang keahlian atau keterampilan yang dimiliki tidak semua orang mampu melakukannya.

Contoh Usaha Jasa

Sebenarnya, ide usaha jasa saat ini sangat banyak di era milenial. Mulai dari jasa titip (jastip), jasa ojek online, jasa pengantaran paket, dan masih banyak, lagi. Berikut adalah beberapa contoh usaha jasa yang bisa menambah inspirasi usaha jasa Anda selanjutnya:

Cara mengembangkan bisnis jasaPin

  1. Ide Usaha Jasa Pembuatan Artikel

    Anda suka membaca? Biasanya, orang yang suka membaca, juga memiliki keahlian menulis yang bagus. Termasuk dalam pembuatan artikel. Contoh usaha jasa ini sangat layak dicoba, sebab sekarang ada banyak platform internet yang mewadahi penulis untuk menjual bisnis jasa pembuatan artikel, novel, makalah, skripsi, dan masih banyak lagi.

    Baca Juga: Contoh Laporan Perubahan Modal Pada Perusahaan Jasa

  2. Bisnis Jasa Titip

    Lebih dikenal sebagai jastip, bisnis jasa titip adalah layanan yang menawarkan produk tertentu ke konsumen secara online. Jika konsumen berminat membeli, bisa transfer ke penyedia jasa titip. Selanjutnya, si penyedia usaha jasa titip akan membayar ke toko atau penjual dan mengirimkan ke alamat konsumen.

    Contoh usaha jasa titip, misalnya ketika ada pameran UMKM. Anda cukup datang lalu memfoto atau memvideokan produk-produk yang dijual di sana. Dan jika ada yang titip ingin membeli, bisa transfer ke rekening Anda. Selanjutnya, Anda yang akan membayar dan mengirimkan ke alamat konsumen tadi. Simpel, kan? usaha jasa titip saat ini sudah menjamur di berbagai platform. Termasuk Instagram, Shopee, Facebook, dan lainnya.

  3. Bisnis Jasa Cuci Pakaian

    Kenapa ide usaha cuci pakaian termasuk menggiurkan? Sebab, sudah banyak contoh usaha jasa laundry yang sukses di seluruh Indonesia. Bukan hanya perkotaan, usaha jasa laundry sudah merambah ke desa-desa. Masyarakat modern umumnya memang ingin serba cepat dan praktis.

    Apalagi, mereka punya uang dan sibuk, sehingga tidak sempat menangani cucian kotor. Di sinilah, peran usaha jasa cuci pakaian yang sangat bermanfaat. Karena membantu membereskan urusan pakaian dalam sekejap, pakaian sudah rapi, bersih, dan wangi.

Tips Mengembangkan Bisnis Jasa

Bisnis jasa adalah bidang usaha yang memprioritaskan keramahan dan kepuasan bagi pelanggan atas keahlian yang dijual. Agar usaha jasa tetap laris dan berkembang, simak tips-tips ini:

  1. Harga Kompetitif

    Di awal-awal membangun usaha jasa, pertimbangkan soal harga. Nantinya, setelah bisnis jasa semakin berkembang, Anda bebas menyesuaikan harga dengan kualitas layanan.

  2. Responsif dan Ramah

    Seringkali, bisnis jasa adalah bisnis yang membuat Anda berhubungan langsung dengan pelanggan. Maka itu, jika terdapat kendala atau komplain, segera tanggapi dengan ramah dan profesional.

  3. Pemasaran Media Sosial

    Pemasaran adalah ujung tombak kesuksesan usaha jasa Anda. Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa menggunakan metode ‘mouth to mouth’ marketing. Secara otomatis, jika layanan jasa Anda unggul dibanding kompetitor, maka pelanggan juga akan merekomendasikan usaha jasa Anda ke teman, kerabat, atau rekan kerja mereka.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Peluang Bisnis Jasa Di Era Milenial?

Jawaban dari pertanyaan di atas cukup sederhana. Peluang bisnis jasa di era modern saat ini, sangat menguntungkan dan menjanjikan keuntungan besar. Bayangkan saja, dengan mengeluarkan modal kecil, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari menjual keahlian, ilmu, atau keterampilan tertentu.

Selain itu, banyak generasi muda saat ini yang menjual bisnis jasa secara kreatif. Mereka menawarkan diri menjadi marketer produk melalui TikTok, admin media sosial, bahkan hingga joki games online. Sungguh, ide usaha bisnis jasa yang cerdas.

Anda juga tidak boleh ketinggalan, dukung kelancaran pembukuan untuk bisnis yang lebih gemilang di masa depan, bersama Software Akuntansi Harmony. Fitur-fitur Aplikasi Harmony komplit untuk menyelesaikan pembukuan secara real-time, rapi, dan otomatis.

Tersedia lebih dari 20 jenis laporan, termasuk laporan perubahan modal, laporan laba-rugi, laporan utang-piutang, dan masih banyak lagi. Aplikasi Harmony juga hadir di media sosial untuk update info bisnis dan aktivitas menarik lainnya.

So, apalagi yang Anda tunggu! Pakai aplikasi Harmony sekarang GRATIS 30 hari dengan klik tautan ini. Mulai aja dulu yuk, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony