Harmony » Blog » 

Cara Mudah Membuat Unique Value Proposition (UVP), Ciri dan Contohnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 13, 2021

Bagaimana cara membuat Unique Value Proposition (UVP)? Di masa sekarang, membuat Unique Value Proposition (UVP) atau proporsi nilai unik sangat penting bagi bisnis.

Unique Value Proposition (UVP) adalah metode yang digunakan untuk membedakan antara bisnis Anda dengan bisnis kompetitor yang bergerak dalam bidang yang sama. Unique Value Proposition (UVP) dapat difungsikan untuk menambah daya tarik perilaku konsumen terhadap produk kita.

Unique Value Proposition adalah nilai unik dari sebuah bisnis atau perusahaan yang menjadi keunggulan dan daya tarik calon konsumen terhadap produk yang dijual.Click to Tweet

Caranya adalah dengan menambahkan proporsi nilai unik (UVP) pada situs website atau media pemasaran lainnya. Untuk mengetahui proporsi nilai unik (UVP) secara lebih mendalam simak ulasan berikut ini.

Pengertian Unique Value Proposition (UVP)

Unique Value Proposition adalah nilai unik dari positioning bisnis atau perusahaan yang menjadi keunggulan dan daya tarik calon konsumen terhadap produk yang dijual. Untuk mengetahui dan menentukan keunikan ini, perusahaan perlu evaluasi dan penelitian yang efisien.

pengertian unique value proposition

Unique Value Proposition adalah salah satu aspek penting dalam penyusunan strategi marketing, karena proporsi nilai unik biasanya hal yang pertama dilihat ketika mengunjungi website perusahaan. Terdapat tiga komponen pada proporsi nilai unik di antaranya yaitu relevansi, kuantifikasi, dan diferensiasi.

Setelah calon konsumen membaca proporsi nilai unik Anda, mereka harus mendapatkan informasi yang jelas mengenai daya tarik perusahaan Anda dibandingkan perusahaan lain. Proporsi nilai unik (UVP) sebaiknya bersifat ringkas, menarik dan mewakili nilai unik perusahaan. Karena itu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mempertahankan perhatian pembaca di website Anda adalah sekitar lima detik.

Cara Unique Value Proposition

Untuk dapat menulis Unique Value Proposition yang efektif dan efisien, sebaiknya melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

  1. Membuat Judul Yang Menarik

    Anda bisa menuliskan berbagai manfaat yang bisa Anda berikan kepada konsumen , kemudian Anda bisa meringkas menjadi satu kalimat efektif yang nantinya dijadikan judul dari proporsi nilai unik (UVP). Judul harus menarik dan informasi yang disampaikan dapat tersampaikan ke pembaca. Perlu diingat bahwa, judul proporsi nilai unik berbeda dengan tagline atau slogan perusahaan.

  2. Menghubungkan Produk Dengan Pelanggan

    Untuk lebih menarik perhatian dari pembaca, Anda perlu memikirkan apa yang konsumen inginkan, dan permasalahan apa yang ingin konsumen pecahkan. Buat hubungan antara masalah pelanggan dengan manfaat produk Anda. Anda bisa membuat poin-poin atau paragraf kecil dibawah judul utama.

  3. Menunjukkan Bahwa Perusahaan Adalah Pilihan Yang Terbaik

    Buatlah keunggulan perusahaan dibandingkan produk lain dari yang lain. Anda bisa memasukkan apa saja yang bisa membuat produk Anda terlihat unik dan lebih mengangkat produk Anda daripada yang lain.

  4. Menggunakan Gambar Atau Video

    Untuk lebih menarik perhatian pembaca, sebaiknya melampirkan gambar dengan desain yang eye catching dan mudah mewakili dari Uproporsi nilai unik yang akan disampaikan. Jika yang dijual adalah produk, foto asli produk perlu dicantumkan.  Selain gambar, video juga menjadi alternatif yang baik untuk dicantumkan.

[elementor-template id="26379"]

Ciri Unique Value Proposition

Unique Value Proposition setiap produk pastinya beragam, namun terdapat ciri atau karakteristik dari proporsi nilai unik (UVP). Dan berikut adalah ciri Unique Value Proposition.

  • Daya tarik visual.
  • Sederhana.
  • Mendefinisikan tujuan dengan jelas.
  • Mendefinisikan keunggulan dan keunikan yang jelas.
  • Mendefinisikan pemecahan masalah yang jelas.

Contoh Unique Value Proposition

Selain harus mengandung informasi yang jelas dan menarik pembaca, proporsi nilai unik (UVP) juga harus ringkas dan pembaca mampu memahami nilai yang disampaikan.

Sebagai contoh Unique Value Proposition adalah sebuah perusahaan layanan aplikasi resep “Buat resep kelas restoran dengan bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda”. Sedangkan, contoh contoh proporsi nilai unik untuk sebuah aplikasi akuntansi mudah “aplikasi akuntansi mudah untuk non akuntan”.

Bagaimana, semoga contoh Unique Value Proposition dan penjelasannya bisa mudah dipahami, ya. Jika Anda ingin membuat konsumen lebih mudah mengingat produk atau jasa Anda, maka sangat penting menerapkan contoh proporsi nilai unik.

Akan tetapi, jika ingin pengelolaan keuangan berjalan lancar dan sistematis, Anda perlu menggunakan Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony dirancang dengan fitur dan modul akunting yang mudah dipahami tanpa keahlian IT atau akuntan.

Antarmuka atau tampilan yang sederhana dan kecanggihan fitur Software Akuntansi Harmony, akan sangat meningkatkan produktivitas tim finance Anda. Berminat? Klik tautan ini untuk daftar FREE Trial 30 hari.

Follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info detail dan update aktivitas Harmony tiap hari.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram