Bagaimana cara membuat Unique Value Proposition (UVP)? Di masa sekarang, membuat Unique Value Proposition (UVP) atau proporsi nilai unik sangat penting bagi bisnis.
Unique Value Proposition (UVP) adalah metode yang digunakan untuk membedakan antara bisnis Anda dengan bisnis kompetitor yang bergerak dalam bidang yang sama. Unique Value Proposition (UVP) dapat difungsikan untuk menambah daya tarik perilaku konsumen terhadap produk kita.
Caranya adalah dengan menambahkan proporsi nilai unik (UVP) pada situs website atau media pemasaran lainnya. Untuk mengetahui proporsi nilai unik (UVP) secara lebih mendalam simak ulasan berikut ini.
Table of Contents
Unique Value Proposition adalah nilai unik dari positioning bisnis atau perusahaan yang menjadi keunggulan dan daya tarik calon konsumen terhadap produk yang dijual. Untuk mengetahui dan menentukan keunikan ini, perusahaan perlu evaluasi dan penelitian yang efisien.
Unique Value Proposition adalah salah satu aspek penting dalam penyusunan strategi marketing, karena proporsi nilai unik biasanya hal yang pertama dilihat ketika mengunjungi website perusahaan. Terdapat tiga komponen pada proporsi nilai unik di antaranya yaitu relevansi, kuantifikasi, dan diferensiasi.
Setelah calon konsumen membaca proporsi nilai unik Anda, mereka harus mendapatkan informasi yang jelas mengenai daya tarik perusahaan Anda dibandingkan perusahaan lain. Proporsi nilai unik (UVP) sebaiknya bersifat ringkas, menarik dan mewakili nilai unik perusahaan. Karena itu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mempertahankan perhatian pembaca di website Anda adalah sekitar lima detik.
Untuk dapat menulis Unique Value Proposition yang efektif dan efisien, sebaiknya melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.
Anda bisa menuliskan berbagai manfaat yang bisa Anda berikan kepada konsumen , kemudian Anda bisa meringkas menjadi satu kalimat efektif yang nantinya dijadikan judul dari proporsi nilai unik (UVP). Judul harus menarik dan informasi yang disampaikan dapat tersampaikan ke pembaca. Perlu diingat bahwa, judul proporsi nilai unik berbeda dengan tagline atau slogan perusahaan.
Untuk lebih menarik perhatian dari pembaca, Anda perlu memikirkan apa yang konsumen inginkan, dan permasalahan apa yang ingin konsumen pecahkan. Buat hubungan antara masalah pelanggan dengan manfaat produk Anda. Anda bisa membuat poin-poin atau paragraf kecil dibawah judul utama.
Buatlah keunggulan perusahaan dibandingkan produk lain dari yang lain. Anda bisa memasukkan apa saja yang bisa membuat produk Anda terlihat unik dan lebih mengangkat produk Anda daripada yang lain.
Untuk lebih menarik perhatian pembaca, sebaiknya melampirkan gambar dengan desain yang eye catching dan mudah mewakili dari Uproporsi nilai unik yang akan disampaikan. Jika yang dijual adalah produk, foto asli produk perlu dicantumkan. Selain gambar, video juga menjadi alternatif yang baik untuk dicantumkan.
[elementor-template id="26379"]
Unique Value Proposition setiap produk pastinya beragam, namun terdapat ciri atau karakteristik dari proporsi nilai unik (UVP). Dan berikut adalah ciri Unique Value Proposition.
Selain harus mengandung informasi yang jelas dan menarik pembaca, proporsi nilai unik (UVP) juga harus ringkas dan pembaca mampu memahami nilai yang disampaikan.
Sebagai contoh Unique Value Proposition adalah sebuah perusahaan layanan aplikasi resep “Buat resep kelas restoran dengan bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda”. Sedangkan, contoh contoh proporsi nilai unik untuk sebuah aplikasi akuntansi mudah “aplikasi akuntansi mudah untuk non akuntan”.
Bagaimana, semoga contoh Unique Value Proposition dan penjelasannya bisa mudah dipahami, ya. Jika Anda ingin membuat konsumen lebih mudah mengingat produk atau jasa Anda, maka sangat penting menerapkan contoh proporsi nilai unik.
Akan tetapi, jika ingin pengelolaan keuangan berjalan lancar dan sistematis, Anda perlu menggunakan Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony dirancang dengan fitur dan modul akunting yang mudah dipahami tanpa keahlian IT atau akuntan.
Antarmuka atau tampilan yang sederhana dan kecanggihan fitur Software Akuntansi Harmony, akan sangat meningkatkan produktivitas tim finance Anda. Berminat? Klik tautan ini untuk daftar FREE Trial 30 hari.
Follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info detail dan update aktivitas Harmony tiap hari.