Harmony Blog

Laporan Keuangan Sektor Publik : Kenali Fungsi dan Bedanya Dengan Sektor Swasta

Diposting Jul 26th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Laporan Keuangan Sektor PublikPin

Menyediakan laporan keuangan sektor publik merupakan tugas dan kewajiban perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan publik. Informasi laporan keuangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan internal organisasi sektor publik maupun pihak eksternal.

Adanya tuntutan untuk membuat laporan keuangan sektor publik kepada masyarakat menjadikan organisasi sektor publik lebih transparansi serta akuntabilitas.

Laporan keuangan sektor publik dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat serta terbuka untuk publik.Click to Tweet

Karena tujuan pembuatan laporan keuangan sektor publik ini supaya berguna bagi sejumlah pemakai laporan keuangan segmen, sehingga bisa mengevaluasi keputusan dari mana alokasi sumber daya yang dibutuhkan dan apa saja kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan.

Apa Yang Dimaksud Laporan Keuangan Sektor Publik dan Jenisnya?

Berdasarkan pengertiannya sektor publik merupakan sekelompok dari beberapa jenis organisasi seperti badan usaha milik negara, pemerintah, dan masyarakat.

Oleh karena itu sektor publik perlu membuat kebutuhan informasi laporan keuangan yang harus direncanakan dan dikendalikan oleh manajemen pengendalian.

Apa itu laporan keuangan sektor publikPin

Begitu juga dengan pemegang saham di sektor publik, yang membutuhkan informasi laporan keuangan sektor publik secara relevan, handal, dan bervariasi untuk mengambil suatu keputusan.

Di mana dalam akuntansi sektor publik merupakan kewajiban dan mempertanggung jawabkan atas segala kegiatan seperti melaporkan, menyajikan, melaksanakan.

Adapun dua macam akuntabilitas sektor publik yaitu:

  • Horizontal Accountability (Akuntabilitas Horizontal)

    Akuntabilitas horizontal bertanggung jawab atas pengelolaan dana bagi masyarakat luas.

  • Vertical Accountability (Akuntabilitas Vertikal)

    Akuntabilitas vertikal merupakan sebuah pertanggungjawaban kepada atasan pengelola dana. Misalnya, unit pengelola pelayanan bertanggung jawab kepada pejabat pemerintah, pemerintah daerah, serta bertanggung jawab kepada pemerintah pusat.

    Baca Juga: 5 Manfaat Laporan Keuangan Dalam Bisnis Dan Contohnya

Apa Saja Tujuan dan Fungsi Laporan Keuangan Sektor Publik?

Seperti yang diketahui diatas bahwa organisasi publik memiliki beberapa tujuan dan fungsi laporan keuangan sektor publik yaitu:

  1. Accountability & Retrospective (Reporting Akuntabilitas Dan Pelaporan Retrospektif)

    Pertama, tujuan dan fungsi laporan keuangan sektor publik digunakan untuk memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat seperti :

    • Memahami kinerja dan evaluasi manajemen
    • Memahami pencapaian tujuan yang telah ditetapkan
    • Menjadi perbandingan dengan organisasi sejenis lainnya
    • Memberikan kemungkinan bahwa pihak luar mengetahui harga pokok barang dan jasa yang sudah diterima
    • Memahami efisiensi sumber daya yang digunakan organisasi
  2. Compliance & Stewardship (Kepatuhan Dan Pengelolaan)

    Menyajikan laporan keuangan berarti telah menjadi suatu jaminan bagi pengguna laporan keuangan dan lembaga yang berwenang.

    Untuk itu melakukan pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  3. Viability (Kelangsungan Organisasi)

    Selanjutnya fungsi pelaporan keuangan adalah untuk menentukan bagaimana keberlangsungan organisasi tersebut, apakah masih memiliki kemampuan untuk menyediakan barang dan jasa atau tidak.

  4. Public Relation (Hubungan Masyarakat)

    Melalui fungsi laporan keuangan ini memberikan kesempatan bagi organisasi untuk berkomunikasi dengan publik, maupun dengan pihak lain yang berkepentingan atas pencapaian yang telah mereka buat.

  5. Planning & Authorization Information (Perencanaan Dan Informasi Otorisasi)

    Adanya fungsi laporan keuangan digunakan untuk menjalankan sebuah rencana, kebijakan, dan kegiatan dimasa depan, serta untuk menemukan informasi pendukung mengenai penggunaan dana yang diizinkan.

  6. Source Of Facts & Figures (Fakta Dan Sumber Gambar)

    Selanjutnya fungsi dari Laporan keuangan dirancang untuk menyajikan informasi kepada pihak kepentingan untuk mengetahui fakta serta memahami gambaran dari organisasi secara lengkap.

    Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Bentuk T Dan Contohnya

Memahami Jenis Laporan Keuangan Yang Perlu Dibuat

Nyatanya sektor publik adalah sebuah organisasi yang secara kompleks maupun heterogen. Di mana organisasi sektor publik harus memberikan informasi kepada masyarakat tentang rencana dan kinerja mereka.

Kemudian pada sektor ini akan melibatkan penerapan sistem akuntabilitas yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi sektor publik.

Jenis laporan keuangan sektor publikPin

Tentu bentuk tanggung jawab akuntansi sektor publik adalah melakukan penyusunan laporan keuangan. Namun informasi keuangan bukanlah tujuan akhir dari akuntansi sektor publik, tetapi juga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Selain itu pada dasarnya bentuk laporan keuangan instansi pemerintah sama dengan sektor swasta, namun sifat dan karakteristik sektor publik harus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Kemudian dari segi karakteristik laporan keuangan sektor publik juga memiliki keterbatasan pada faktor non moneter seperti faktor sosial politik yang perlu diperhatikan.

Adapun laporan keuangan yang harus disiapkan oleh organisasi sektor publik yang mencakup laporan keuangan formal yaitu laporan surplus/defisit, laporan realisasi anggaran, laporan laba/rugi, laporan arus kas, laporan neraca, serta laporan kinerja yang dinyatakan dalam ukuran finansial dan non finansial.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Perbedaan Laporan Keuangan Sektor Publik dan Swasta?

Terdapat perbedaan pengelolaan laporan keuangan antara lembaga pemerintah (sektor publik) dan lembaga non-pemerintah (sektor swasta).

Dari perbedaan tersebut memiliki beberapa jenis laporan keuangan, tujuan laporan keuangan, teknik akuntansi yang digunakan, serta elemen laporan keuangan.

Dalam persamaan laporan keuangan sektor publik dengan swasta bisa dilihat dari beberapa sumber dokumen yang digunakan, serta memiliki peran yang berhubungan dengan masyarakat.

Sedangkan perbedaannya juga memiliki karakteristik yang berdasarkan standar akuntansi keuangan untuk menyajikan laporan keuangan. Berikut tabel perbedaan laporan keuangan sektor publik dan swasta adalah:

Perbedaan laporan keuangan sektor publikPin

Demikianlah pemahaman perbedaan laporan keuangan sektor publik dan swasta. Di mana laporan keuangan ini sangat penting untuk menyajikan informasi serta sebagai bentuk pertanggungjawaban oleh suatu organisasi publik kepada masyarakat.

Begitu juga dengan Anda yang memiliki perusahaan tentunya akan membutuhkan laporan keuangan usaha sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak kepentingan atau investor.

Dalam membuat laporan keuangan juga dibutuhkan proses penyusunan laporan yang handal, detail, dan akurat. Nah untuk membantu Anda dalam memiliki pembukuan modern dan praktis serta real time. Anda bisa memanfaatkan Harmony sebagai software pembukuan.

Tidak hanya membantu mencatat transaksi bisnis saja, Anda juga harus menyiapkan dan memperhitungkan laporan keuangan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot.

Fitur lainnya bisa digunakan seperti pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony