Harmony Blog

Pahami Laporan Keuangan Bank, Jenis dan Contohnya

Diposting Mei 21st, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Laporan Keuangan BankPin

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana bentuk laporan keuangan bank? Nah ternyata laporan keuangan bank memang sedikit berbeda dari laporan keuangan lainnya yang kebanyakan pernah dianalisis oleh investor.

Selain itu ternyata manfaat laporan keuangan bank juga bisa dirasakan oleh Anda yang ingin mengetahui kondisi keuangan bank.

Pada dasarnya penyusunan laporan keuangan bank, sama saja dengan laporan keuangan perusahaan biasa.Click to Tweet

Di mana pada dasarnya pengertian laporan keuangan bank adalah sebuah laporan keuangan yang tersusun dan menjadi bentuk tanggung jawab manajemen dan pihak kepentingan lainnya.

Namun untuk membuat laporan keuangan bank juga tidak dapat sembarangan, karena contoh laporan keuangan bank tersebut harus memenuhi standar mutu dan kualitatif perbankan.

Nah apa saja sih format laporan keuangan perbankan? Teruslah membaca artikel ini dan simak terus ilmunya di sini.

Memahami Istilah Laporan Keuangan Bank

Dalam pengertian laporan keuangan bank adalah sebuah laporan keuangan yang tersusun dan menjadi bentuk tanggung jawab manajemen bank serta pihak kepentingan kinerja keuangan bank.

Dalam pertanggungjawaban ini biasanya dilaporkan selama satu periode yang sudah ditentukan.

Agar pembuatan laporan tidak mengalami keraguan untuk digunakan sebagai kepentingan akuntansi, maka laporan keuangan bank ini juga harus memenuhi syarat mutu serta perhitungan kualitatif akuntansi perbankan.

Mengapa begitu? Karena karakteristik laporan keuangan bank ini tidak hanya ditujukan kepada bank komersial saja, tetapi juga untuk bank umum hingga bank perkreditan rakyat.

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan Bank?

Dilihat berdasarkan waktunya, bahwa jenis laporan keuangan bank memiliki tiga jenis yaitu:

Contoh laporan keuangan bankPin

  1. Laporan Keuangan Bulanan

    Dengan adanya laporan keuangan bulanan ini disiapkan selama setahun dan pencatatannya setiap akhir bulan.

    Laporan keuangan bulanan ini juga merupakan kebijakan antara kantor pusat bank dan seluruh cabang bank hingga perwakilan bank

  2. Laporan Keuangan Triwulan

    Sedangkan pada laporan keuangan ini dipersiapkan setiap 3 bulan selama setahun, misalkan maret, juni, september dan desember.

    Selain itu laporan ini juga harus disajikan sesuai dengan peraturan otoritas jasa keuangan (OJK).

    Artinya mempublikasikan laporan ini secara kinerja, hasil usaha, neraca bank berdasarkan PSAK, pedoman akuntansi perbankan indonesia, bahkan peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

  3. Laporan Keuangan Tahunan

    Terakhir jenis laporan keuangan ini biasanya dipersiapkan setiap tahun di mana laporan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan bank secara menyeluruh.

    Dengan begitu laporan ini akan memberikan gambaran kepada nasabah maupun publik mengenai kinerja serta performa dari bank tersebut selama setahun.

    Di sisi lain laporan keuangan tahunan ini juga harus memberikan transparansi, karena laporan ini akan diberikan kepada Bank Indonesia, lembaga keuangan lain hingga terlibat dalam pengembangan usaha bank.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Bentuk T Dan Contohnya

Apa Saja Komponen Laporan Keuangan Bank?

Agar Anda dapat mengetahui penyajian laporan keuangan bank secara rinci serta detail, maka berikut ini ada beberapa komponen laporan keuangan bank yaitu:

  1. Laporan Neraca Bank

    Dalam contoh laporan keuangan bank yang pertama dilakukan yaitu laporan neraca bank, di mana laporan ini menggambarkan kekayaan, kewajiban (hutang), dan juga modal suatu perusahaan.

    Adapun komponen laporan neraca bank bisa Anda lihat melalui website bank tersebut seperti contoh Bank BNI atau Bank Mandiri yang meliputi unsur-unsur:

    • Giro
    • Kredit
    • Pos Deposito
    • Penempatan Bank Indonesia
    • Surat Berharga dan Obligasi
    • Penyisihan Penghapusan Aktiva
  2. Laporan Laba Rugi Bank

    Terdapat laporan laba rugi yang merupakan sebuah laporan dalam memberikan informasi mengenai jumlah pendapatan suatu perusahaan selama periode tertentu.

    Secara bentuknya laporan laba rugi ini disajikan secara multiple step maupun berjenjang.

    Selain itu perhitungan pendapatan bunga bersih dapat dihitung melalui pendapatan bunga dan biaya bunga.

    Bahkan jumlah pendapatan bunga bersih ini akan menginformasikan mengenai tingkat penyebaran pendapatan yang terjadi di bank.

    Baca Juga: Neraca Saldo : Pengertian Lengkap, Jenis Dan Contoh Praktisnya 

  3. Laporan Komitmen dan Kontinjensi

    Terakhir pada komponen laporan ini akan disebut sebagai rekening administratif yang dapat disajikan secara terpisah mengenai antara komitmen dan kontinjensi.

    Selain itu dalam mempermudah pencarian transaksi off balanced hingga posisinya, laporan ini akan memberikan secara rinci berdasarkan tagihan serta kewajiban secara berturut.

    Bahkan memberikan pengaruh terhadap laporan neraca dan laba rugi bank. Masyarakat bisa mengetahui para pengurus bank, dan juga sejauh mana integritas pengurus dan pemilik bank tersebut.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Aspek Transparansi Dengan Kelompok Usaha?

Sebagai tujuan diadakan transparansi laporan keuangan bank, maka suatu bank wajib memberikan informasi yang terkait dengan kegiatan pada kelompok usaha yang meliputi:

Kenali laporan keuangan bankPin

  1. Struktur Kelompok Pemilik Usaha Bank

    Dengan adanya struktur kelompok usaha bank akan diberikan susunan pemilik terakhir (ultimate shareholder), struktur kepengurusan pemegang saham yang juga bertanggung jawab dengan pemegang saham lain (shareholders acting in concert)

    Adapun istilah pemegang saham yang bertindak sebagai nama pemegang saham lain yaitu pemegang saham perorangan. Bahkan perusahaan atau badan hukum memiliki tujuan bersama seperti mengendalikan bank, sesuai dengan perjanjian.

  2. Transaksi Dengan Pihak Memiliki Hubungan Istimewa

    Adapun beberapa transaksi yang dimiliki oleh pihak hubungan istimewa yaitu:

    • Informasi transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa disajikan baik yang dilakukan bank maupun yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau badan hukum di dalam kelompok usaha bank yang bergerak di bidang keuangan.
    • Pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa adalah pihak-pihak sebagaimana diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang berlaku.Jenis transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan yang istimewa antara lain meliputi:
      • Kepemilikan silang
      • Transaksi dari suatu kelompok usaha yang bertindak untuk kepentingan kelompok usaha yang lain
      • Pengelolaan likuiditas jangka pendek yang dipusatkan dalam kelompok usaha
      • Penyediaan dana yang diberikan atau diterima oleh perusahaan lain dalam satu kelompok usaha
      • Eksposur kepada pemegang saham mayoritas antara lain dalam bentuk pinjaman, komitmen, dan garansi.
      • Pembelian atau penjualan aset dengan perusahaan lain dalam suatu kelompok usaha, termasuk yang dilakukan dengan re-purchase agreement.
      • Pemberian penyediaan dana, komitmen maupun fasilitas lain yang dapat dipersamakan dengan itu dari setiap perusahaan atau badan hukum yang berada dalam satu kelompok usaha dengan bank kepada debitur yang telah memperoleh penyediaan dana dari bank.

Seperti itulah pembahasan mengenai laporan keuangan bank diatas, yang bisa Anda ketahui sebagai kebutuhan bisnis Anda. Laporan keuangan merupakan hal yang penting dalam bisnis.

Bahkan bukan bisnis retail, service atau manufaktur saja melainkan perbankan pun perlu membuat laporan keuangan.

Nah, sekarang sudahkah Anda membuat laporan keuangan dengan mudah? Jika belum pastikan Anda menggunakan pembukuan berbasis teknologi.

Cobalah gunakan software pembukuan Harmony, yang bisa membantu Anda dalam mengelola pembukuan dan akuntansi bisnis perusahaan.

Beragam transaksi bank bisa dilakukan rekonsiliasi secara otomatis dengan Harmony. Integrasi perbankan yang mudah akan membantu Anda.

Selain itu Software Akuntansi Harmony dilengkapi berbagai fitur dan modul akuntansi yang fungsional dan memudahkan sistem pembukuan bisnis menjadi lebih modern, cepat, dan reliable.

Segera yuk, pakai GRATIS 30 hari Software Akuntansi Harmony untuk membuktikan keunggulannya. Daftar melalui tautan ini atau follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate aktivitas media sosial kami.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony