Harmony Blog

Kredit Usaha Rakyat (KUR), Tahukah Apa Itu, Jenis dan Bagaimana Pengajuannya?

Diposting Jun 4th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Kredit Usaha RakyatPin

Ada rencana untuk menambahkan modal usaha? Wajar, karena membangun usaha umumnya juga perlu dana atau modal usaha yang cukup. Maka itu, dalam rangka mengembangkan kewirausahaan, pemerintah meluncurkan program kredit usaha rakyat atau yang dikenal dengan KUR.

Kredit usaha rakyat atau KUR adalah suatu layanan pendanaan atau hutang jangka pendek yang digagas pemerintah melalui bank untuk mendukung pelaku UMKM dan Koperasi.Click to Tweet

Diharapkan, dengan program kredit usaha rakyat, masyarakat yang ingin mendirikan usaha atau butuh pendanaan untuk modal usaha, bisa lebih cepat mengurus segala persyaratan kredit usaha rakyat ini.

Untuk mengurus persyaratan kredit usaha rakyat, Anda bisa mengunjungi bank atau lembaga keuangan yang ada di dekat tempat tinggal. KUR adalah salah satu jenis hutang kredit usaha mikro bagi masyarakat. Umumnya, berupa hutang jangka pendek antara 2-3 tahun.

Setelah memenuhi persyaratan kredit usaha rakyat ini, pihak bank akan memverifikasi data untuk meminimalisir risiko likuiditas Anda. Jika semua persyaratan kredit usaha rakyat sudah lengkap, maka KUR adalah disetujui dan segera diproses.

Apa Itu Kredit Usaha Rakyat?

Pengertian kredit usaha rakyat atau KUR adalah suatu layanan pendanaan atau hutang jangka pendek yang digagas pemerintah melalui bank untuk mendukung pelaku UMKM dan Koperasi.

Akan tetapi, pihak bank juga akan menganalisis terlebih dulu tentang risiko likuiditas usaha Anda, jika memang memenuhi persyaratan kredit usaha rakyat dan solvent (bisa melunasi pinjaman), maka pengajuan akan disetujui.

KUR adalah bagian dari pembiayaan bagi masyarakat yang membangun usaha di berbagai bidang. Seperti perikanan, kelautan, pertanian, kehutanan, hingga perindustrian dan usaha koperasi simpan pinjam.

Jenis Kredit Usaha Rakyat

Dilansir dari laman resmi Bank Mandiri, setidaknya terdapat 4 jenis kredit pada usaha rakyat. Jenis KUR adalah KUR Ritel, KUR Mikro, KUR Khusus, serta KUR TKI. Masing-masing jenis KUR adalah berbeda jangka waktu dan plafon pembiayaannya.

Jenis kredit usaha rakyatPin

  1. Kredit Usaha Mikro

    Pengertian dari kredit usaha mikro adalah suatu bentuk pinjaman atau kredit usaha bagi rakyat dengan plafon paling banyak Rp 25 juta setiap nasabah/ debitur. Sedangkan, jangka waktu kredit usaha mikro paling lama 2 tahun.

  2. Kredit Usaha Ritel

    Sedangkan, kredit usaha bagi rakyat ritel adalah bentuk pinjaman antara Rp 25 juta – Rp 500 juta per nasabah/ debitur. Umumnya kredit usaha pada rakyat ritel membatasi jangka waktu pembayaran hingga 3 tahun (kredit modal kerja) dan 5 tahun (kredit investasi).

  3. Kredit Usaha TKI (Tenaga Kerja Indonesia)

    Kredit usaha bagi rakyat TKI memiliki batas pembiayaan sekitar Rp 25 juta per nasabah dengan jangka waktu sesuai masa kontrak kerja atau paling lama 3 tahun.

  4. Kredit Usaha Khusus

    Terakhir, ada kredit usaha bagi rakyat khusus untuk organisasi atau kelompok yang pendanaannya dikelola bersama-sama. KUR Khusus memanfaatkan Mitra Usaha sebagai pengelola komoditas perkebunan rakyat, perikanan rakyat, atau peternakan rakyat.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR)?

Jika Anda ingin mengajukan kredit usaha bagi rakyat (KUR) agar mendapatkan modal usaha, dapat mengikuti persyaratan kredit usaha untuk rakyat berikut:

  • Memastikan usaha KUR adalah produktif atau usaha terus menghasilkan aktivitas atau barang produksi. Misalnya, usaha peternakan, usaha pembibitan, usaha hasil olahan makanan, kerajinan tangan, dll.
  • Melengkapi dokumen persyaratan kredit usaha bagi rakyat, antara lain:
    • KTP
    • KK
    • Surat izin usaha (SIUP/ TDP)
    • Catatan pembukuan atau laporan keuangan
    • Proposal usaha, dll
  • Kunjungi bank terdekat di kota Anda yang menyediakan fasilitas kredit usaha bagi rakyat. Mintalah keterangan tentang penyaluran kredit usaha rakyat bagi tambahan modal usaha.
  • Selanjutnya, setelah persyaratan kredit usaha rakyat dilengkapi. Pihak bank akan melakukan validasi dan survey untuk mencegah risiko likuiditas KUR Anda. Jika usaha Anda layak diberikan kredit usaha rakyat, maka pihak bank akan segera memproses dan mencairkan dana KUR.

Pada dasarnya, pengajuan dan persyaratan kredit usaha untuk rakyat tidak sulit. Anda bisa langsung datang ke bank-bank terdekat di tempat tinggal dan menanyakan kepada petugas bank agar dibantu proses pengajuan KUR ini.

Salah satu persyaratan kredit usaha bagi rakyat adalah pencatatan pembukuan bisnis dan laporan keuangan yang baik. Nah, kini Anda tak perlu repot membuat secara manual.

Cukup percayakan pada Software Akuntansi Harmony untuk mengelola pembukuan modern, sistematis, dan rapi, agar Anda bisa lebih mudah mengajukan kredit usaha rakyat atau pinjaman bank lainnya.

Ayo, pakai Software Akuntansi Harmony daftar di sini, tanpa biaya apapun selama 30 hari dan buktikan kemudahan fitur-fiturnya untuk sistem pembukuan bisnis Anda.

Info lebih detail mengenai fitur-fiturnya silahkan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony