Harmony Blog

Ketahui Proses Bisnis (Business Process), Manfaat dan Contoh Analisisnya

Diupdate Apr 9th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Proses BisnisPin

Business process atau proses bisnis adalah kumpulan dari setiap aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang mana saling berhubungan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk menghasilkan produk ataupun layanan untuk meraih sebuah tujuan tertentu.

Proses bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terstruktur dan saling terkait dalam menghasilkan suatu produk atau layanan.Click to Tweet

Bagi setiap jenis perusahaan, tentu saja memiliki suatu tujuan tertentu agar dapat bertahan hidup selama mungkin dan selalu meningkatkan kinerja serta produktifitasnya.

Namun untuk mencapai tujuan tersebut, maka suatu organisasi membutuhkan suatu proses bisnis yang baik untuk mendukung berjalannya organisasi tersebut. Namun selain proses bisnis, Anda juga perlu memahami pentingnya mempelajari ilmu manajemen untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sebab kerberhasilan suatu bisnis adalah tujuan akhir bagi setiap pebisnis meskipun langkah yang salah dapat menjadi masalah besar dan tentunya akan mengakibatkan kerugian yang besar juga bagi bisnis Anda. Maka dari itulah mengapa pentingnya merencanakan dan merancang proses bisnis agar seluruh alur berjalan dengan baik dan benar.

Apa itu Proses Bisnis?

Proses bisnis adalah suatu rangkaian aktivitas yang saling terkait dan saling bekerja bersama di seluruh organisasi, untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Apa itu proses bisnisPin

Dalam business process yang baik tentu harus memiliki tujuan, input, output, memiliki sejumlah aktivitas dalam beberapa tahap dan juga dapat menciptakan nilai bagi pelanggan.

Dalam suatu bisnis juga dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang memiliki masing-masing atribut sendiri namun juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari super prosesnya.

Selain proses, manajemen operasi juga sangat diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mewujudkan suatu tujuan yang tentunya Anda inginkan dalam bisnis Anda.

Apa saja Manfaat dari Proses Bisnis?

Berikut di bawah ini beberapa manfaat yang terdapat dalam proses bisnis yaitu:

Manfaat proses bisnisPin

  • Mengurangi Pengeluaran dan Risiko

Apabila business process yang Anda jalankan terencana dengan baik, maka akan mengurangi pengeluaran dan risiko pada bisnis Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan meletakkan strategi yang paling efisien untuk melakukan pekerjaan dengan mempertimbangkan potensi kekurangan di masa depan.

  • Manajemen Waktu yang Baik

Adanya suatu business process yang benar juga dapat meningkatkan suatu efisiensi waktu dalam mengembangkan strategi dan juga diagram alur untuk meminimalkan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan aktivitas tertentu.

  • Dapat Meningkatkan Efisiensi

Dengan adanya business process maka dapat meningkatkan sebuah produktivitas departemen dengan mengelompokkan apa saja yang harus dilakukan dan langkah relevan apa yang harus diterapkan dalam bisnis.

  • Fokus Terhadap Pelanggan

Tentu dengan adanya bussiness process yang baik merupakan langkah bisnis dalam berorientasi pada pelanggan. Dalam bisnis ini tentu pengusaha berusaha memperbarui perusahaan tentang keinginan pelanggan dan juga ulasan mengenai produk atau layanan.

Selain itu bussiness process juga dapat menjembatani kesenjangan komunikasi Anda dengan pelanggan melalui setiap proses bisnis baik pada ulasan dan riset pasar yang nantinya akan Anda lakukan.

  • Adaptasi Teknologi Baru

Dalam perkembangan teknologi tentu sudah tidak dapat dipungkiri lagi perubahannya, sebab teknologi ini terus berubah dan meningkat seiring waktu. Maka oleh karena itu perusahaan pengadopsi teknologi baru agar bisnis tetap berkembang dengan meningkatkan proses bisnis sesuai dengan teknologi baru.

Baca Juga: Apa Itu Produksi Massal? Simak Penjelasan Lengkapnya

Jenis-Jenis Proses Bisnis

Selain manfaat adapun 3 jenis yang terdapat dalam proses bisnis, berikut penjelasannya:

  1. Proses Manajemen

Proses manajemen adalah proses yang mengendalikan sistem operasional, tata kelola perusahaan dan manajemen strategis. Tujuan proses manajemen ini mengarah pada kerja proses primer dan pendukung yang edisien dan efekktif.

Selain itu proses manajemen ini digunakan perusahaan untuk mengelola bisnis melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga controlling.

  1. Proses Operasional

Dalam business process, proses operasional dapat membantu memastikan segala kegiatan operasional yang sudah dilakukan apakah berjalan sesuai rencana atau tidak.

Dalam proses operasioanl ini biasanya proses yang dilakukan seperti produksi bahan baku, mesin, teknologi, sampai pada metode yang dilakukan selama proses tersebut.

  1. Proses Pendukungan

Agar proses manajemen dan operasional dapat berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan kekokohan di bagian internal perusahaan. Biasanya meliputi seperti akunting, rektutmen, dan customer service.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Proses Bisnis Penjualan Online

Agar memudahkan Anda dalam memahami proses bisnis, berikut akan diberikan beberapa contoh proses bisnis yaitu:

Dalam melakukan business process penjualan online tentu Anda akan mulai dari membuka toko online baik melalui website, media sosial, ataupun aplikasi penjualan seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Maka business process yang selanjutnya terjadi adalah sebagai berikut:

  • Konsumen akan mengunjungi toko online milik Anda
  • Apabila konsumen telah menemukan produk yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh konsumen.
  • Melakukan verifikasi pembayaran.
  • Setelah pembayaran sudah dilakukan, maka pebisnis akan menyiapkan produk dan melakukan pengemasan pada produk.
  • Setelah itu produk akan dikirim melalui ekspedisi yang sudah dipilih.
  • Setelah itu barang akan sampai ke alamat tujuan konsumen, dan proses bisnis penjualan online ini akan terus berulang seperti proses yang sudah dijelaskan di atas.

Setelah Anda sudah memahami hal di atas, maka Anda dapat memulai membuat proses bisnis perusahaan. Namun jangan lupa setelah proses bisnis yang Anda buat sudah selesai dan dijalankan buatlah analisis proses bisnis.

Analisis proses bisnis adalah suatu kajian evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan perusahaan untuk mengidentifikasikan dampak dari kegiatan tersebut dalam menciptakan nilai atau menambah nilai terhadap bisnsi perusahaan.

Selain itu untuk membuat proses bisnis Anda lebih baik dan sesuai rencana yang Anda buat sebelumnya, maka pastikan Anda memiliki akses data keuangan perusahaan Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak akan kekurangan budget dalam menjalankan proses dan rencana usaha Anda.

Hindari juga pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan yang akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan data yang faktual. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Aplikasi Harmony dirancang dengan fitur dan modul akuntansi yang efektif dan efisien untuk mengelola pencatatan transaksi dan berbagai inovasi canggih lainnya. Mendukung pembukuan perusahaan menjadi lebih modern, cepat, dan otomatis. Silakan coba software akuntansi Harmony GRATIS 30 Hari, dengan daftarkan diri Anda klik di sini sekarang.

Selain itu Anda juga dapat Follow dan like akun sosial media Harmony seperti FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony untuk mendapatkan penawaran dan info menarik.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony