Harmony Blog

Ketahui Perbedaan Produk Homogen dan Heterogen

Diposting Apr 19th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

produk homogenPin

Golongan produk unggulan, golongan produk umum, serta golongan-golongan produk lainnya diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu produk homogen dan produk heterogen.

Ketika menjalankan usaha dagang, tentu sebagai pemilik bisnis Anda ingin konsumen rutin berbelanja produk Anda. Untuk mendapatkan kesetiaan konsumen pastilah membutuhkan waktu serta usaha ekstra, sampai konsumen melakukan repeat order dan setia pada suatu merek produk.

Jika dilihat dari sudut pandang seorang konsumen, untuk percaya pada sebuah merek produk tentu bukan perkara mudah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti kualitas, kebutuhan, harga, dan keunggulan. Untuk menjadi merk-merk unggulan, tentu membutuhkan suatu usaha.

Nah, sebenarnya apa perbedaaan antara produk homogen dan heterogen? Apa dampak yang ditimbulkan bagi usaha dagang?

Produk homogen atau homogeneous products merupakan jasa atau barang yang tidak memiliki karakteristik atau tidak dapat dibedakan dengan barang serupa.Click to Tweet

Produk Homogen

Produk homogen atau homogeneous products merupakan jasa atau barang yang tidak memiliki karakteristik atau tidak dapat dibedakan dengan barang serupa. Singkatnya produk homogen sifatnya mirip-mirip dengan produk lain sehingga sulit dibedakan. Produk homogen berimplikasi besar terhadap harga pasar, persaingan dagang, serta cara perusahaan dagang memasarkannya.

Produk homogen umumnya hadir pada pasar oligopoli. Contoh barang homogen komoditas tambang antara lain tembaga, aluminium, timbal, bijih besi, semen, dan lainnya. Contoh barang homogen pada komoditas pangan yaitu gula, jagung, susu, kedelai, beras, gandum, dan lainnya.

Baca juga : 5 Syarat Penyerahan Barang

Satu hal yang dapat membedakan produk homogen satu dengan lainnya adalah kemasannya, iklannya, bintang iklannya, serta usaha dagang lainnya. Tanpa komponen-komponen tersebut, contoh barang homogen pada jenis yang sama akan sulit dibedakan.

Karena kurangnya keunikan atau nilai pembeda, produk homogen umumnya kurang diminati konsumen untuk melakukan repeat order. Hal ini disebabkan karena pembeli kurang merasakan ketertarikan dari produk homogen, sehingga loyalitas konsumen akan sulit terbentuk.

Imbas dari kurangnya loyalitas konsumen adalah mudahnya konsumen beralih pada produk lain. Ketika perusahaan meninggikan harga, konsumen dapat beralih ke produk lainnya yang jauh lebih murah. Akibatnya sistem informasi akuntansi perusahaan akan goyah. Oleh karena itu mayoritas usaha dagang menetapkan harga pasar sebagai harga jual.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Produk Heterogen

Sedangkan produk homogen merupakan produk jasa atau barang yang mempunyai nilai keunikan tersendiri dan berbeda dari produk-produk lainnya. Karena sifatnya ini, barang heterogen memiliki nilai lebih di mata konsumen sehingga tingkat loyalitas konsumen tinggi.

Produk heterogenPin

Pandangan konsumen terhadap produk heterogen sifatnya subjektif, artinya persepsi satu orang dengan orang lainnya berbeda. Konsumen memiliki penilaian tersendiri terhadap keunikan sebuah produk. Oleh karena itu meskipun Sebagian perusahaan mengimplikasikan strategi marketing yang sama, pandangan konsumen terhadap produk heterogen tetap berbeda.

Umumnya beberapa hal menjadi pertimbangan konsumen, seperti tampilan fisik antar produk sejenis, nama brand, ukuran produk, jaminan garansi hingga saluran distribusi. Disinilah perusahaan dapat menawarkan nilai tambah melalui keunikan produk yang bervariasi.

Produk-produk tertentu dengan kualitas premium, mematok harga tinggi sebanding dengan kualitas produknya. Dengan harga yang tinggi, keuntungan yang didapatkan juga lebih tinggi sehingga mempengaruhi arus kas masuk dalam laporan laba rugi.

Produk heterogen masuk dalam pasar tidak sempurna, dimana hanya ada penjual tunggal maupun beberapa penjual saja. Di sini para pelaku usaha dagang dapat menaikan harga produk tanpa khawatir kehilangan banyak konsumen.

Untuk mengelola harga jual dan arus kas masuk, perusahaan membutuhkan alat untuk membantu pengusaha mengatur laporan laba rugi. Jangan khawatir kini hadir Harmony Accounting Software, aplikasi pembukuan yang dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan dengan cepat, tepat, dan modern.

Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Bukan hanya itu, tersedia juga 20+ laporan keuangan realtime untuk Anda.

Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari di sini. Info selengkapnya, Anda juga bisa mengikuti akun media sosial Harmony lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK