Harmony Blog

Kenali Obligasi Negara Ritel, Keuntungan, dan Cara Mendapatkannya

Diposting Agu 6th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Obligasi Negara RitelPin

Obligasi negara ritel saat ini bisa dikatakan menjadi trend di kalangan investor. Selain berpotensi meraih keuntungan yang tinggi, obligasi negara ritel juga berisiko rendah selayaknya obligasi pemerintah. Dalam praktiknya, obligasi negara ritel biasa dikenal dengan ORI atau Obligasi Ritel Indonesia.

ORI Obligasi atau obligasi negara ritel dapat meningkatkan anggaran belanja negara serta mendorong semangat masyarakat dalam berinvestasi.Click to Tweet

Agar lebih memahami seluk-beluk tentang obligasi negara atau ORI obligasi, mari simak selengkapnya penjelasan berikut.

Apa Itu Obligasi Negara Ritel?

ORI obligasi masuk dalam daftar obligasi pemerintah yang memiliki risiko investasi rendah. Obligasi pemerintah adalah jenis obligasi berharga yang diterbitkan oleh pemerintah. Di dalamnya, mencantumkan besaran nilai, jangka waktu, serta tingkat kupon tertentu.

Apa itu obligasi negara ritelPin

Apabila, harga obligasi pemerintah naik, maka keuntungan dari ORI obligasi juga berpotensi naik dan mendapatkan kupon. Menurut pengertian bebas, obligasi negara ritel atau ORI Obligasi adalah obligasi negara yang dijual pada khalayak umum lewat agen penjual yang volume minimalnya sudah ditetapkan pemerintah.

Mulanya, ORI obligasi atau obligasi negara ini tidak diperdagangkan secara bebas. Melainkan hanya pada pihak-pihak tertentu. Namun, sejak 2006, pemerintah memutuskan untuk menerbitkan ORI Obligasi atau obligasi negara ritel agar meningkatkan anggaran belanja negara serta mendorong semangat masyarakat dalam berinvestasi. Dalam berinvestasi, penanam modal perlu memahami analisis biaya manfaat serta risiko likuiditas agar risiko gagal bayar dapat diminimalisir.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Cost Benefit Analysis (Analisis Biaya Manfaat)

Cara Mendapatkan Obligasi Negara Ritel

Bagi yang tertarik ingin berinvestasi pada obligasi negara ritel, cara mendapatkannya cukup mudah. Bahkan, bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-SBN ketika masa penawaran diumumkan pemerintah.

Selain lewat aplikasi e-SBN, masyarakat juga bisa membeli di lembaga keuangan, perbankan, aplikasi financial technology, dan mitra distribusi lainnya.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi e-SBN, ikuti langkah cara mendapatkan ORI Obligasi atau obligasi negara ritel:

  • Registrasi

    Registrasi boleh dilakukan meski masa penawaran belum diumumkan. Daftarkan diri melalui sistem elektronik yang tersedia mitra distribusi. Meliputi nama, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga, dll. Ikuti saja petunjuk yang tertera pada aplikasi ketika registrasi.

  • Pemesanan

    Selanjutnya, setelah pendaftaran berhasil. Investor dapat memesan ORI Obligasi atau obligasi negara. Baca terlebih dulu ketentuannya dan silahkan pesan saat masa penawaran berlangsung.

  • Pembayaran

    Proses selanjutnya adalah verifikasi. Investor akan memperoleh kode pembayaran lewat email atau SMS. Kode pembayaran ini dipakai untuk menyetorkan dana investasi ke bank sesuai batas waktu yang ditentukan.

  • Konfirmasi

    Jika pembayaran sukses, investor akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara dan notifikasi order selesai. Selanjutnya, investor juga akan mendapatkan alokasi ORI Obligasi atau obligasi negara sesuai tanggal penerbitan. Setelah itu, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI Obligasi atau obligasi negara kepada mitra distribusi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Keuntungan ORI Obligasi Atau Obligasi Negara Ritel

Berikut adalah beberapa keuntungan berinvestasi ORI Obligasi atau obligasi negara ritel:

  1. Lebih Aman

    ORI Obligasi atau obligasi negara ritel adalah surat hutang yang diterbitkan pemerintah. Sehingga, jauh lebih aman dan terjamin dari risiko gagal bayar.

  2. Persentase Keuntungan Tinggi dan Dapat Dijaminkan

    Keuntungan lainnya adalah imbal hasil yang tinggi. Bukan hanya itu, ORI bisa dijaminkan untuk kebutuhan mendesak Anda.

  3. Tarif Pajak Rendah

    Pajak ORI Obligasi atau obligasi negara ritel cukup rendah yaitu sekitar 15%. Beda jauh dari deposito yang pajaknya sampai 20%.

  4. Fixed Rate

    ORI Obligasi atau obligasi negara ritel memiliki tingkat bunga tetap atau fixed rate. Jadi, uang yang diinvestasikan lebih aman.

  5. Mendukung Pembangunan Nasional

    Pemerintah melalui surat utang negara ini mengajak berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Minimal Rp 1 juta, dan maksimal Rp 3 miliar.

Agar tetap memberikan imbal hasil yang menguntungkan, kuncinya sebaiknya tidak menjual ORI Obligasi atau obligasi negara ritel sebelum jatuh tempo. Sebab, jika dilakukan bisa berpotensi merugi.

Dalam berinvestasi, kemungkinan besar anggaran keuangan dan modal juga berubah cepat. Dukung sistem pembukuan dan manajemen anggaran Anda dengan Software Akuntansi Harmony.

Bersama Software Akuntansi Harmony, pengelolaan pembukuan menjadi lebih mudah, cepat, dan bebas ribet. Fiturnya sudah terbukti dan diakui membantu ribuan klien di tanah air. Mulai dari manajemen stok, smart invoicing, rekonsiliasi bank, serta otomasi laporan keuangan dengan template instan siap pakai.

Mulai aja dulu yuk, pakai GRATIS 30 hari Software Akuntansi Harmony, klik tautan ini. Bila Anda ingin mengenal lebih dekat fitur-fitur selengkapnya, silakan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony