Harmony Blog

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mengenal Apa Itu dan Dampak Positifnya Bagi Bisnis

Diposting Jul 8th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Kawasan Ekonomi KhususPin

Pemerintah berupaya keras untuk mendorong percepatan ekonomi dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tetapi, apa sebenarnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)? Lalu, apa tujuan KEK itu sendiri? Dan benarkah bisa memberikan dampak positif bagi pembangunan nasional?

Kawasan Ekonomi Khusus adalah suatu wilayah dengan batas-batas tertentu di Indonesia yang memiliki fasilitas khusus untuk melakukan berbagai kegiatan dan fungsi ekonomi.Click to Tweet

Sejak lama, saluran distribusi ekonomi dianggap kurang merata. Hanya menyasar wilayah yang ada di perkotaan besar. Diharapkan, dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maka dapat mendorong pemerataan pembangunan. Termasuk meningkatkan daya saing perdagangan internasional serta pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Dikutip dari laman JDIH Kemenkeu, KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus adalah suatu wilayah dengan batas-batas tertentu di Indonesia yang memiliki fasilitas khusus untuk melakukan berbagai kegiatan dan fungsi ekonomi.

Tujuan kawasan ekonomi khusus adalah bukan hanya mendukung kegiatan bisnis perdagangan internasional. Tetapi, juga melancarkan saluran distribusi  jalur laut, udara, atau darat. Sehingga, dapat mengurangi berbagai faktor penghambat perdagangan internasional dan memaksimalkan kegiatan industri ekspor-impor.

Di mana Lokasi KEK?

Untuk membantu Anda mengerti di mana lokasinya dan juga seperti apa contohnya, yuk simak lebih lanjut pembahasannya. Lokasi kawasan ekonomi ini adalah tersebar di seluruh Indonesia. Bukan hanya pulau Jawa saja, KEK juga ada di Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, bahkan Papua.

Dimana kawasan ekonomi khususPin

Hal ini selaras dengan tujuan kawasan ekonomi adalah mewujudkan penyebaran dan pemerataan ekonomi yang tumbuh dan berkembang ke seluruh pelosok Nusantara.

Setiap wilayah kawasan ekonomi adalah terbagi sesuai zona pengembangan industri masing-masing. Contoh kawasan ekonomi khusus adalah di Jawa, misalnya. Lebih fokus ke industri ekspor, pengembangan jasa, serta substitusi impor.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Dampak Kawasan Ekonomi Khusus Adalah

Berikut adalah beberapa dampak kawasan ekonomi khusus (KEK) yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

  1. Percepatan Ekonomi Daerah

    KEK atau kawasan khusus ini adalah salah satu program penting untuk mendukung percepatan ekonomi daerah pelosok. Selanjutnya, KEK dapat mengembangkan sektor potensial di wilayah tersebut. Seperti pariwisata, perdagangan, hingga industri.

  2. Meningkatkan Produktivitas Masyarakat

    Dengan adanya KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus, diharapkan turut meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal. Sebab, akan muncul lapangan kerja dan industri baru yang berada di sekitar tempat tinggal masyarakat tersebut.

    Ke depannya, KEK atau kawasan khusus ini akan mampu mendorong produktivitas masyarakat dan menyerap tenaga kerja. Sehingga, dapat meningkatkan daya saing di pasar internasional dan kualitas hidup masyarakat lokal.

    Dilansir dari “Laporan Tahunan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus 2019”, tercatat ada 78 perusahaan yang berinvestasi pada 15 KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus. Total investasi sebesar Rp 95 triliun. Sedangkan, penyerapan tenaga kerja mencapai lebih dari 8.000 orang.

  3. Pemerataan Pembangunan Yang Adil

    Menurut SEKDENAS KEK pada 2016-2018, terjadi peningkatan pendapatan di setiap kabupaten atau kota. Rata-rata mencapai 14,68%. Hal ini selaras dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah kabupaten dan kota KEK yang mencapai 68,85%.

    Kesimpulannya, dalam hal ini pemerintah sangat serius untuk menumbuhkan KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus agar terwujud pemerataan pembangunan yang adil. Selain itu, secara perlahan namun pasti, bisnis lokal mampu bangkit dari pukulan krisis pandemi COVID-19.

Mudah-mudahan KEK mampu meningkatkan penanaman modal serta kegiatan industri ekspor-impor yang lebih berkembang untuk pertumbuhan bisnis nasional.

Untuk mempermudah pelaku UMKM dalam mengelola anggaran keuangan dan memantau pertumbuhan bisnisnya, Software Akuntansi Online dari Harmony siap mendukung.

Aplikasi Harmony sangat cocok diterapkan untuk banyak bisnis di Indonesia. Terbukti dari ribuan klien kami yang terdiri dari lembaga, instansi, perusahaan, hingga personal yang memanfaatkan Aplikasi Harmony untuk menangani pembukuan.

Tanpa ribet mencatat buku besar, atau spreadsheet, Anda jadi lebih gampang membuat laporan keuangan dan akuntansi secara instan. Mulai dari pencatatan transaksi, pencatatan stok barang, laporan arus kas masuk-keluar, laporan perubahan modal, perhitungan aset bisnis dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Atau, Anda mau buktikan sendiri betapa mudahnya menangani pembukuan bebas ribet bersama aplikasi Harmony? Tunggu apalagi, Silakan klik di sini, COBA GRATIS selama 30 hari. Yuk, follow akun sosial medianya seperti Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih detailnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK