Harmony Blog

Kas dan Setara Kas (Cash Equivalent), Apa Itu dan Perbedaan Keduanya?

Diposting Mei 25th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Kas dan Setara KasPin

Sebagai pebisnis, sudahkah Anda mengetahui perbedaan secara spesifik kas dan setara kas? Secara ilmu dasar akuntansi, keduanya merupakan instrumen aset yang dikelola dalam perusahaan. Nah untuk lebih memahaminya, yuk baca lebih lanjut artikel ini.

Disebut sebagai salah satu investasi jangka pendek, sebab setara kas adalah berupa kas yang sangat mendekati tenggat waktu pembayaran.Click to Tweet

Akan lebih mudah mengetahui pengertian kas dan setara kas, jika Anda juga memahami siklus akuntansi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, bulanan atau selama masa periode yang ditentukan perusahaan.

Di dalam laporan buku kas, akan diketahui pula berapa besaran piutang pendapatan, serta nominal debit dan kredit yang dimiliki perusahaan secara terperinci.

Mengenal Kas dan Setara Kas

Nah, Anda juga perlu mengetahui seperti apa definisi kas dan setara kas yang ada dalam akuntansi. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Kas

    Untuk memahami pengertian kas dan setara kas, mari simak pengertian kas terlebih dahulu. Jadi, kas adalah salah satu bagian aset perusahaan yang paling mudah dicairkan atau dipakai untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

    Jika kas dan setara kas adalah investasi jangka pendek, maka kas adalah aset lancar. Bahkan, kas selalu berada di urutan teratas laporan neraca keuangan.

    Kemudian, diikuti oleh item akun piutang pendapatan suatu usaha, dan item-item lainnya berdasarkan seberapa besar likuiditasnya bagi usaha.

    Dalam wujudnya, kas bisa berupa uang logam (koin), maupun uang kertas. Selain itu, kas adalah sejumlah dana yang ditaruh di bank agar perusahaan bisa menggunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

     

    Apa itu kas dan setara kasPin

    Contoh kas, antara lain seperti cek kasir, cek pribadi, cek bersertifikat, wesel bank, dan wesel pos.

    Akan tetapi, perlu diingat bahwa perangko adalah bukan termasuk kas. Namun, hanya sejumlah biaya yang harus dibayar dimuka (prepaid expense). Biasanya, perusahaan akan membagi kas ke dalam 2 kategori. Antara lain:

    • Uang yang tersimpan di kasir perusahaan (cash on hand).
    • Uang yang tersimpan di dalam bank (cash on bank).

    Baca Juga: 10 Tahap Siklus Akuntansi Yang Wajib Anda Pahami

    Lebih lanjut, perusahaan memakai kas dan setara kas untuk dipakai belanja memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari. Pada umumnya, kas yang tersimpan di kasir perusahaan ini tergolong relatif kecil nominalnya.

    Maka itu, dikenal istilah kas kasir, cash on hand, atau dana kas kecil. Sebab, memang besaran nominalnya yang kecil.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  2. Setara Kas

    Berikutnya, pengertian kas dan setara kas akan semakin jelas dengan melihat uraian tentang arti kas dan setara kas. Secara sederhana, setara kas adalah investasi dalam kurun waktu pendek dan mudah dicairkan atau mudah dipakai oleh perusahaan.

    Disebut dalam investasi jangka pendek, sebab kas dan setara kas adalah berupa kas yang sangat mendekati tenggat waktu pembayaran. Alhasil, hampir tidak memiliki risiko apapun terhadap perubahan bunga uang.

    Contoh setara kas dilihat dari kurun waktunya, seperti investasi dalam waktu 3 bulan, 2 bulan, atau 1 bulan. Gambaran atau contoh setara kas adalah surat perbendaharaan negara (SPN).

    Sebab, SPN sebagai surat utang negara hanya memiliki batas waktu investasi yang pendek, yaitu kurang dari 12 bulan saja. Contoh setara kas lainnya adalah dana pasar uang, dan surat berharga (commercial paper). Sejumlah perusahaan juga sudah umum menjadikan satu antara kas dan investasi sementara.

    Hal ini dapat dilihat di dalam laporan neraca keuangan atau laporan posisi keuangan. Sehingga, jika terdapat kasus semacam ini, perusahaan nantinya dapat menjelaskan dan melaporkan jumlah investasi dengan mencantumkan angka dalam kurung yang terdapat di laporan keuangan.

Membahas tentang laporan keuangan, termasuk laporan kas dan setara kas memang membutuhkan ketelitian dan keahlian akunting khusus. Tetapi, Anda tak perlu ribet menguras waktu dan tenaga dalam hal pembukuan bisnis. Kini telah hadir Software Akuntansi Harmony yang dilengkapi fitur dan modul akuntansi komplit.

Terdapat lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang siap pakai, smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pengelolaan pajak dan pencatatan transaksi keuangan. Mengurus dan membuat laporan keuangan bisnis semakin cepat, praktis, dan semudah beberapa klik.

Nikmati fitur-fitur unggul dari Software Akuntansi secara GRATIS selama 30 hari, daftarkan diri Anda melalui tautan ini.

Cek info selengkapnya dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony