Harmony » Blog » 

Ketahui Jenis Kegiatan Ekonomi, Karakteristik dan Tujuannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 8, 2021

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang memang sengaja dilakukan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal-hal yang termasuk ke dalam kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang mencakup ke kebutuhan lahir dan juga batin.

Secara khususnya, kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk mencapai kemakmuran, kesejahteraan dan tentunya kepuasan.

Kegiatan ekonomi produksi membutuhkan pemanfaatan sumber daya seperti modal, tanah, tenaga kerja, dan lainnya.Click to Tweet

Kategori Kegiatan Ekonomi

Ada dua kategori dalam pengklasifikasian kegiatan ekonomi, antara lain:

Makroekonomi, Berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi suatu agregat ekonomi.

Mikroekonomi, Lebih berfokus ke kegiatan ekonomi individu dan bisnis.

Kegiatan ekonomi ini juga lebih mengacu pada kegiatan seperti memproduksi, membeli, mendistribusikan dan menjual barang yang memang melibatkan transaksi moneter.

Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Ada lima jenis kegiatan ekonomi antara lain sebagai berikut:

Jenis Kegiatan Ekonomi

  1. Sektor Primer

    Berbagai kegiatan yang termasuk ke dalam sektor primer adalah pertanian (komersial dan subsisten), kehutanan, penggalian, pertambangan, gudang, penggembalaan, berburu dan mengumpulkan.

  2. Sektor Sekunder

    Merupakan sektor ekonomi yang berhubungan dengan produksi dari bahan mentah ke bahan jadi. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan erat dengan sektor sekunder ini meliputi peleburan, produksi tekstil dan mobil, pengerjaan logam, pekerjaan konstruksi, pekerjaan di industri kimia dan juga teknik, dan lain sebagainya.

  3. Bidang Tersier

    Pada jenis kegiatan secara ekonomi yang ketiga ini memang lebih banyak ke industri jasa perekonomian. Beberapa kegiatan yang dilakukan di sektor tersier ini meliputi penjualan grosir maupun eceran, distribusi dan pengangkutan barang dan jasa, usaha restoran, dan lain sebagainya.

  4. Sektor Kuarter

    Pada sektor ini lebih ke kegiatan intelektual yang berkaitan erat dengan inovasi dan teknologi.

  5. Sektor Kuiner

    Sedangkan jenis kegiatan dalam ekonomi yang kelima ini terdiri dari eksekutif puncak dan profesional yang terlibat di profesi tertentu.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Elastisitas Pendapatan Dan Contohnya

Karakteristik Kegiatan Ekonomi

Beberapa karakteristik kegiatan ekonomi produksi atau kegiatan pada ekonomi, antara lain sebagai berikut:

  • Penggunaan Rasional

    Memaksimalkan keuntungan dengan cara mengalokasikan sumber daya yang langka (tidak mudah dicari) secara rasional. Tentunya ini juga termasuk ke pemanfaatan optimal tenaga kerja, tanah, modal dan juga berbagai faktor lain yang terlibat di dalam suatu produksi.

  • Motif Ekonomi

    Motif utamanya yaitu untuk mendapat keuntungan dan menciptakan kekayaan. Individu pun mencari nafkah dari adanya keuntungan ekonomi.

  • Penggunaan Sumber Daya

    Kegiatan secara ekonomi produksi membutuhkan pemanfaatan sumber daya seperti modal, tanah, tenaga kerja, dan lainnya.

  • Mengikat Secara Hukum

    Dan karakteristik yang keempat ini dilakukan untuk keuntungan moneter atau bisa juga disebut dengan kegiatan pada ekonomi ini hanya jika itu sah secara hukum. Sebagai contoh kegiatan seperti pencurian, perampokan, penyelundupan, dan lainnya tidak termasuk ke dalam bidang kegiatan pada ekonomi karena melanggar hukum dan termasuk tindakan kriminal.

  • Diterima Secara Sosial

    Dan yang terakhir, kegiatan pada ekonomi produksi atau kegiatan secara ekonomi lainnya haruslah berpegang pada norma sosial.

[elementor-template id="26379"]

Tujuan Kegiatan Ekonomi Produksi

Kegiatan ekonomi yang dilakukan tentunya memiliki tujuan tersendiri meskipun seperti yang diketahui suatu sistem ekonomi atau kegiatan secara ekonomi pastinya ada distribusi pendapatan dan juga elastisitas pendapatan. Berikut tujuan-tujuannya:

  1. Untuk memilih barang atau jasa yang memang diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Untuk mengidentifikasi berbagai perbedaan kualitas barang dan juga jasa yang nantinya akan digunakan.
  3. Selanjutnya, untuk memilih kebutuhan mana yang memang dirasa lebih prioritas.
  4. Terakhir, untuk mempertimbangkan apa saja untung rugi dari pilihan yang telah ditentukan.

Demikian pembahasan tentang jenis kegiatan ekonomi, karakteristik, serta tujuan kegiatan pada ekonomi. Di masa sekarang, sulit bagi bisnis untuk mengembangkan kegiatan pada ekonominya, jika masih mengandalkan pencatatan keuangan manual.

Lupakan spreadsheet atau menulis di buku jurnal berbasis kertas yang menyita waktu dan tenaga tim finance. Sebab, Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan modern yang sangat direkomendasikan dan membantu ribuan pebisnis dalam mendapatkan laporan keuangan yang rapi.

Fitur-fitur akuntansi dari Aplikasi Harmony menyederhanakan tugas pembukuan dengan hanya beberapa klik saja. Tanpa ribet, tanpa menyita waktu dan tenaga. Mudah diintegrasikan secara otomatis, dan aplikasi Harmony juga berbasis Cloud. Sehingga, bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Masih ragu apakah Aplikasi Harmony cocok untuk bisnis Anda? Silakan coba GRATIS 30 hari daftar di tautan ini.

Harmony juga hadir di media sosial untuk info lebih detail, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram