Harmony » Blog » 

Jenis Jenis Bank Garansi yang Perlu Diketahui Pebisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 2, 2021

Setiap orang pastinya sudah tidak asing lagi ya dengan bank, tapi pernahkah Anda mendengar tentang bank garansi? Jika belum, maka kita akan mengetahui lebih jauh mengenai salah satu jenis perbankan ini seperti pengertian dari bank garansi dan juga jenis jenis bank garansi.

Bank garansi adalah suatu fasilitas garansi yang diberikan oleh suatu bank untuk menjamin pihak ketiga.Click to Tweet

Memahami Bank Garansi

Sesuai dengan namanya, bank garansi adalah suatu jaminan pembayaran yang diberikan oleh lembaga keuangan (bank) ke pihak lainnya seperti badan usaha, perorangan, lembaga ataupun lainnya jika suatu saat pihak yang dijamin tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Bank garansi juga bisa Anda temui di bank swasta maupun BUMN sebagai peran BUMN untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Jenis Jenis Bank Garansi

Anda sudah mengetahui sedikit mengenai produk perbankan yaitu bank garansi. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa bank garansi adalah suatu fasilitas garansi yang diberikan oleh suatu bank untuk menjamin pihak ketiga.

Jenis jenis bank garansi juga sangat beragam, jenis jenis bank garansi adalah sebagai berikut:

Bank Garansi/Surety Bond Pembelian

Jenis dari perbankan garansi yang pertama adalah Bank Garansi/Surety bond Pembelian. Yang mana diberikan ke supplier/pabrik sebagai salah satu jaminan untuk pembayaran atas pembelian suatu barang oleh nasabah atau pihak lainnya yang telah dijamin oleh bank.

Bank Garansi Pita Cukai Tembakau

Sesuai dengan namanya bank garansi yang kedua ini diberikan oleh kantor bea cukai sebagai jaminan pembayaran pita cukai tembakau atas rokok yang memang dijual oleh pabrik-pabrik rokok. Dalam hal ini pabrik rokok adalah pihak yang dijamin.

Jenis-Jenis Bank Garansi

Bank Garansi Penangguhan Bea Masuk

Yang selanjutnya adalah bank garansi yang diberikan lembaga keuangan kepada kantor bea cukai sebagai jaminan pembayaran bea masuk atas barang yang dikeluarkan dari pelabuhan milik nasabah bank.

Bank Garansi Tender (Bid Bond)

Bank Garansi Tender (Bid Bond) merupakan jenis jenis bank garansi yang diberikan ke pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor/leveransir. Yang mana nantinya akan mengikuti tender atas suatu proyek. Nah, dalam hal tersebut pihak yang mendapat jaminan adalah kontraktor/leveransir.

Bank Garansi Uang Muka (Advance Payment Bond)

Jenis jenis bank garansi yang diberikan ke pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor atas uang muka yang diterima oleh kontraktor, dan pihak yang mendapat jaminan adalah kontraktor.

Bank Garansi Pemeliharaan (Retention Bond)

Dan jenis jenis bank garansi yang terakhir ini diberikan oleh pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor sehingga dapat menjamin pemeliharaan dari berbagai proyek yang telah diselesaikan oleh kontraktor.

[elementor-template id="26379"]

Bank Garansi Pelaksanaan (Performance Bond)

Bank Garansi Pelaksanaan (Performance Bond) adalah bank garansi yang diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor untuk menjamin pelaksanaan proyek oleh kontraktor, dan dalam hal ini pihak yang mendapat jaminan yaitu kontraktor/leveransir.

Keuntungan Menggunakan Jasa Bank Garansi

Setiap bank pastinya memiliki jasa yang dapat menguntungkan nasabah, termasuk juga jasa bank garansi.
Di bawah ini ada berbagai keuntungan dari jasa bank garansi yang perlu Anda ketahui, antara lain yaitu:

  • Keuntungan yang pertama adalah untuk memperlancar kegiatan usaha yang dilakukan nasabah.
  • Yang kedua yaitu sebagai jaminan untuk pihak penerima jaminan sehingga pihak tersebut akan merasa aman dan juga terbebas dari kerugian jika suatu saat terjadi wanprestasi.
  • Dan yang terakhir dapat meningkatkan rasa percaya untuk pihak penerima jaminan atau pihak yang telah dijamin.

Demikian penjelasan mengenai bank garansi. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan dan inspirasi Anda untuk mengelola keuangan bisnis.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan dan pembukuan usaha, kini Anda bisa mengandalkan Software Akuntansi Harmony.

Dirancang oleh developer handal dan akuntan berpengalaman, untuk menyederhanakan tugas-tugas administratif di perusahaan. Sehingga, Anda sebagai pebisnis bisa lebih fokus dalam mengembangkan perusahaan, ketimbang hanya mengerjakan tugas administratif yang menyita waktu.

Software Akuntansi Harmony dilengkapi fitur perpajakan, smart invoicing, pembelian, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pembuatan laporan keuangan instan.

Pakai Aplikasi Harmony sekarang juga, GRATIS dalam 30 hari dan cocok untuk berbagai jenis usaha, UMKM, dan bisnis digital di Indonesia. Daftar di tautan ini sekarang untuk membuktikan keunggulannya!

Semuanya bisa diselesaikan, semudah beberapa klik saja. Follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info selengkapnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram