Harmony Â» Blog Â» 

Jasa Pengiriman Barang yang Sering Membantu Pebisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 1, 2021

Dalam berbisnis, kita pasti membutuhkan jasa pengiriman barang agar barang dapat sampai ke tujuannya dengan efisien, tepat, dan cepat. Dalam hal ini, tidak heran jika jasa pengiriman barang akan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dagang.

Terlebih dengan maraknya kegiatan belanja online melalui marketplace yang membuat jasa pengiriman barang ini menjadi salah satu aspek yang sangat dibutuhkan penjual maupun pembeli.

Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam sektor jasa ekspedisi dan merupakan jasa ekspedisi tertua di Indonesia.Click to Tweet

Hal ini menyebabkan peluang pekerjaan pada sektor jasa ekspedisi akan sangat menjanjikan di masa depan. Jasa pengiriman barang Indonesia juga terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari jasa ekspedisi milik pemerintah hingga jasa ekspedisi milik swasta. Apa saja macam macam jasa pengiriman barang Indonesia? Simak pada pembahasan kali ini.

Macam Macam Jasa Pengiriman Barang yang Sering Digunakan

Macam macam jasa pengiriman barang Indonesia, baik menurut pengelola jasanya, rute pengirimannya, hingga jenis jalur transportasi yang digunakan. Adapun, macam-macam jasa pengiriman barang yang sering digunakan karena terkenal dengan kualitasnya, antara lain sebagai berikut.

Macam-macam jasa pengiriman barang

  • Pos Indonesia

    Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam sektor jasa ekspedisi dan merupakan jasa ekspedisi tertua di Indonesia. Kini PT. Pos Indonesia sudah memiliki kurang lebih 24 ribu cabang di seluruh Indonesia bahkan hingga mencapai pelosok terpencil.

    Maka, tidak heran jika Pos Indonesia dijadikan salah satu jasa pengiriman barang yang terbaik dan dapat menjangkau semua wilayah. Selain bisa digunakan untuk mengirimkan barang, Pos Indonesia juga menerima pengiriman surat maupun dokumen.

  • JNE

    Bagi konsumen online shop pasti sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman barang yang satu ini. JNE menjadi salah satu pilihan jasa pengiriman yang sering digunakan karena terkenal dengan tarifnya yang cukup hemat dan kualitas pelayanannya yang baik.

    Selain melayani pengiriman barang di dalam negeri, JNE juga menerima pengiriman barang ke luar negeri.

    Adapun, jenis layanan yang diberikan JNE, antara lain seperti OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) dengan estimasi pengiriman 2-3 hari, REG (Reguler) dengan estimasi pengiriman 1-2 hari, YES (Yakin Sampai Esok) dengan estimasi pengiriman 1 hari, serta SS (Super Speed). Masing-masing jenis layanan ini tentunya mematok tarif yang berbeda-beda tergantung jarak dan kecepatan pengirimannya.

  • J&T Express

    Sama halnya dengan Pos Indonesia dan JNE, J&T Express juga merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang cukup sering digunakan di Indonesia. J&T menerima pengiriman barang, baik berupa paket maupun dokumen. Jasa ekspedisi ini terbilang masih baru jika dibandingkan Pos Indonesia dan JNE.

    Namun, semua fitur jasa pengiriman yang terdapat di Pos Indonesia maupun JNE juga telah tersedia di J&T, contohnya seperti fitur cek ongkir hingga cek resi. Selain itu, J&T juga menawarkan layanan jemput barang, dimana pelanggan hanya perlu menghubungi pihak J&T apabila akan mengirimkan barang. Setelah itu, sprinter atau kurir akan menjemput barang dan mengirimkannya ke alamat tujuan.

[elementor-template id="26379"]

Jasa Pengiriman Barang Indonesia yang Dibutuhkan Pebisnis

Dalam menentukan jasa pengiriman barang, pebisnis juga memiliki pertimbangan tertentu, seperti kualitas, pelayanan, dan harga yang ditawarkan.

Dari macam-macam jasa pengiriman barang Indonesia yang ada, seorang pebisnis akan memilih jasa pengiriman barang yang benar-benar berkualitas agar pelayanan yang bisa perusahaan berikan kepada konsumen juga menjadi optimal.

Tidak hanya itu, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk proses pengiriman barang juga masuk ke dalam laporan laba rugi perusahaan, maka pebisnis juga cermat dalam memilih jasa pengiriman barang pada saat melakukan pemesanan melalui purchase order.

Manajemen pengiriman barang yang sesuai jadwal, sekaligus laporan keuangan yang rapi dan profesional, adalah kunci keberhasilan bisnis. Dukung kelancaran pembukuan bisnis Anda yang lebih modern dan rapi dengan Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony memiliki keunggulan untuk menyederhanakan tugas tim administrasi dan keuangan agar lebih cepat dan sistematis. Sebab, Software Akuntansi Harmony didukung fitur akuntansi yang bermanfaat. Seperti pencatatan transaksi, pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran dan pemasukan, penagihan/ invoicing, hingga rekonsiliasi bank otomatis, dan lainnya.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba Software Akuntansi Harmony selama 30 Hari GRATIS di sini tanpa dipungut biaya apapun. Informasi lebih lanjut, silakan follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram