Harmony » Blog » 

Instrumen Keuangan (Financial Instrument), Apa Saja Jenisnya? Ikuti Selengkapnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 18, 2021

Kalau bicara tentang instrumen keuangan, tidak bisa lepas kaitannya dengan lembaga keuangan dan BUMN. Mengikuti elastisitas pendapatan yang semakin meningkat, masyarakat juga ingin menginvestasikan asetnya di berbagai bank atau lembaga keuangan. Nantinya, BUMN berperan dalam pengawas dan pelaksana ekonomi.

Instrumen keuangan derivatif adalah suatu perjanjian tertulis yang berisi keuntungan atau nilai keuangan sesuai performa aset atau komoditas yang diperdagangkan.Click to Tweet

Menurut laman Investopedia, pengertian instrumen keuangan adalah kekayaan aset keuangan dapat berbentuk berkas surat berharga yang diperdagangkan. Contoh instrumen keuangan yang mudah dijumpai seperti cek, reksa dana, obligasi/ saham, ETF, dan derivatif. Aset kekayaan ini bisa diperdagangkan kembali di pasar modal atau Bursa Efek Indonesia.

Jenis Instrumen Keuangan

Ada dua jenis instrumen keuangan yang perlu diketahui yaitu instrumen tunai dan instrumen derivatif.

  • Instrumen Tunai (Cash)

    Pengertian cash instrument atau instrumen tunai adalah instrumen keuangan yang nominalnya sudah disepakati oleh kedua pihak. Contoh instrumen keuangan tunai adalah sertifikat deposito, faktur hutang-piutang, deposito, dll.

  • Instrumen Derivatif

    Sedangkan, instrumen derivatif adalah suatu perjanjian tertulis yang berisi keuntungan atau nilai keuangan sesuai performa aset atau komoditas yang diperdagangkan. Contoh instrumen derivatif adalah surat kontrak perdagangan minyak mentah. Baik harga dan jenis komoditasnya sudah ditentukan kedua pihak, sehingga tidak perlu khawatir dengan fluktuasi atau perubahan harga ke depannya.

Contoh Instrumen Keuangan

Berikut adalah beberapa contoh instrumen keuangan yang bisa dijumpai di pasar modal Indonesia:

Contoh Instrumen Keuangan

  1. Saham

    Pengertian saham adalah bukti bagian kepemilikan dari sebuah perusahaan. Jika Anda membeli 1 lembar saham dari 500 saham keseluruhan. Ini artinya, Anda berhak memiliki 1/500 atau 1 persen saham dari perusahaan tadi.

    Sebagai pemilik satu persen saham, Anda juga boleh memperdagangkan saham tersebut. Serta, ketika keuntungan dibagikan, maka Anda juga berhak memperoleh 1 persen atas dividen.

  2. Obligasi

    Sementara itu, obligasi adalah dokumen yang diserahkan kepada investor dari penerbit obligasi atau peminjam agar mendapatkan imbalan uang tunai yang disepakati.

    Dokumen ini mencantumkan frekuensi waktu pembayaran bunga, tanggal pelunasan, ukuran, dll. Jika gagal bayar sesuai kesepakatan, maka uang tidak bisa diberikan. Obligasi bisa menjadi salah satu instrumen keuangan yang diandalkan dalam pengumpulan uang dari investor. Terlebih lagi, obligasi adalah instrumen utang yang dividennya dibayarkan secara teratur dan bisa menjadi pendapatan tetap.

    Obligasi dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. Dengan risiko lebih rendah ketimbang saham. Ada beberapa jenis obligasi, seperti obligasi pemerintah dan obligasi korporasi. Umumnya, kedua jenis obligasi ini didukung aset.

  3. Surat Pinjaman atau Debenture

    Sama seperti obligasi, debenture adalah surat pinjaman uang yang tidak didukung aset. Utang diberikan dalam jangka panjang dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, ketimbang obligasi.

  4. Derivatif

    Derivatif adalah instrumen yang nilainya diperoleh dari entitas yang mendasarinya. Aset dasar yang paling umum dijumpai untuk derivatif adalah saham, obligasi, komoditas, mata uang, suku bunga, dan indeks pasar. Sedangkan, jenis derivatif adalah swap, futures, dll.

  5. Reksa Dana

    Termasuk dalam jenis instrumen keuangan. Reksa dana adalah sekumpulan dana yang diambil dari investor berbeda-beda sesuai investasi dalam portofolio sekuritas. Setiap saham investor diwakili oleh unit. Nilai unit disebut nilai aktiva bersih yang berubah secara terus-menerus untuk mencerminkan perubahan nilai portofolio sesuai dana yang dimiliki.

    [elementor-template id="26379"]

  6. Treasury Bill/ T-Bill

    Sedangkan, Treasury bill atau T-bill adalah instrumen jangka pendek yang berada di bawah pasar uang. Umumnya, diterbitkan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan jangka pendeknya.

  7. Commercial Paper

    Surat-surat berharga lainnya atau commercial paper adalah instrumen keuangan jangka pendek yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbit untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek seperti modal usaha tambahan.

Dari informasi mengenai instrumen keuangan di atas, harapannya Anda bisa semakin meningkatkan keuntungan bisnis dengan investasi yang tepat. Pertimbangkan laba dan rugi perusahaan, agar bisa memperhitungkan risiko investasi dan tetap menjaga stabilitas keuangan usaha.

Gunakan Software Akuntansi Online dari Harmony untuk memudahkan Anda menangani urusan pencatatan laporan keuangan, perhitungan laba-rugi, hingga rekonsiliasi bank otomatis. Aplikasi Harmony didukung teknologi berbasis Cloud, sehingga Anda lebih fleksibel untuk mengakses laporan keuangan kapan saja dan di mana saja. Temukan lebih detail info seputar fitur dan aktivitas terupdate lainnya, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang.

Fitur-fitur Aplikasi Harmony juga dapat Anda coba pakai secara GRATIS selama 30 hari, dengan daftar tautan ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram