Harmony Blog

Gadai Adalah Solusi Darurat Keuangan, Cari Tahu Jenis dan Hal Pentingnya

Diposting Jul 23rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Gadai AdalahPin

Bagi sebagian orang gadai adalah salah satu solusi keuangan ketika darurat. Selain hutang jangka pendek, gadai dianggap relatif lebih sederhana, mudah, dan efisien waktu untuk mendapatkan suntikan dana modal.

Namun, meskipun Anda bisa memperoleh dana darurat dengan cepat, gadai juga memiliki berbagai risiko keuangan jika Anda tidak berhati-hati.

Gadai adalah sebuah cara untuk meminjam uang dengan menjaminkan barang berharga yang dimiliki kepada pihak kreditur atau pihak yang meminjamkan uang.Click to Tweet

Anda bisa kehilangan berbagai barang dan aset jika tidak memprediksikan bagaimana pembayaranya. Nah, untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, Yuk simak mengenai gadai.

Pengertian Gadai

Gadai adalah sebuah cara untuk meminjam uang dengan menjaminkan barang berharga yang dimiliki kepada pihak kreditur atau pihak yang meminjamkan uang.

Untuk mendapatkan barang Anda yang digunakan sebagai jaminan, Anda harus membayar sesuai dengan kesepakatan ketika transaksi awal gadai. Kreditur seperti bank butuh jaminan untuk mencegah risiko likuiditas.

Pengertian gadaiPin

Jika Anda tidak bisa membayar dalam jangka waktu yang telah ditetapkan ataupun melanggar aturan yang telah ditetapkan maka akan adanya risiko likuiditas, di mana barang yang Anda jaminkan akan menjadi hak milik dari pihak yang meminjamkan dana.

Di Indonesia hukum mengenai gadai diatur dalam pasal 1150 KUHP dan juga pada Undang-undang No. 9 tahun 1969. Nah, barang yang digunakan dalam transaksi gadai adalah benda yang memiliki nilai jual yang bergerak maupun yang tidak bergerak, kutipan dari UU No.9 tahun 1969 yang mengatur gadai.

Baca Juga: Manajemen Keuangan Syariah : Definisi Dan Prinsip Didalamnya

Biasanya barang yang dijadikan sebagai jaminan gadai adalah barang-barang elektronik, perhiasan, rumah, kendaraan bermotor, hingga surat-surat berharga. Sedangkan, dalam pasal 1150 KUHP terdapat beberapa unsur dalam gadai adalah sebagai berikut:

  • Pihak peminjam dana menyerahkan benda berharga yang digunakan sebagai jaminan kepada kreditur atau pihak pemberi pinjaman
  • Benda jaminan tersebut difungsikan sebagai jaminan jenis hutang dari pihak peminjam
  • Jika peminjam dana tidak bisa mengembalikan dana pinjaman sesuai dengan kesepakatan, maka pihak kreditur bisa melelang barang jaminan.
  •  Pembayaran harus didahulukan dari pemberi dana atau kreditur lainnya
  • Untuk dapat mengambil barang jaminan ketika jatuh tempo, pihak peminjam harus membayar biaya lelang serta biaya perawatan dahulu.

Jenis-Jenis Gadai

Pada umumnya, di Indonesia terdapat 2 jenis gadai, yaitu gadai konvensional dan juga gadai syariah. Nah, apa sih perbedaan dari jenis gadai tersebut, berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan gadai adalah:

  1. Gadai Konvensional

    Berdasarkan konvensional gadai adalah proses setelah pihak peminjam dana menyerahkan barang jaminan untuk kemudian dihitung harga jaminannya  oleh pihak kreditur untuk selanjutnya dapat disetujui oleh  pihak peminjam. Setelah disetujui maka pihak peminjam dan kreditur menyepakati batas waktu pembayaran atau jatuh tempo dana pinjaman.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, pihak kreditur harus menjaga barang jaminan dan tidak boleh digunakan untuk memperoleh keuntungan tanpa seizin pemilik barang atau peminjam dana.

    Ketika sudah jatuh tempo, peminjam diwajibkan membayar dana pinjaman beserta bunga jika ingin barang jaminan kembali. Jika peminjam tidak bisa membayar sesuai dengan kesepakatan, kreditur memiliki hak untuk melelang barang tersebut sebagai risiko keuangan.

  2. Gadai Syariah

    Selanjutnya pada syariah gadai adalah yang menggunakan pedoman hukum islam dalam transaksinya. Secara konsep gadai konvensional dan gadai syariah hampir sama, namun yang membedakan adalah pengembalian barang gadai tidak menyertakan bunga. Sehingga, antara dana yang dipinjam dan dana yang dikembalikan sama jumlahnya.

    Dan juga dalam hukum  gadai syariah adalah 4 rukun hukum gadai yang harus dipenuhi, dan berikut adalah keempat hukum gadai sesuai dengan syariat islam:

    • Shigat, kesepakatan ketika gadai dengan adanya ijab dan qabul.
    • Pihak yang melakukan akad atau transaksi harus sudah baligh atau dewasa dan berakal.
    • Al murhum, di mana dalam gadai harus terdapat barang nyata dan halal.
    • Al marhunbih, adalah jumlah pembayaran yang harus dikembalikan.

Setelah tahu apa itu gadai, jika Anda membutuhkan sistem pembukuan yang akurat dan real-time untuk mengelola anggaran keuangan bisnis. Pastikan hanya Software Akuntansi Harmony yang menjadi pilihan Anda.

Dengan manajemen keuangan yang rapi dan sistematis, Anda lebih mudah memantau kondisi keuangan agar tidak sampai membutuhkan solusi darurat keuangan berupa gadai. Sebaliknya, dengan aplikasi Harmony, Anda sebagai pemilik bisnis bisa lebih mudah memonitoring kesehatan keuangan dan kinerja tim finance secara real-time.

Jadikan Software Akuntansi Harmony sebagai solusi pembukuan yang modern, praktis, dan akurat dalam pengelolaan finansial bisnis. Buktikan kecanggihan fitur-fiturnya, klik tautan berikut.

Hubungi Harmony sekarang, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info selengkapnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony