Harmony » Blog » 

Financial Statement dan Financial Report, Apa Bedanya?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 15, 2021

Pernahkah Anda mendengar istilah financial statement dan financial report? Atau, mungkin Anda pernah mendengar istilah laporan keuangan dan pelaporan keuangan konsolidasi? Laporan-laporan di atas memang memiliki istilah yang mirip. Tapi, sebenarnya makna istilah di atas berbeda, lho.

Laporan keuangan adalah ringkasan kinerja keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi.Click to Tweet

Yuk, pahami apa itu financial statement dan financial report dengan membaca tulisan ini hingga selesai.

Definisi Financial Statement dan Financial Report

Adapun penjelasan dari kedua financial tersebut yang bisa dibedakan yaitu.

Definisi Financial Statement

  1. Financial Statement

    Financial statement atau laporan keuangan adalah ringkasan kinerja keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Satu periode akuntansi di sini bisa pertiga bulan atau per tahun. Laporan ini terdiri dari beberapa laporan keuangan yang lebih kecil lagi yaitu:

    • Laporan posisi keuangan.
    • Laporan laba rugi dan laba rugi komprehensif lainnya.
    • Laporan arus kas.
    • Laporan perubahan ekuitas.
    • Catatan atas laporan keuangan.

    Manfaat laporan keuangan ini adalah agar pihak-pihak yang ingin mengetahui kondisi kinerja perusahaan bisa lebih cepat dan komprehensif mengetahui kondisi keuangan tersebut. Pihak-pihak di sini bisa jadi auditor, internal perusahaan, peneliti, ataupun investor.

  2. Financial Report

    Financial report atau pelaporan keuangan adalah laporan keuangan yang telah ditambah oleh banyak informasi yang mendukung isi karakteristik laporan keuangan tersebut. Informasi di sini seperti:

    • Profil perusahaan.
    • Ikhtisar saham perusahaan.
    • Pembahasan hasil kinerja keuangan.
    • Laporan keuangan konsolidasi.
    • Data-data perusahaan yang lain seperti, jumlah dan nama anak perusahaan, tata kelola perusahaan, jumlah karyawan perusahaan dan lain-lain.
    • Oleh karena komponen-komponen di atas sama dengan komponen yang ada di laporan tahunan (annual report), maka tak jarang orang yang menyebut financial report sebagai annual report.

    Financial report bermanfaat untuk menyediakan informasi yang lengkap tentang hal-hal dibalik kinerja keuangan perusahaan. Informasi ini, kemudian dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait.

    Seperti pihak manajemen perusahaan, investor, atau bahkan pemerintah, dan peneliti untuk mengambil keputusan atas kinerja keuangan perusahaan tersebut.

Contoh Financial Statement

Berikut ini penulis lampirkan contoh financial statement dari PT. Adhi Karya, sebuah perusahaan BUMN yang telah listing di bursa:

Laporan Financial Statement

Gambar 1: Laporan Arus Kas Konsolidasi PT. Adhi Karya Juni 2020 (adhi.co.id)

Contoh financial statement di atas dapat Anda peroleh pada laporan keuangan konsolidasi yang telah diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Laporan keuangan ini bisa diterbitkan tiga bulan sekali atau satu tahun sekali.

[elementor-template id="26379"]

Mengapa Financial Statement dan Financial Report Penting

Setiap perusahaan terutama perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus memiliki financial statement dan financial report. Hal ini karena berbagai alasan diantaranya:

  1. Investor perlu mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Tentu investor baik investor publik maupun private ingin mengetahui kondisi kesehatan keuangan sebuah perusahaan sebelum memutuskan membeli saham perusahaan tersebut atau tidak dan kesehatan keuangan perusahaan tidak hanya tampak di neraca saldo saja.
  2. Pihak manajemen perusahaan membutuhkan kedua laporan ini untuk menentukan strategi pengembangan operasi perusahaan di masa depan. Laporan ini memberikan data mengenai kemampuan pendanaan dan operasi perusahaan.
  3. Pemerintah berhak mengetahui data-data ini untuk menentukan kebijakan terkait pajak dan lain sebagainya.

Dari pembahasan singkat mengenai financial statement dan financial report di atas, kita dapat memahami apa saja ciri khas yang membedakan dan manfaat penting membuat kedua laporan keuangan tersebut.

Untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan seperti financial report atau financial statement, pakai Software Akuntansi Online dari Harmony. Dengan aplikasi Harmony, Anda bisa membuat 20 jenis laporan keuangan secara instan, hanya semudah beberapa klik saja.

Termasuk perhitungan pencatatan transaksi, laporan laba rugi, laporan stok barang, invoice otomatis, hingga rekonsiliasi bank otomatis.

Tim finance bisa bekerja semakin cepat dan akurat, tanpa perlu repot mengurus tugas-tugas administratif berulang. Karena, Software Akuntansi Online dari Harmony, bisa menyelesaikan tugas akunting secara otomatis dan rapi.

Mari, susun financial statement dan financial report perusahaan Anda dengan lebih sistematis, modern, dan mudah menggunakan Software Akuntansi Online Harmony. Daftar melalui tautan ini dan nikmati 30 hari FREE Trial.

Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info fitur-fitur selengkapnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram