Harmony Blog

Faktur Penjualan Kredit – Inilah Komponen, Contoh dan Cara Membuatnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

faktur-penjualan-kreditPin

Dalam persamaan dasar akuntansi sebuah perusahaan yang melakukan transaksi bisnis pasti memiliki bukti faktur penjualan. Faktur penjualan pun dapat terbagi atas dua jenis yaitu faktur penjualan kredit dan faktur penjualan secara tunai.

Adanya faktur penjualan kredit digunakan sebagai catatan transaksi atas penjualan dan dapat dijadikan bukti laporan keuangan.

Faktur merupakan suatu dokumen yang merinci setiap transaksi seorang pembeli dan seorang penjual. Maka dari transaksi tersebut baik dilakukan secara tunai maupun kredit, tentu semuanya akan memerlukan faktur sebagai bukti transaksinya.

Dengan adanya faktur penjualan, perusahaan juga bisa mengetahui stok barang yang ada pada dalam gudang, sehingga proses persiapan stok selanjutnya dan produksi akan lebih mudah direncanakan.

Selain itu, tujuan adanya faktur adalah sebagai catatan atau rekaman transaksi penjualan. Semua dokumen tersebut nantinya akan digunakan untuk pertanggungjawaban pada saat pembuatan laporan keuangan.

Apa Itu Faktur Penjualan Kredit

Dalam transaksi penjualan terdapat 2 jenis faktur yaitu faktur penjualan kredit dan faktur penjualan tunai. Meskipun fungsi dari kedua faktur hampir sama, namun pengertian faktur penjualan kredit dan tunai memiliki perbedaan saat proses transaksi.

Pengertian faktur penjualan kredit adalah faktur penjualan yang sering digunakan untuk jenis transaksi dengan sistem pembayaran secara mencicil atau dapat dikatakan sebagai pendapatan diterima dimuka.

Dari pengertian faktur penjualan kredit ini biasanya akan dibagi sesuai dengan jumlah yang ada pada cicilan tersebut. Di setiap cicilan yang dilakukan akan mendapatkan faktur penjualan terbaru dengan jumlah cicilan yang perlu dibayar hingga lunas.

Sedangkan faktur penjualan tunai adalah faktur penjualan yang digunakan dalam sebuah transaksi yang telah dilakukan secara tunai atau dalam satu kali pembayaran. Dalam faktur pajak tunai juga akan diberikan keterangan lunas yang menyatakan bahwa transaksi pembayaran telah selesai.

Selain faktur penjualan adapun yang dimaksud dengan faktur pembelian. Faktur pembelian adalah dokumen komersial yang dikeluarkan dan diterima oleh konsumen atau pembeli dari penjual.

Faktur pembelian adalah istilah dari faktur penjualan di mana barang atau jasa tersebut dinyatakan sudah diterima oleh konsumen. Jadi, dapat dikatakan bahwa faktur pembelian adalah sama dengan jenis faktur penjualan, tetapi keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda saja.

Baca Juga: Retur Pembelian & Penjualan: Jenis dan Pencatatannya Dalam Akuntansi

Komponen yang Terdapat Dalam Fakur Penjualan Kredit

Setelah Anda mengetahui pengertian faktur penjualan kredit, adapun beberapa komponen yang terdapat dalam faktur penjualan kredit yaitu:

•  Identitas Perusahaan

Dalam contoh faktur penjualan kredit, harus terdapat secara lengkap tentang nama, logo dan alamat perusahaan. Hal tersebut juga dapat berfungsi sebagai media promosi. Selain itu dengan adanya data yang lengkap, maka akan dapat membuat faktur penjualan terlihat lebih jelas dan tidak meragukan.

• Nama Pelanggan

Dengan menulis nama dan alamat pelanggan pada contoh penjualan kredit sangat penting sebagai data fisik bagi Anda maupun pelanggan. Dalam menulis nama pelanggan, pastikan Anda menulis nama tersebut dengan benar dan lengkap di contoh faktur penjualan kredit.

• Nomor Akun

Dengan adanya nomor akun pada contoh faktur penjualan kredit, maka faktur satu dengan faktur lainnya tidak akan tertukar. Oleh karena itu, nomor akun ini bermanfaat baik bagi perusahaan maupun pelanggan sebagai identitas transaksi yang telah dilakukan.

• Nomor Persediaan

Kegunaan nomor persediaan ini untuk menandakan jumlah persediaan dari barang atau jasa dalam transaksi. Di mana dalam nomor persediaan ini akan memberikan penjelasan mengenai berapa jumlah atau persediaan barang yang digunakan, sehingga perusahaan bisa menjaga stok untuk persiapan produksi berikutnya.

• Nomor Pesanan Penjualan

Nomor pesanan penjualan kredit merupakan nomor yang tertera dalam faktur pada contoh penjualan kredit, yang mana nomor tersebut digunakan untuk menandakan bahwa faktur tersebut telah dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Chart Of Account dan Jenis-Jenisnya Dalam Perusahaan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Faktur Penjualan Kredit

Terdapat dua metode dalam membuat faktur penjualan, metode pertama dapat dilakukan secara konvensional (manual) atau dengan melakukan metode kedua yaitu dengan secara modern.

Cara membuat faktur pada contoh penjualan kredit secara manual yaitu dengan cara menulis pada kertas. Berikan informasi yang lengkap mengenai identitas penjual dan pembeli, uraian pembelian, jumlah yang harus dibayar, dan lainnya.

Namun selain itu, jika Anda merasa ribet dengan cara tersebut. Anda dapat menggunakan buku faktur atau buku nota. Sebab di dalam buku nota tersebut Anda tidak perlu lagi menulis informasi mengenai identitas penjual, jumlah yang harus dibayar dan lainnya.

Metode kedua dalam membuat faktur penjualan yakni dengan menggunakan bantuan software akuntansi. Dengan Anda menggunakan software akuntansi tersebut, maka seorang penjual dapat membuat, mencetak, dan mengirimkan faktur secara cepat.

Dengan menggunakan software akuntansi tentu di dalamnya sudah memiliki template dan menyiapkan faktur dengan bentuk yang baku, tetapi Anda juga dapat mengubahnya sesuai dengan keperluan dan kebutuhan bisnis Anda.

Pilihlah software yang memiliki kualitas dan sudah terintegrasi. Sehingga, keamanannya bisa dipertanggungjawabkan. Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam membuat invoice ialah software akuntansi Harmony.

Harmony adalah solusi bagi Anda untuk memiliki software accounting yang membantu pembukuan Anda. Kelebihan Harmony juga dapat mempermudah Anda dalam membuat faktur atau invoice sesuai bahkan Anda dapat memberikan pengingat kepada pembeli ketika pembayaran sudah jatuh tempo melalui share link dengan Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony