Harmony » Blog » 

Ketahui EBIT (Earning Before Interest and Taxes) Lebih Lengkap

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 26, 2021

Sudahkah Anda tahu istilah EBIT? Nah, dalam dasar akuntansi definisi EBIT adalah istilah bahasa inggris yaitu earning before interest and tax yang berarti laba sebelum bunga serta pajak perusahaan.

Sementara itu EBIT ini juga memiliki peran untuk analisis laporan keuangan yang mempengaruhi tiga komponen penting yaitu seperti laba kotor, laba usaha, dan laba bersih.

Maka dari itu indikator EBIT ini biasanya lebih suka dipakai oleh investor ataupun kreditur. Karena EBIT ini juga mendukung seberapa sukses kegiatan operasional perusahaan, serta tingkat profitabilitas tanpa harus memikirkan resiko pembayaran bunga dan pajak.

Dengan demikian laba sebelum bunga dan pajak ini bertujuan membantu investor dan kreditur untuk memahami kesehatan perusahaan. Serta mengetahui kemampuan membayar kewajiban atau liabilitasnya.

EBIT adalah salah satu komponen yang digunakan oleh investor maupun kreditur untuk mengetahui seberapa besar tingkat rasio keuangannya.Click to Tweet

Mengenal Apa Itu Earning Before Interest and Taxes?

Pada akuntansi keuangan istilah EBIT adalah earnings before interest and taxes atau dalam bahasa Indonesia yaitu pendapatan sebelum bunga dan pajak.

Nah, pendapatan ini merupakan bagian dari profitabilitas yang mendukung sebuah kegiatan perusahaan. Diantaranya yaitu penjualan, harga pokok penjualan, pendapatan diterima dimuka, laba kotor dan pendapatan piutang.

Melalui earnings before interest and taxes inilah Anda juga mengetahui seberapa besar laba yang dihasilkan, serta dapat memenuhi kewajiban perusahaan walaupun tanpa mempengaruhi bunga dan pajaknya.

Sehingga Anda sebagai manajemen perusahaan ataupun investor dapat menilai kesehatan keuangan perusahaan, melalui kegiatan operasional bisnis tersebut yang berjalan dengan baik atau tidak.

Apa Saja Manfaat Menghitung EBIT Bagi Investor Dan Manajemen?

Adapun beberapa manfaat bagi perusahaan atau investor sebagai cara menghitung EBIT.

Apa Itu EBIT

  • Manfaat Bagi Investor

    Sebagai investor yang berinvestasi ke dalam sebuah perusahaan, sangat wajar apabila mencari tahu seberapa sukses kegiatan operasional perusahaan. Berbagai manfaat yang diterima oleh investor ini, memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Karena bagian ini harus dipertimbangkan dan diketahui secara matang, sehingga investor tidak hanya menilai saja tapi mampu membandingkan bisnis lainnya yang sejenis. Maka dari itu melalui manfaat menghitung earnings before interest and taxes ini investor dapat mengetahui apa saja keuntungannya yaitu:

    • Memahami kondisi keuangan perusahaan sehat atau tidak.
    • Mengenal konsep, ide, bahkan kegiatan dalam suatu perusahaan.
    • Dapat menganalisis hutang perusahaan serta membandingkan bisnis kompetitor.
    • Mengetahui perbandingan keuntungan pada sebuah perusahaan dengan kompetitor selain hutang.
    • Memahami kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban hutang, serta membayar gaji karyawan.
    • Melihat perbandingan dari setiap kinerja manajemen sebuah perusahaan.
    • Mengenal seberapa jauh perusahaan bisa berjalan di masa mendatang.
    • Membantu memberikan modal perusahaan dalam merencanakan dan memperluas bisnisnya.
  • Manfaat Bagi Manajemen

    Selain itu manfaat ini tidak hanya berguna bagi investor saja, namun juga berguna bagi manajemen perusahaan. Adapun beberapa manfaat laba sebelum bunga dan pajak adalah:

    • Memahami sejauh mana kemampuan perusahaan untuk membayar hutang dan membiayai kegiatan operasional.
    • Menyarankan suatu ide dan cara untuk mengembangkan perusahaan, supaya dapat meningkatkan laba yang lebih tinggi.
    • Perlu mengetahui seberapa efisien kinerja perusahaan. Contohnya mengubah promosi, menerapkan kinerja lembur atau tidak dan sebagainya.
    • Memberikan bantuan untuk mengembangkan perusahaan, apakah perusahaan sudah tepat untuk memperluas usaha atau ingin meningkatkan kembali keuntungan.

Itulah manfaat yang bisa Anda ketahui, betapa pentingnya menghitung earnings before interest and taxes karena tidak hanya bagi pebisnis atau karyawan saja yang membutuhkan perhitungan tersebut tetapi juga investor maupun kreditur.

Apa Saja Metode dan EBIT Formula Bagi Bisnis?

Berikut ini ada dua metode sebagai cara menghitung EBIT yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis, adapun formulanya:

Cara Menghitung EBIT

  1. Metode Langsung

    Dalam metode langsung ini menunjukkan nilai earnings before interest and taxes dari awal pertama pada laporan laba rugi, sehingga nilai laba sebelum pajak dan bunga ini akan dilihat dari kegiatan awal operasional perusahaan.

    Tujuan metode ini digunakan dalam manajemen atau akuntan perusahaan, supaya bisa menilai atau mengevaluasi laba di pertengahan tahun. EBIT formula metode langsung yaitu:

    EBIT = Penjualan Bersih - Harga Pokok Penjualan - Biaya Operasional

  2. Metode Tidak Langsung

    Pada metode tidak langsung ini memang berbeda dengan metode langsung, di mana perhitungan ini menunjukkan nilai yang nyata yang di dapat dari biaya bunga serta pajak perusahaan.

    Setelah itu hasilnya akan ditambah dengan laba bersih, kemudian hasil laba ini akan menunjukkan seberapa besar tingkat profitabilitas di akhir tahun.

    Jika Anda ingin menilai kinerja perusahaan di akhir tahun, maka metode ini dianjurkan kepada Anda untuk digunakan. Karena dengan hasil laba sebelum bunga dan pajak ini Anda dapat memutuskan untuk membuat rencana perusahaan ditahun selanjutnya. Berikut EBIT formula metode tidak langsung:

    EBIT = Laba Bersih + Biaya Bunga + Pajak

[elementor-template id="26379"]

Bagaimana Contoh Menghitung EBIT?

Supaya Anda dapat lebih memahami bagaimana cara menghitung EBIT, maka Anda bisa menggunakan metode tidak langsung untuk melihat nilai laba secara nyata sebagai contoh di bawah ini:

PT. Sukses memiliki laporan pendapatan tahun 2020, adapun rincian datanya adalah sebagai berikut:

Hasil Penjualan = Rp6.000.000.000

Harga Pokok Penjualan (HPP) = Rp2.700.000.000

Laba Kotor = Rp3.300.000.000

Biaya Operasional = Rp1.250.000.000

Biaya Bunga = Rp300.000.000

Pajak Penghasilan = Rp150.000.000

Laba Bersih = Rp1.600.000.000

Melalui metode tidak langsung, maka nilai EBIT yaitu:

EBIT = Laba Bersih + Pajak + Bunga

EBIT = Rp1.600.000.000 + Rp150.000.000 + Rp300.000.000

EBIT = Rp2.050.000.000.

Dengan pembahasan di atas dilihat perhitungan earnings before interest and taxes, dapat disimpulkan bahwa PT. Sukses memiliki laba sebelum bunga dan pajak sebesar Rp2.050.000.000.

Selain itu Anda juga bisa mengetahui seberapa jumlah yang digunakan dalam membayar kewajiban perusahaan. Contohnya untuk membayar dividen investor, hutang, bunga bank dan pajak.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, bahkan Anda sudah mengenal istilah laba sebelum pajak dan bunga serta bagaimana cara menghitungnya.

Maka kewajiban Anda sebaiknya tidak lupa untuk menyajikan laporan keuangan yang rapih dan akurat. Agar Anda juga dapat memantau kinerja bisnis Anda dengan lebih baik, hingga bisa membuat rencana keuangan yang lebih strategis melalui sebuah software akuntansi Harmony.

Apa sih itu? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan fitur lainnya yang terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time Gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram